Itok wong TF duwe Blog

Data, Knowledge dan Decision Support

Posted: December 18th 2012

Okehh, mari kita bahas tentang Data, Knowledge dan Decision Support

Lanjut …

Manager bertugas membuat keputusan untuk mencapai tujuan. Manager membutuhkan dukungan dari IT karena berbagai hal yaitu jumlah informasi yang tersedia sangat banyak, pengelolaan informasi secara manual semakin sulit, komputerisasi dapat membantu mengelola hal yang kompleks seperti : menguji berbagai alternatif dengan cepat, memberikan analisa resiko yang sangat sistematik.

IT merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh perusahaan besar untuk mengumpulkan data-data penting. Dimulai data dari Transaction Processing Systems yang menghasilkan data mentah lalu diolah hingga menjadi data matang yang dapat digunakan oleh para manager dalam pengambilan keputusan. Ya, data yang baik sangat diperlukan untuk pertimbangan keputusan.

Nah apa syarat data yang baik atau berkualitas?

Data yang baik adalah data yang memiliki dampak yang besar dalam pengambilan keputusan. Karakteristik yang dimiliki oleh data yang bagus antara lain, yaitu akurat, aman, relevan, di waktu yang tepat, komplit, dan konsisten.

Saat pengambilan keputusan kita harus membuat strukturnya. Untuk mendukung perusahaan membuat struktur pembuatan keputusan, digunakanlah Decision Support Systems. System ini memiliki keunggulan yaitu  :

  • Bisa digunakan oleh semua manager
  • Mendukung semua proses dan pengambilan keputusan
  • Mudah untuk dilakukan
  • Menjalankan analisis dengan sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php