ilmu untuk kehidupan

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 30th 2012

Hai para blogers UAJY pada ngblog nih habis UTS, di blog aku kali ini akan membahas tentang Telekomunikasi dan Jaringan. Sekarang ini semua kegiatan tidak lepas dari internet internek bisa untuk kita berkomunikasi lewat sosial media dll. Jika kita telepon juga kita menggunakan sebuah sinyal yang dipancarkan dan kemudian diterima oleh tower BTS dan dikirimkan atau dipantulkan ke penerima telepon.

Computer communication adalah proses dua komputer yang saling mentransfer data, memberi intruksi dan informasi. system telekomunikasi adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang saling mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. komponenya meliputi : perangkat keras, media, jaringan, perangkat lunak, data komunikasi provaider, protocol dan aplikasi.

Komponen Sistem Telekomunikasi :

  • Hardware
  • Media
  • Network
  • Software
  • Data communication providers
  • Protokol
  • Application

telekomunikasi signal, dibagi atas :

1. signal analog, yaitu gelombang kontinyu dmana suatu informasi disampaikan oleperubahan gelombang (amplitudo dan frekuensi)

2. signal digital, yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk binarry  dan mudah dpahami oleh komputer

Komponen komunikasi dalam jaringan :

Perangkat keras komputer, yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan adalah :

a. modem, yaitu perangkat yang mengubah signal analog ke digital atau sebaliknya kemungkinan transmisi signal melalui sistem telepon.

b. multipex, yaitu perangkat yang mentransmisikan beberapa signal melalui media tunggal

c. front-end processor, yaitu komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi

Jaringan merupakan alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. jaringan yang ada disekitar kita itu adalah :

a. Lan (local area network), yaitu sebuah jaringan yang mencakup jarak  geografis yang relatif kecil. misalnya dirumah ataupun dperkantoran. biasanya menggunakan topologi star, bus, hirarki, ring, dan hibrid. menggunakan kartu jaringan dan kebel untuk menghubungkan. selain itu juga diperlukan geteway, yaitu prosesor komunikasi yang menghubungkan jarinagn yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain. selain itu bridge yaitu menghubungkan dua jenis jaringan yang sama. router yaitu penghubung antara suatu jaringan.

b. Wan (wide area network), yaitu jaringn yang mencakup jarak geografis yang luas, data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.

Sekian itu dulu ringkasan saya tunggu ringkasan saya tentang materi selanjutnya…trimms…..:)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php