Itok wong TF duwe Blog

Computer Hardware (focus on CPU)

Posted: October 2nd 2012

Kalian semua pasti udah tahu apa itu hardware.  Maka kali ini aku tidak membahas pengertian hardware, tapi yang lain. Lebih spesifik.

Hardware secara umum terdiri dari CPU, Memory, Alat input, dan Output. CPU memberi instruksi buat komputer mau ngapain aja. Memory menyimpan data dan informasi dalam komputer secara “temporary” alias sementara. Input memasukkan data dari seseuatu yang diterima input, sedangkan output menerima (hasil pengelolaan) data dan dikeluarkan menjadi sesuatu, entah gambar, teks, dan lain-lain.

2 dari 4 hardware adalah CPU dan Memory. CPU dan Memory ini merupakan komponen dari sesuatu yang namanya motherboard. Motherboard adalah “Ibu” dari semua sistem hardware komputer, karena sesuai katanya “Mother”.

Kali ini kita fokus CPU alias Central Processing Unit.

Di dalam CPU terdapat Processor, Memory, Port (colokan flashdisk, headset, dan lain-lain), Adapter Card (kayak Sound Card, Modem card), Drive Bays (kayak DVD ROM, CD ROM), dan Power Supply (sumber listrik). Yang paling utama adalah Processor.

Processor dalam CPU terdapat Control Unit, ALU, dan Register. Semua input perintah dari yang sederhana maupun rumit di”translate” dalam Control Unit hanya menjadi bilangan bilangan biner, antara 0 dan 1. Lalu, ALU melakukan pengelolaan/komputasi bilangan-bilangan biner itu. Hasilnya, disimpan dalam Register dan dikirim ke memory atau langsung ke output.

Sekedar informasi, Processor dalam CPU sekarang ada yang 32 bit (binary digit) maupun 64 bit. Kalau yang 32 bit RAMnya 4 GB, sedangkan yang 64 bit, RAMnya 8 GB. 

Catatan : RAM = Random Access Memory, Penyimpanan data/perintah yang bersifat volatil (listrik mati, data hilang).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php