Jeflanca Renata Hutauruk

Implementing IT : Ethics, Impacts, and Security

Posted: December 9th 2012

Etika adalah kepercayaan tentang hal yang benar dan yang salah atau yang baik dan tidak . Tipe dari Etikal isu adalah privasi, akurasi, properti dan aksesbiliti.Beberapa orang mengatakan bahwa IT meningkatkan kualitas hidup kita seperti membantu penyandang cacat, meningkatkan health care sistem, meningkatakan informasi konsumen, robots berperan pada situasi berbahaya, dan menekan angka kejahatan. IT  memiliki potensi untuk mengubah suatu organisasi berupa perubahan struktur organisasi dan bekerja jarak jauh. IT dan individual mengakibatkan dehumanisasi atau kehilangan kontak sosial, peningkatan beban kerja dan permintaan akan kemampuan komputer, serta penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sistem informasi menjadi subjek dari banyak ancaman berupa ancaman tidak disengaja ( Human Error, Enviromental Hazards, Computer System Failures ) dan ancaman disengaja ( sistem menjadi subjek dari serangan kriminal). Komputer sering menjadi target dari aktivitas kriminal dengan beberapa metode seperti gangguan terhadap data, program yang menipu ( virus, DOS attack). Strategi proteksi umum ada menambah … Read more


Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

Maneger sebuah perusahaan bertugas untuk membuat keputusan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.Oleh karena itulah para manager memerlukan IT untuk mencari data yang diperlukan secara cepat. Sumber data yang diperlukan bisa berasal dari data internal, data personal dan data eksternal. Data – data tersebut bisa dikumpulkan secara manual, dengan instrument dan sensor serta memindai atau trasfer dari perangkat elektronik. Kelompok sistem pendukung keputusan bertugas untuk memfasilitasi solusi semistruktur dan tidak berstruktur keputusan oleh kelompok pembuat keputusan, membantu kelompok menjadi lebih produktif dengan mitigasi beberapa kebiasaan buruk kelompok, mendukung proses kelompok sendiri dengan menyampaikan ide, meningkatkan komunikasi, dan memasang alat analisis yang diperlukan oleh masalhah tersebut. Untuk menyimpan data, kita dapat melakukannya dengan proses analitikal dan proses analitikal online.


Wireless, Mobile COmputing, and Mobile Commerce

Posted: December 3rd 2012

Wireless device harus cukup kecil untuk dipakai atau digunakan, mendukung computing power untuk menampilkan produktivitas tugas dan bisa berkomunikasi dengan internet dan device lainnya. Sekarang ini mobile computing dan mobile commerce telah berkembang dengan pesat dalam dunia bisnis karena sangat membantu kelancaran jalannya bisnis seseorang sehingga mereka dapat memaksimalkan kegiatan usaha mereka untuk kepentingan banyak orang. Mobile commerce aplikasi sekarang ini diterapkan dalam berbagai bentuk seperti financial service,mobile banking, wireless electronic payment systems, micropayments, mobile wallets, dan wireless bill payments. Telemedicine adalah kegunaan telekomunikasi dan informasi teknologi modern untuk kepentingan peduli kesehatan untuk seseorang yang berada di lokasi yang jauh dan untuk informasi transmisi untuk memperhatikan kesehatan. Telemetry adalah transmisi wireless dan menerima data yang dikumpulkan dari sensor remote.


E-Commerce

Posted: November 19th 2012

E-Commerce adalah proses membeli, menjual atau bertukar produk, servis, dan informasi melalui networks komputer, terutama internet. E-Business adalah kegiatan E-Commerce yang tidak hanya membeli dan menjual produk dan jasa tetapi juga melayani pelanggan, kolaborasi dengan partner bisnis, mendukung transaksi elektronik yang terorganisasi. Jenis – jenis E-Commerce : Business to Business (B2B),Collaborative Commerce (C-Commerce), Business to Customer (B2C), Consumer to Business (C2B), Intrabusiness (Intraorganizational) Commerce, Goverment to Citizens (G2C), dan Mobile Commerce (M-Commerce). E-Commerce memerlukan infrastruktur (hardware, software, dan networks untuk transaksi, komunikasi dan kolaborasi), Mekanisme Pembayaran elektronik (Electronic Checks, Elctronic Credit Card, Electronic Cash in PC, Electronic Payment Card with E-Cash, Smart Cards, Person to Person Payment System, Electronic Funds Transfer (EFT), Electronic Wallets, Purchasing Card), Keamanan, Sertifikat Elektronik, Secure Socket Layer (SSL), Secure Eletronic Transaction Protocol (SET).


Functional, Entreprise, and Interorganizational System

Posted: November 19th 2012

Sistem informasi fungsional memiliki empat ciri – ciri yaitu membandingkan beberapa sistem informasi kecil yang fokus pada aktifitas yang spesifik, spesifikasi sistem informasi bisa berdiri sendiri, menghubungkan satu sama lain untuk menggambarkan sistem informasi organisasi yang besar, dan menghubungkan dengan berbagai usaha. Transaksi adalah semua kegiatan bisnis yang terjadi selama operasi bisnis berlangsung. Sistem proses transaksi didesain untuk mencatat dan menyimpan data yang menggambarkan setiap kegiatan bisnis yang terjadi. Beberapa karakteristik sistem proses transaksi adalah dapat menyimpan data yang besar, berfungsi setiap saat, memerlukan database yang besar, memerlukan kecepatan tinggi untuk memproses,dan memerlukan akurasi yang tinggi,integrasi data yang tinggi dan keamanan yang tinggi. Sistem proses transaksi dibagi menjadi tiga yaitu tradisional, proses transaksi online, dan proses transaksi internet.


The Internet, Intranets, and Extanets

Posted: November 5th 2012

Internet adalah network komputer yang paling besar di dunia. Beberapa sevis yang dapat ditemui di internet adalah email, web, file transfer, chat, message board, dan instant messaging. Untuk mengakses internet ada tiga cara, yang pertama dengan terhubung dengan  LAN server, yang kedua terhubung dengan serial line internet protocol/point protocol ( SLIP/PPP ), dan yang terakhir terhubung dengan online service (AOL/MSN). Intranet adalah internal network yang menggunakan teknologi internet yang membuat informasi dapat diakses oleh pekerja dengan berbagai keamanan yang ada. Extranet adalah internal network yang menggunakan teknologi internet sehingga informasi perusahaan tidak hanya dapat diakses oleh karyawan tetapi juga oleh kostumer atau suppliers.


Telecommunications and Networks

Posted: November 5th 2012

Computer communications adalah proses dimana dua atau lebih komputer atau devices melakukan transfer data , memberikan instruksi dan informasi. Sistem telekomunikasi meliputi hardware, media, networks, software, data komikasi provider, protokol, dan aplikasi. Telekomunikasi sistem memiliki dua signal yaitu signal analogs dan signal digital. Networks adalah seperangkat devices komunikasi, media, dan software yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Gateway adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan networks yang tidak sama dengan menerjemahkan satu set protokol ke protokol lainnya. Bridge adalah sistem yang menghubungkan dua networks dengan tipe yang sama. Router adalah beberapa rute yang mengirimkan pesan melalui beberapa LAN atau WAN yang saling terhubung. Networks communications software terdiri dari tiga bagian yaitu networks operating system yang dapat menghubungkan segala jenis networks untuk komunikasi, network management software yaitu menyederhanakan tugas management jaringan yang dilakukan oleh manusia, dan protokol yang menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan.


Managing Data and Information

Posted: October 10th 2012

Dasar dari penyusunan dan akses data adalah hirarki data yang bisa dijelaskan sebagai berikut : basis data mengandung file , file mangandung records, records mengandung fields, fields mengandung characters. Fields merupakan kombinasi dari satu atau lebih karakter dan sekaligus merupakan unit terkecil dari data yang diakses pengguna. Data terdiri dari berbagai tipe yaitu text, numeric, autonumber, currency, date, menu, yes/no, hyperlink, dan object. Traditional file environment memiliki enam permasalahan yaitu data redundancy ( data yang sama ditemukan di berbagai tempat yang sama ), data inconsistency ( salinan berbagai data tidak lagi sama ), data integrity ( data harus tepat dan benar ), security ( sulit membatasi akses ke berbagai data pada berbagai aplikasi ), data isolation ( data pada file data dari beberapa aplikasi sulit diakses dan diintegrasikan ), application / data dependence ( aplikasi dekembangakan berdasarkan bagaimana data disimpan ) DBMS melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical location … Read more


Computer Software

Posted: October 10th 2012

Aplikasi perangkat lunak tidak bisa dikembangkan dengan cepat untuk bersaing dengan lingkungan bisnis yang dinamik dan juga untuk mengimbangi perkembangan pesat dari perangkat keras. Sistem software adalah perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer, mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian dan debugging, serta independen dari semua jenis aplikasi. sistem software terdiri dari dua bagian yaitu system control program yang tugasnya mengatur penggunaan semua sumber daya sistem dan yang kedua system suppots program yang bertugas mendukung secara khusus kemampuan program. Bahasa pemrograman terdiri dari lima generasi yaitu bahasa mesin ( generasi pertama ), bahasa assembly ( generasi kedua ), bahasa prosedural ( generasi ketiga ), bahasa nonprosedural ( generasi keempat ), dan natural language programming languages ( generasi kelima ). Current programming languages terdiri dari enam yaitu visual programming languages, Hypertext Markup Language ( HTML ), Extensible Markup Language ( XML … Read more


Computer Hardware

Posted: October 2nd 2012

Hardware merupakan salah satu unsur yang terdapat di dalam komputer. Di dalam informasi sistem, hardware komponen terdiri dari CPU, Memory, Input Devices, dan Output Devices.  Di dalam motherboard terdapat dua komponen utama yaitu CPU dan Memori. CPU terdiri dari berbagai komponen yang menjadi standar pengoperasian CPU tersebut, yaitu Processor, Memory, Adapter Cards, Ports, Drive Bays, dan Power Supply. Memori. Ada empat jenis primary storage yaitu Register, Random Acces Memori ( RAM ), Cache Memory, dan Read Only Memory ( ROM ). Input merupakan data atau instruksi yang dimasukkan dalam memori komputer. Ada dua jenis input, yang pertama berupa data ( text yang belum diproses, angka, gambar, suara , dan video) dan yang kedua instruksi ( program, perintah, dan respon pengguna) . Output merupakan data yang telah diproses sehingga dapat digunakan yang disebut juga dengan informasi.



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php