Jerry_BLOG

Telur Ayam Luaar Biasaa

Posted: May 21st 2014

Jerry Julian Paays

Debby Rakhmawati

telur2

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Tahun demi tahun ayam hutan dari wilayah dunia diseleksi secara ketat oleh para pakar. Arah seleksi ditujukan pada produksi yang banyak, karena ayam hutan tadi dapat diambil telur dan dagingnya maka arah dari produksi yang banyak dalam seleksi tadi mulai spesifik. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat. Persilangan dan seleksi itu dilakukan cukup lama hingga menghasilkan ayam petelur seperti yang ada sekarang ini. Dalam setiap kali persilangan, sifat jelek dibuang dan sifat baik dipertahankan (“terus dimurnikan”). Inilah yang kemudian dikenal dengan ayam petelur unggul.

Menginjak awal tahun 1900-an, ayam liar itu tetap pada tempatnya akrab dengan pola kehidupan masyarakat dipedesaan. Memasuki periode 1940-an, oran mulai mengenal ayam lain selain ayam liar itu. Dari sini, orang mulai membedakan antara ayam orang Belanda (Bangsa Belanda saat itu menjajah Indonesia) dengan ayam liar di Indonesia. Ayam liar ini kemudian dinamakan ayam lokal yang kemudian disebut ayam kampung karena keberadaan ayam itu memang di pedesaan. Sementara ayam orang Belanda disebut dengan ayam luar negeri yang kemudian lebih akrab dengan sebutan ayam negeri (kala itu masih merupakan ayam negeri galur murni). Ayam semacam ini masih bisa dijumpai di tahun 1950-an yang dipelihara oleh beberapa orang penggemar ayam. Hingga akhir periode 1980-an, orang Indonesia tidak banyak mengenal klasifikasi ayam. Ketika itu, sifat ayam dianggap seperti ayam kampung saja.

Telur pada umumnya digemari masyarakat karena harganya terjangkau dengan sarat kaya akan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang sangat lezat, mudah dicerna dan bergizi tinggi. Telur memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna, sebab merupakan persediaan pangan selama embrio mengalami perkembangan di dalam telur, tanpa makanan tambahan dari luar Konsumsi telur lebih besar daripada konsumsi hasil ternak lain, karena mudah diperoleh dan harganya relatif murah, sehingga terjangkau bagi anggota masyarakat yang mempunyai daya beli rendah.

Telur merupakan produk peternakan yang memberikan sumbangan besar bagi tercapainya kecukupan gizi masyarakat. Dari sebutir telur didapatkan gizi yang cukup sempurna karena mengandung zat-zat gizi yang lengkap dan mudah dicerna. Selain itu, bahan pangan ini juga bersifat serba guna karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Kandungan gizi sebutir telur ayam dengan berat 50 g terdiri dari 6,3 gr protein, 0,6 gr karbohidrat, 5 gr lemak dan vitamin dan mineral.

Captureqw

 

Telur ayam kampung lebih dipilih ketimbang telur ayam lainnya, karena adanya berbagai alasan selain rasanya yang lebih nikmat tentunya telur jenis ini mempunyai manfaat yang lebih ketimbang jenis telur ayam  lainnya, dan salah satunya pasti sebagai telur yang menyehatkan badan kita.

Mengapa telur ayam kampung bisa menyehatkan badan????  Hal ini dikarenakan telur jenis ini mempunyai kaya akan kandungan zat yang cukup komplit, dan diantaaranya adalah: adanya vitamin A, C, D, E, kalori, protein, zat besi, betakaroten, Omega 3, thiamin dan masih banyak lagi yang lainya.

Nah setelah sedikit membahas refrensi tentang telur ayam  dan apa saja kandungan zat yang bisa kita dapat jika mengkonsumsi telur ini. Sekarang saya akan mencoba mengulas bahasan utama kita yaitu manfaat telur ayam untuk kesehatan kita.

Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapat jika mengkonsumsi telur ayam:

Manfaat Telur ayam kampung :

  • Telur ayam kampung bisa memperkuat urat syaraf yang ada dalam tubuh kita.
  • Telur ayam kampung bisa memberikan tambahan setamina untuk tubuh anda, hal ini dikarenakan didalam telur ayam kampung terkandung kolestrol yang baik untuk tubuh kita.
  • Sebagai telur yang bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit kencing manis, maag serta jantung koroner.
  • Telur yang bermanfaat untuk mengembalikan kecantikan wajah seperti: menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori kulit wajah, mengencangkan kulit, mengurangi radang kulit dan sebagai telur yang dapat menghindarkan diri kita dari kerutan wajah.
  • Dapat Membantu tubuh kita mengurangi kecapean atau kelelahan.
  • Sebagai telur Penghilang adanya kantung mata menonjol
  • Mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mengurangi radang kulit.
  • Telur ayam berfungsi mengembalikan kesuburan rambut yang kering

One response to “Telur Ayam Luaar Biasaa”

  1. liviasisilia says:

    Info yg menarik & tentunya menambah pengetahuan seputar telur ayam kampung.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php