Itok wong TF duwe Blog

Internet, Intranet, Extranet

Posted: December 9th 2012

Internet, Intranet, Extranet…

Paling internet sing koe ngerti. ya to? ya to?

Ayo, awak dhewe bahas lui detail. OK? OK?

 

Ini dia gambaran Internet, Intranet, Extranet :

Internet adalah sebuah jaringan terluas di dunia. Tak hanya untuk beberapa perusahaan seperti extranet, apalagi cuma satu perusahaan seperti intranet. Di internet pasti Anda kenal E-mail, Chatting, Streaming Audio, FTP (File Transfer Protocol), dan paling kenal dengan istilah “World Wide Web”.

World Wide Web atau WWW merupakan sistem dengan standard universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi dari seluruh dunia, dengan berbasis HTML. WWW dijalankan dengan aplikasi yang disebut Browser. Lalu, untuk pencarian alamat WWW dapat dilakukan dengan Search Engine kayak Google, Altavista, dll. Di WWW, penanggung jawab alias PJnya disebut  Webmaster.

Alamat WWW punya banayak tipe. Ada yang News kayak www.detik.com. Ada yang educational kayak situs kuliah kita, www.kuliah.uajy.ac.id. Ada yang entertainment kayak www.stafaband.info. Ada yang bussiness/marketing kayak www.tokobagus.com. Ada juga yang personal, informational, advocacy, dll. Semua alamat diketik dengan awalan www.

Istilah-istilah Internet :

Home Page : Halaman pengantar sebuah website
Hyperlinks  : Teks atau gambar untuk menghubungkan atau menavigasikan ke suatu bagian halaman pada web site
Cookie  : File data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Data dikumpulkan pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.
File Transfer Protocol (FTP) : Protocol untuk mentransfer file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lain.
Archie – tools yang digunakan untuk searching file di situs FTP.
HTML : Singkatan dari Hypertext Markup Languange, kode kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web disebut website yang terdiri dari sebuah halaman html (.htm) kita membutuhkan browser untuk menampilkan file Html tersebut.
URL : Sistem pemberian nama pada sebuah alamat website.
Bandwidth : Ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangkauan tertentu. Satuan Bandwidth umumya ada yang megabit per second (Mbps), ada yang kilobit per secon(kbps).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php