Intan Fitria

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI II

Posted: December 8th 2013

INTERNET, INTRANETS, DAN EXTRANETS

A.        Internet

Pengertian:

  • Jaringan komputer terbesar didunia.
  • Pertukaran informasi yang sangat mudah menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eksklusif dalam jaringan yang saling berhubungan.
  • Semangat berbagi dan akses yang terbuka untuk informasi adalah landasandari internet.

Layanan yang ditawarkan oleh internet yaitu E-mail, Web, File transfer, Chat, Message board, instant messaging.

Internet hari ini:

  • Jaringan besar yang menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah diseluruh dunia dengan cepat, mudah dan murah.
  • Biaya internet untuk pengguna pribadi masih belum merata (masih mahal untuk beberapa populasi).
  • Regulasi, budaya, politik sering kali menghambat tingkat adopsi dari internet secara Internasional.
  • Sebagian besar situs menggunakan Bahasa Inggris dan sebagian konten berasal dari United States.

Infrastruktur Internet:

  • Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet.
  • Pemerintah US berkontruksi dana untuk bebrapa proses administrasi primer.
  • Infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan.
  • Koneksi antara dan aliran informasi antara backbone providers bersifat terbuka dan gratis.

Masa depan internet:

1)      Internet2

–        Kolaborasi lebih dari 180 universitas  di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan dan tercanggih.

–        Grup dari jaringan dengan bandwidth sangat tinggi pada internet.

–        Kerja sama antara universitas, industri, dan pemerintahan.

2)      Next Generation Internet (NGI)

The Operation of the Internet:

  • Aliran paket informasi antara komputer bdiatur oleh sebuah aturan umum (Protocols) yaitu Internet Protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP).
  • Internet adalah packet-switching network.

–        Pesan didekomposisikan menjadi paket, mengandung bagian dari pesan, plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer.

–        Packet bejalan secara independen dan bisa melalui rute yang berbeda.

–        Packet disusun kembali menjadi pesan yang diterima oleh komputer.

–        Setiap komputer pada internet di identifikasikan dengan IP address.

–        Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain.

–        Network solutions,inc. memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai tahun 1999.

–        Saat ini, 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain.

–        Cybersquatting adalah membeli nama domain untuk dijual kembali.

  • Mengakses internet

–        Connect via LAN server.

–        Connect via Serial Line Internet protocol/Point Protocol.

–        Connect via an Online Service (AOL,MSN).

Layanan internet-communications

  • E-mail: Elektronik messaging.
  • USENET newsgroups: Forum yang mengumpulkan grup pesan dari pesan berdasarkan teman umum.
  • LISTERV
  • Chatting: Langsung, interaktif, serta menuliskan sebuah pembicaraan berdasarkan topik yang dibicarakan.
  • Instant messaging: Instan pesan teks antara pengguna internet.
  • Telnet: Pengguna dari satu komputer ketika bekerja dengan komputer lain.
  • Internet Telephony
  • Internet Fox
  • Streaming audio and video

Layanan internet-information retrieval

  • File transfer Protocol (FTP)
  • Archie
  • Gophers
  • Veronica
  • Wide Area Information Serves (WAIS)

Layanan internet-web services

  • Pengiriman komponen perangkat lunak melalui website dari pada melalui cara tradisional (disks, CD).
  • .NET

World Wide Web

  • Aplikasi yang menggunakan fungsi  Internet transport
  • Sistem dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture
  • Based on HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web
  • Menangani text, hypermedia, graphics, dan sound

 B.           INTRANETS

Pengertian:

  • Jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.
  • Membuat informasi bisa diakses oleh karyawan
  • Biasanya terkoneksi dengan internet
  • Jaringan private yang menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP

C.             EXTRANETS

Pengertian:

  • Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers
  • Mengijinkan konsumen atau suplier untuk mengakases sebagian dari intranet perusahaan
  • Biasanya terkoneksi dengan internet

Sistem Informasi Functional, Enterprise, dan Interorganizational

Sistem Informasi Fungsional

Karakteristik :

  • Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yang spesifik
  • Secara spesifik  aplikasi SI bisa diwujudkan dalam aplikasi yang independen, terintegrasi membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren, di integrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yg lebih luas

Transaction Processing Systems

Karakteristik :

  • Data yg diproses dalam volume yang besar
  • Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal
  • TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.)
  • Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar
  • Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume)
  • Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured)
  • Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity
  • Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi
  • Membutuhkan kehandalan pengolahan yang tinggi
  • Mendukung  Inquiry processing

Tipikal tugas TPS

  • Pemrosesan Order
  • Bertugas sebagai General ledger / buku besar
  • Mengelola hutang dan piutang
  • Manajemen persediaan , pengiriman dan penerimaan barang
  • Menangani penggajian
  • Menyediakan laporan periodik

Interorganizational Information Systems (IOS)

  • Sistem elektronik melibatkan aliran informasi antara dua atau lebih perusahaan yang berada pada on-going relationship
  • IOSs dapat di implementasikan dengan

Types of Interorganizational Systems

  • Global systems
  • Electronic data interchange (EDI)
  • Electronic funds transfer (EFT)
  • Extranets
  • Shared databases
  • Integrated messaging

Electronic Commerce 

Pengertian:

  • Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.
  • E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput: Layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Tipe E-Commerce

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Commerce Requirements

  • Infrastructure
  • Mekanisme Pembayaran Electronic

–Electronic checks

–Pembayaran Electronic dengan e-cash

–Smart cards

–Person-to-person payment systems

–Electronic Funds Transfer (EFT)

–Electronic wallets

–Purchasing cards

  • Keamanan

–Enkripsi

–Proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai

–Electronic Certificates

–Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan

–Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Wireless

  • Perangkat Wireless  cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya
  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas
  • Pager adalah wirelessa messaging system satu arah; mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk

Wireless Transmission Media

  • Microwave transmission systems
  • Satellite transmission:

–        Geostationary (GEO)

–        Medium-earth-orbit (MEO)

–        Low-earth-orbit (LEO

Global Positioning Systems

GPS adalah sistem wireless yang menggunakan satelit yg memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka di mana saja di bumi; didukung oleh 24 shared satellites di seluruh dunia.

Internet over Satellite (IOS)

IOS mengijinkan user Internet melalui GEO satellites dari antena yg terpasang di ru/lokasi user.

Radio

–        Radio transmission

–        Satellite radio (digital radio)

–        Infrared light

Wireless Computer Networks dan Internet Access

  • IEEE standards untuk wireless computer networks include:

–        IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).

–        IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)

–        IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)

–        IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

Bluetooth

  • Bluetooth digunakan untuk membuat PANs kecil
  • Personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yg digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat komputer yg sifatnya perorangan(close to one person.) (e.g., telephones, PDAs, smart phones)

Zigbee

Zigbee ditujukan pada aplikasi yang membutuhkan transmisi data dan konsumsi daya yg rendah.

Wireless Local Area Networks (WLANs)

  • WLAN membutuhkan transmitter dengan antena, disebut wireless access point,  yg menghubungkan wired LAN atau antena satellite yg menyediakan koneksi Internet.
  • IEEE standard for WLANs is the 802.11 family, known as Wi-Fi, for Wireless Fidelity.

WiMax

Worldwide Interoperability for Microwave Access, popularly known as WiMax, is the name for IEEE standard 802.16.

Mobile Computing and Mobile Commerce

Mobile computing  mengacu pada real-time, koneksi wireless antara perangkat mobile dan computing environments lainnya, seperti Internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakan dari jenis komputasi lainnya.

–        Mobility – user membawa perangkat mobile dan bisa berkomunikasi secara real time dgn sistem lain di mana pun mereka berada.

–        Broad reach– user bisa di hubungi secara mudah saat mereka membawa perangkat mobile ‘terbuka’.

Mobile Commerce

  • M-commerce mengacu kepada transaksi e-commerce (EC) pada lingkungan nirkabel khususnya melalui internet.
  • Pengembangan  m-commerce di dorong oleh faktor berikut: Meluasnya ketersediaan perangkat mobile, No need for a PC, “Cell phone culture”, Penurunan harga,  Peningkatan Bandwidth.

Wireless Telemedicine

Telemedicine : penggunaan telekomunikasi modern dan IT untuk menyediakan perawatan klinis bagi individu yang jauh dan untuk mengirimkan infromasi terkait dengan perawatan klinis tersebut.

Pervasive Computing

Pervasive Computing (Ubiquitous computing) adalah invisible “everywhere computing” yg ditanam pada objek disekitar kita – lantai, atap, mobil, mesin cuci, microwave oven, cell phones, baju, dsbnya. (e.g., smart home, peralatan cerdas)

Radio Frequency Identification

RFID Technology mengijinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan melacak pergerakannya melalu sinyal radio.

Wireless Sensor Networks (WSNs)

Wireless Sensor Networks adalah jaringan yg saling terhubung, menggunakan baterei, sensor nirkabel yg disebut motes ditempatkan pada lingkungan fisik.

Wireless Security

Empat ancaman utama:

  • Rogue access point adalah unauthorized access point pada jaringan wireless .
  • War driving adalah tindakan mencari akses WLANs sambil mengendari kendaraan.
  • Eavesdropping mengacu pada usaha oleh unauthorized users untuk mengakases data yg sedang “berjalan” melalui jaringan wireless.
  • RF (Radio frequency) jamming adalah ketika seseorang atau sebuah perangkat secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.

Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Sumber Data:

–        Internal

–        Personal

–        Eksternal

Teknik pengumpulan data:

–        Manual

–        Dengan sensor dan peralatan

–        Scanning atau electronic transfer

Manajemen & penyimpanan data

  • Penyimpanan Data:Basis Data, data warehouse, data mart
  • Permasalahan dalam manajemen data:

–        Volume data terus meningkat

–        Banyak metode dan alat mengumpulkan data

–        Data mentah terletak di banyak tempat

–        Hanya sebagian data yg dibutuhkan

–        Lebih banyak data eksternal

–        Requirements yg berbeda beda terkait data

–        Kesulitan memilih data management tools

–        Keamanan, kualitas, dan integritas data

Decision Support Systems

–        Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat untuk :

–        Keputusan terstruktur (structured decision),

–        Keputusan  semiterstruktur (semistructured decision)

–        Keputusan tak terstruktur (unstructured decision)

Enterprise Decision Support

  • Executive Information Systems:

–        Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif

–        Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives

–        User interface yg mudah dipahami

–        Berbasis tampilan grafik

–        Sering terkoneksi dengan layanan informasi online

–        Terintegrasi dengan email

  • Group Decision Support Systems:

–        Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan

–        Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan

Online Analytical Processing (OLAP)

  • Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets
  • Menganalisa relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis
  • Melibatkan aggregated data (ringkasan dari berbagai kumpulan data)
  • Menampilkan data dari berbagai sudut pandang
  • Melibatkan perhitungan kompleks antara elemen
  • Merespon permintaan user dgn cepat

Implementasi IT

Etika, dampak, dan keamanan

Etika dalam IT

Tipe Etika:

  • Privasi: Apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain
  • Accuracy: Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data
  • Property: Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya
  • Accessibility: Siapa yg bisa mengakses informasi

Hak kekayaan intelektual

  • Properti intangible yg diciptakan seseorang/perusahaan, dilindungi oleh hukum
  • Trade secret (intellectual work): Tidak public  (coca cola, kfc)
  • Patent –hak eksklusif untuk penemuan (inovasi teknologi) yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun
  • Copyright /hak cipta– Pecipta dari kekayaan intelektual diberikan hak kepemilikan seumur hidup + 50 tahun terkait dengan penggunaanya.  Software secara umum memiliki copyrighted.

Security Concerns

  • Sistem informasi menjadi subjek dari banyak ancaman
    • Ancaman tidak disengaja:

–        Human error : in design or use of system

–        Environmental hazards – acts of God and other

–        Computer system failures – faulty products

  • Ancaman disengaja:

–        Sistem menjadi subjek dari serangan kriminal

Kejahatan Komputer

Komputer sering menjadi target dari aktivitas kriminal dengan bermacam metode.

  • Metode serangan:

–        Gangguan terhadap data

–        Program yg menipu

Protecting IT dengan cara:

  • Perusahaan dan individu harus aktif membangun mekanisme perlindungan
  • Strategi proteksi umum
  • Application control strategies
  • Network control strategies
  • Verifying quality through audits
  • Pencegahan bencana dan Recovery Plans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php