Itok wong TF duwe Blog

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

Posted: December 18th 2012

Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce, jelaslah ketiga hal itu sama-sama merupakan teknologi tanpa kabel. Nah, kalau perangkat mobile, perangkat yang digunakan adalah perangkat yang dapat dibawa dan digunakan dimana saja. Selain itu ukurannya “pas” di kantong.

wenak to? wenak to?

Salah satu perngkat mobile yang marak digunakan saat ini adalah smartphone. Smartphone ini dapat melakukan aktifitas seperti pada komputer dan dapat dibawa dan digunakan dimana saja dan kapan saja selama ada listriknya. (iya iya lah…) Smartphoe punya beberapa fasilitas pendukung sebagai sebuah perangkat mobile, yaitu IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk wireless personal area networks  (PANs) dan 802.15.4 (Zigbee), IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk wireless local area networks (WLANs), dan ada juga GPS.

GPS inilah yang menarik. Teknologi ini memungkinkan user mengetahui lokasi dimana mereka berada. Lebih praktis daripada menggunakan peta yang terlebih dahulu harus membuka peta. Wowww…

okeehh..

Jika dari tadi kita sudah melihat banyak keunggulan dari wireless, ternyata ada juga kelemahan yang dimiliki wireless. Apa aja ? ada banyak diantaranya, masalah roaming yang terkadang membuat kesal, lalu masalah security yang belum terlalu aman, kadang ada juga yang memberikan fasilitas wireless dengan harga yang cukup tinggi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php