Jegar

Pengantar Teknologi Informasi

Posted: October 6th 2013

Pengantar Teknologi informasi

Minggu 1

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai teknologi informasi dalam lingkungan bisnis, infrastruktur teknologi informasi, penerapan teknologi informasi untuk keunggulan bersaing, dan pencapaian tujuan informasi dan organisasi

Kompetensi Matakuliah

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami teknologi informasi dalam lingkungan bisnis, infrastruktur teknologi informasi, penerapan teknologi informasi untuk keunggulan bersaing, dan pencapaian tujuan informasi dan organisasi.

Textbook

Turban, Efraim; Rainer Jr., R. Kelly; E. Potter, Richard, 2003, Introduction to Information Tehnology, John Wiley and sons.

 

Minggu 2

Pengantar Bisnis dan Teknologi Informasi

Lingkungan Bisnis saat ini :

–          Karakteristik

  • Perubahan yang cepat
  • Kompleksitas
  • Ekonomi global
  • Kompetisi yang ketat
  • Focus kepada konsumen

–          Bisnis dihadapkan dengan tekanan bagaimana mencapai produktivitas yang lebih dengan sumnber daya yang terbatas.

Mengapa anda perlu memahami IT

–          Apa yang bisa dikerjakan melalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya, sangatlah menarik

–          Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah seiring dengan perkembangan IT

–          Peluang kerja dan karier yang melimpah pada area IT

–          IT mempengaruhi setiap area funbgsionalitas dari bisnis.

Computer adalah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah instruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut. (Shelly, Cashman, Vermaat, 2004)

Sistem adalah komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.

Informastion System (IS) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik.

Komponen-Komponen Komputer

Computer Hardware

–          Komponen computer adalah :

  • Input (masukan) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi
  • Process/System Unit adalah books seperti tempat penyimpanan yang mengandung komponen elektronik, digunakan untuk memproses data

Komponen utama dari motherboard :

  • Central Processing Unit atau disebut Processor untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan apa yang harus dikerjakan oleh computer.
  • Memory adalah tempat penyimpanan semetera untuk data dan instruksi.
  • Output (Keluaran) adalah perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna.
  • Storage (penyimpanan) adalah untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang
  • Komunikasi/jaringan (network) adalah kumpulan dari computer dan peralatan kompunikasi yang saling terhubung bersama

Komputer Software

Software program

–          Program adalah urutan dari instruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh computer.

  • System Software adalah Program yang mengendalikan operasi dari computer dan perangkatnya contohnya, Microsoft Windows, Linux, IOS dll

–          Application system ( application software) adalah program yang melakukan tugas-tugas yang spesifik bagi pengguna

Kategori Komputer

–          PC and compatible use the Windows Operating System

–          Apple Macintosh uses the Macintosh Operting System ( Mac OS)

–          Personal Digital Asistant (PDA) and Smart Phone

Yang membuat informasi lebih berguna

–          Akurat

–          Lengkap

–          Flexible

–          Handal

–          Relevan

–          Tepat Waktu

–          Dapat di Verifikasi

–          Bisa di akses

–          Aman

Kesimpulan

–          Bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan

–          Teknologi informasi menyediakan provides ‘alat’ dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut.

–          Knowledge mengenai IT dan aplikasinya membantu para pembisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif dengan menggunakan IT.

Minggu Ke 3

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Konsep Dasar

Jenis dari Sistem Informasi

–          Sistem informasi (SI) adalah sebuah siswtem yang mengumpulan, memproses, menyimpan, dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik (Turban & Rainer, 2003).

Jenis dari SI

–          Transaction processing System (Sistem Pemrosesan Transaksi)

–          Management Information System (Sistem Informasi Management)

–          Support System (sistem pendukung keputusan) : mendukung pengambilan keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial.

–          Intelegent Systems yaitu termasuk di dalammnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang terisimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu.

–          End- User Computer adalah penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pngguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau professional lainnya.

–          Knowledge Management System

–          Data Warehouse (gudang data) : data warehouse adalah basis data yang di rancang untuk mendukung DSS< ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisa data.

–          Mobile Computing adalah sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless.

Minggu 4

Perangkat Keras Komputer

Komponen Perangkat Keras computer

–          Komponen perangkat keras dari sistem informasi :

  • CPU (central Processing Unit/System Unit)

Komponen utama di dalam CPU

  • Processor yaitu sebuah microprocessor yang mengeksekusi instruksi untuk menjalankan tugas pengolahan. Komponennya adalah sebagai berikut :

v  Control Unit mempunyai tugas untuk mengaksis instruksi program, mentafsirkan (decode) instruksi, mengotrol aliran data di system, jalur aliran data disebut buses

v  Arithmetic-Logic Unit mempunyai tugas untuk melakukan proses komputasi pada data, dan melakukan proses komparasi (membandingkan) data.

v  Registers sebagai area penyimpanan berkecepatan tinggi dan menyimpan data instruksi

v  Primary Storage adalah penyimpanan sementara yang menyimpan tiga hal :

ü  information you are working with

ü  the application software you are using

ü  the operating system software

juga untuk meningkatkan kapasistas memory (meningkatkan performa sistem) dan juga high-capacity storage.

  • Memory

v  Dikenal sebagai main memory

v  Komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil

v  Terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard atau circuit board lainnya

v  Setiap byte disimpan di lokasi yang unik, disebut addres

v  Terdiri dari Primary dan Secondary memory

v  Storage medium adalah material fisik yang digunakan untuk menyimpan (atau disebut secondary Storage)

  • Adapter cards

v  Sound card

v  Modem card

v  Video card

v  Network card

  • Ports
  • Drive bays
  • Power supply

Motherboard adalah papan sirkuit utama di dalam untuk system, terdiri dari adapter cards, processor chips, dan memory chips, dan disebut juga system board.

  • Input devices
  • Output devices
  • Klasifikasi computer berdasarkan power
  • Isu strategis terkait perangkat keras

Hirarki Komputer

–          Computer umumnya diklasifikasikan berdasarkan kemampuannya memprosesnya

  • Supercomputers
    • Sangatlah canggi
    • Komputasi yang kompleks
    • Fastest CPUs
    • Simulasi yang besar
    • State-of-the-art components
    • mahal
  • Mainframes
    • Largest Enterprise Computer
    • Commercial, Scientific, Military Applications
    • Data yang besar
    • Komputasi yang kompleks
  • Mindrange
    • Middle-range
    • Universities, factories, labs
    • Digunakan sebagai Front-end Processor untuk mainframe
  • Workstation
  • Microcomputer
    • Desktop atau portable
    • Personal atau business computer
    • Terjangkau
    • Komponennya banyak tersedia
    • Can Be Networked
  • Computing appliances

Input Devices

–          Yang dimaksud engan input adalah :

  • Data atau instruksi yang dimasukkan ke memory computer
  • Input device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi contoh :
    • Human Oriented

v  Keyboard

v  Mice/trackball

v  Touch screens

v  Stylus

v  Joystick

v  Microphone

  • Automated

v  ATMs

v  POSs

v  Optical scanners

v  Voice recognition

v  Sensors

v  Cameras

Output Devices

–          Output devices adalah

  • Data yang telah diproses ke dalam bentuk yang bisa digunakan, disebut information
  • Output device setiap komponen yang bisa menyampaikan informasi ke user

Contohnya

  • Printer
  • Speaker
  • Monitor
  • Webcam

Minggu 5

Perangkat Lunak Komputer

System Software

–          System software adalah perangkat lunak yang :

  • Mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem computer
  • Mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari computer
  • Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging
  • Independent dari semua jenis aplikasi

–          operating system-main system control program

  • Mengawasi keseluruhan operasi pada computer
  • Mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjalan di computer
  • Menyediakan antarmuka antara pengguna dengan hardware

–          Tipe dari system operasi

  • Microsoft produtct
    • MS-DOS

v  Windows 95

v  Windows 98

v  Windows ME

v  Windows NT

v  Windows 2000

v  Windows XP

v  Windows 7

v  Windows 8

  • Other Product
    • UNIX – Linux
    • Java Operating System (JavaOS)
    • IBM O/S 2
    • Macintosh OS

Application Software

–          Application software

  • Program yang menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna
  • Tipe dari software aplikasi
    • Proprietary application software (mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik dari perusahaan
    • Off-the shelf application software (vendor mengembangkan program yang dijual kebanyak perusahaan, bisa dalam paket yang standar atau customizable)

Contohnya

v  Spreadsheets

v  Data management

v  Word processing

v  Desktop publishing

v  Graphics, presentation; analysis; CAD

v  Multimedia

v  Communication

v  Speech-recognition

v  Groupware

Bahasa Pemrograman

–          Bahasa mesin (generasi pertama)

  • “native Language” dari computer
  • Terdiri dari bilangan biner (0s, 1s)
  • Bahasa satu-satunya yang dipahami computer

–          Bahasa Assembly (generasi kedua)

  • Korespondesi satu-satu dengan bahasa mesin
  • Lebih user-friendly dari pada bahasa mesin
  • Assembler-program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin.

–          Bahasa procedural (generasi ketiga)

  • Satu instruksi diterjemahkan ke dalam banyak instruksi bahasa mesin
  • Program mendeskripsikan proses dari computer langkah perlangkah
  • Mendekati natural language
  • Compile – menterjemahkan keseluruhan program sekaligus
  • Interpreter – menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu

–          Bahasa nonprocedural (generasi keempat)

  • Memungkinkan pngguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil
  • Contoh – data base query language – SQL
  • Bisa digunakan utnuk non technical users

–          Natural language proggaraming languages (generasi kelima)

  • Menterjemahkan bahsa alami ke dalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin
  • Are extermly complex and experimental

–          Visual programming languages

  • Menggunakan graphical environment
  • Contoh : Visual  Basic and Visual C++
  • Populer untuk non technical user

–          Hypertext Markup Language (HTML)

  • Standart bahasa yang digunakan di World Wide Web
  • Mengandung teks, gambar, dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video,dan executable cimputer programs.

–          Extensible Markup Language (XML)

  • Peningkatan pada fungsional web document

–          Component-ware

  • Komponen dari software yang bisa dirakit oleh pengembang data dibutuhkan
  • “plug dan Play” software development

–          Virtual reality Modeling language (VRML)

  • Format file untuk mendeskripsikan objek dan dunia interaktif dalam tiga dimensi
  • Bisa digunakan pada World Wide Web

–          Object-Oriented Programming Languages (OOP)

  • Berdasarkan object-paket data dan instruksi mengenai apa yang harus dilakukan oleh data tersebut bersama-sama
  • Contoh : Java. C++, C#

–          Unified modeling Language (UML)

  • modeling tool untuk object-oriented systems.

Minggu 6

Mengelola Data dan informasi organisasi

Dasar Penyusunan dan Akses Data

–          Hirarki Data

  • Basis data mengandung file, file mengandung records, record mengandung fields, field mengandung characters

Dasar dari penyusunan dan akses data

–          Recall…. 8 bits = 1 byte = 1 character

–          Field  adalah

  • Kombinasi dari satu atau lebih karakter
  • Unit terkecil dari data yang diakses pengguna
    • Field size adalah jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuah field.
    • Field name unik, sebagai identifikasi dari setiap field
    • Data type jenis spesifik dari data yang ditampung

–          Record, menyimpan dan mengakses records

  • Media sekuensial (tape) menyimpan records secara sekuensial berdasarkan key values
  • Direct (or random) media (disk) menggunakan teknik lain

–          File adalah pengelompokan logis dari records yang terkait

–          Database approach adalah

  • Banyak program dan pengguna bisa berbagi data di database
  • Data aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu

Pengembangan database

  • Pertama, kembangkan conceptual design-model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis
  • Kedua, organisasikan dengan Entity Relationship (ER) modeling (proses perencanaan desain basis data dan entity classes – instance – identifiers – relationships.
  • Ketiga, analisa struktur dari data dengan menerapkan proses normalisasi
  • Keempat, implementasikan struktur data fisik dari basis data pada database management system software

DBMS : logical vs physical view

–          Logical view menampilkan datra dengan format yang dipahami user (e.g., tables with fields and records)

–          Physical view berkaitan dengan physical arrangement dan lokasi data pada direct access storage devices (DASD).

DBMS melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical location dari data; user hanya cukup mengetahui bagaimana data di organisasikan secara logika

Komponen DBMS

–          Data model

  • Mendefinisikan cara data di strukturkan secara konseptual

–          Data Definition Language (DDL)

  • Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base
  • Users menjabarkan logical view (schema) dari database menggunakan DDL
  • Mendefinisikan physical charackteristics dari records dan fields

–          Data Definition Language (DDL)

–          Data Manipulation Language (DML)

  • Digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau meng-update informasi pada databasem, dan mengembangkan aplikasi database
  • Structured query language (SQL) – most popular relational database language

–          Data Dictionary

  • Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data

Keuntungan DBMS

–          Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan

–          Mengurangi kompleksitas dari IS environtment

–          Mengurangi redundan dan inkonsistensi data

–          Mengingkatkan data integrity

–          Application/data independence

–          Meningkatkan keamanan data

–          Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan

–          Meningkatkan fleksibilty dari IS

–          Meningkatkan akses data.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php