Intan Fitria

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Posted: October 6th 2013

BAB I Bisnis dan Teknologi Informasi

Lingkungan bisnis saat ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

–          Perubahan yang cepat (Rapid Change)

–          Kompleksitas

–          Ekonomi global

–          Kompetisi yang ketat

–          Fokus kepada konsumen

Tekanan pada bisnis dan respon dan perusahaan

Tekanan bisnis pada organisasi yang menyebabkan adanya perubahan

Mengapa Anda perlu memahami IT

  • Apa yang bisa dikerjakan memalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya,sangatlah menarik.

Contoh: E-Business, Mobile Banking, E-Ticketing, GPRS, Simulation.

  • Struktur  organisasi,manjemen, dan proses bisnis sering berubah seiring dengan perkembangan IT.

Cotoh: Shorten Work Processes, Customer Orientation, Better Information Storage.

  • Peluang kerja yang melimpah pada area IT.

Contoh:  Sales Department , Financial Department, Marketing Department, Manufacturing,

Food Processing.

  • IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis.

Definisi

  • Data adalah fakta mentah, dikumpulkan, tidak terorganisasi.

Contoh: Audio, Picture/Image, Graphic, Text, Voice.

  • Informasi adalah data yang terorganisir, sehingga memiliki makna.

Contoh: Marketing analysis, Rainfall statistic, Production reports.

  • Pengetahuan adalah informasi yang dibutuhkan, digunakan untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran, keahlian.
  • Computer Literacy adalah pengetahuan dan pemahaman mengenai komputer dan penggunaannya.
  • Computer adalah peralatan elektronik yang beroperasi dibaeah instruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut. (Shelly, Chashman, Vermaat, 2004)
  • System adalah komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Information System (IS) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi unutk tujuan yang spesifik.
  • Komputer berbasis sistem informasi adalah
    • Penggunaan hardware, software, data, manusia dan prosedur yang bekerja bersama untuk menghasilkan informasi berkualitas. (Shelly, Chashman, Vermaat, 2004)
    • Sebuah sistem informasi yang dikembangkan untuk menyediakan solusi pada permasalahan bisnis. (Turban & Rainer, 2003)
    • Information Technology adalah sebuah
      • Sebuah komponen tertentu dari sebuah komputer berbasis Sisitem Informasi.
      • Komponen teknologi dari SI (definisi sempit) atau kumpulan dari keseluruhan sistem di sebuah organisasi (definisi luas). (Turban, MacLean, Whetherbe, 2004)

Komponen dari komputer (gambaran umum)

  • Komponen komputer :

–          Input (masukan)

–          Process/System Unit

–          Output (keluaran)

–          Storage (penyimpanan)

–          Komunikasi/Jaringan (network)

  • Input device: perangkat keras yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi.
  • Output device: perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna.
  • System unit:  boks seperti tempat penyimpanan yang mengandung komponen elektronik, digunakan untuk memproses data.
  • Komponen utama Motherboard:
    • Central Processing Unit (CPU) atau disebut Processor  digunakan untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan apa yang harus dikerjakan oleh komputer.
    • Memory digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi.
    • Storage digunakan untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang.
    • Jaringan(Network) adalah kumpulan dari komputer dan peralatan komunikasi yang saling terhubung bersama.

Software program

Program adalah urutan dari instruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh komputer.

  • Application software adalah program yang melakukan tugas-tugas spesifik bagi pengguna.
  • System software adalah program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya.

–          Operating System (OS):  kumpulan program yang mengkoordinasi semua aktivitas dari perangkat keras komputer dan mengijinkan pengguna menjalankan perangkat lunak aplikasi.

–          Utility Program: mengijinkan pengguna untuk menjalankan tugas pemeliharaan,biasanya berhubungan dengan pengelolaan komputer, baik devices maupun program.

  • GUI

Kategori Komputer

  1. Dua seri yang paling populer dari personal computers/dektop:

Membuat informasi berguna apabila:

–          Akurat: Bebas dari kesalahan.

–          Lengkap: Mencakup semua yang dibutuhkan.

–          Flexible: Dapat dilihat dengan berbagai cara.

–          Handal: Hasil selalu konsisten.

–          Relevan: Diterapkan pada isu yang dipelajari

–          Tepat Waktu: Tersedia saat dibutuhkan

–          Dapat di verifikasi: Bisa dilacak dasar dari informasi

–          Bisa di akses: Siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut bisa mengaksesnya

–          Aman: Bebas dari kontaminasi, baik sengaja maupun tidak sengaja.

  1. Jenis-jenis server yang tersedia:
  • Midrange serve: Powerful.
  • Mainframe: Very powerful.
  • Supercomputer: The fastest, most powerful.

Perusahaan memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap sistem informasinya:

Cepat, pengolahan yaang akurat dari transaksi bisnis.

Penyimpanan, pencarian, analisa, dan data sharing untuk:

–          Meningkatkan komunikasi.

–          Mengurangi overload.

–          Menjangkau batas-batas organisasi.

–          Mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan.

Kemampuan yang unik menyediakan keunggulan kompetitif.

Contoh dari  penerapan komputer

Kebutuhan dari power user:

  • Kecepatan dan penyimpanan data yang besar.
  • Tipe dari power :

–          Engineers.

–          Dekstop publishers.

–          Architects.

–          Graphic Artists.

  • Penerapan komputer di area masyarakat:

–          Education.

–          Finance.

–          Government.

–          Healtcare.

–          Science.

–          Publishing.

–          Travel.

–          Industry.

 

 BAB II Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Konsep Mendasar:

  • Infrastruktur dari informasi:
    • Fasilitas, layanan, dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan.

–          Perangkat keras komputer

–          Perangkat lunak

–          Fasilitas komunikasi dan jaringan

–          Basis data

–          Information management personnel

  • Information Infrastructure:
    • Mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari  dari sumber daya komputasi.
    • Mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi di atur, di operasikan dan dikelola.
    • Information Architecture:
      • Memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak.
      • Membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.
      • Sistem Informasi (SI) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisis data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik. (Turban & Rainer,  2003)
      • Jenis dari SI:
        • Sistem pemrosesan Transaksi:

–          Mengotomatisasi transaksi bisnis harian.

–          Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi  bisnis.

–          Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya.

–          Cukup komplek, dan rumit.

–          Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini.

  • Sistem Informasi Manajemen:

–          Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin.

–          Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.

–          Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi.

–          Menjawab permintaan dan perkiraan tren.

  • Office Autimation System adalah semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja.
  • Sistem Pendukung Keputusan adalah mendukung pengambilan keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial.Di bagi:

–          Executive Information Systems: Mendukung pekerjaan dari Higher-level managers.

–          Group Support Systems: Mendukung pekerjaan dari orang yang bekerja dalam kelompok.

  • Tipe dari IS:
    • Intelligent Support system (ISSs): Termasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu.
    • End User Computing: Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya.
    • Knowledge Management Systems: Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan.
    • Data Warehousing (Gudang Data): Data warehouse adalah basis data yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.
    • Mobile Computing: Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan, menggunakan teknologi jaringan wireless.
    • Information resources mencakup banyak hal di antaranya:
      • Hardware (computers, servers, other devices)
      • Software (development tools, languages, applications)
      • Databases.
      • Networks (local area, wide area, internet, intranet)
      • Procedures.
      • Physical buildings.
      • Sumber daya (Recources): Sangatlah mahal sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat.

       

BAB III Perangkat Keras Komputer

Komponen Perangkat keras

  • Kelompok perangkat keras dari sistem informasi:
    • CPU (Central Processing Unit/System Unit)
    • Memory (Primer and Secondary storage)
    • Input devices.
    • Output devices.
    • Klasifikasi komputer berdasarkan power.
    • Isu strategis terkait perangkat keras.

Central Processing Unit

  • Dua komponen utama pada mainboard:
    • CPU (Central Processing Unit/Processor): Menjalankan instruksi yang memberitahukan apa yang harus di kerjakan oleh komputer.
    • Memory: Tempat penyimpan sementara untuk data dan instruksi.
    • Komponen umum dalam CPU:
      • Processor.
      • Memory
      • Adapter Cards:

–          Sound Card.

–          Modem Card.

–          Video Card.

–          Network Card.

  • Ports.
  • Drive Bays.
  • Power Supply.
  • Motherboard (System Board)
    • Papan sirkuit utama di dalam unit sistem.
    • Terdiri dari adapter cards, processor chips dan memory chips.
    • Micropocessor digunakan untuk mengeksekusi intruksi untuk menjalankan tugas pengolahan,
    • Komponennya adalah  sebagai berikut:
      • Control Unit, digunakan untuk:

–          Mengakses  instruksi program.

–          Mentafsirkan (decode) instruksi.

–          Mengontrol aliran data di sistem.

–          Jalur aliran data disebut buses.

  • Arithmetic-Logic Unit, digunakan untuk:

–          Melakukan proses komputasi pada data dan melakukan proses komparasi data.

  • Registers, digunakan untuk:

–          Area penyimpanan berkecepatan tinggi.

–          Menyimpan data dan instruksi.

  • Primary storage.

Memory (Main memory)

  • Komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil.
  • Terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard atau circuit board lainnya.
  • Setiap byte disimpan di lokasi yang unik, disebut address.
  • Terdiri dari primary dan secondary memory.
  • Storage medium/secondary storage adalah material fisik yang digunakan untuk menyimpan.
  • Primary Storage adalah penyimpanan sementara yang menyimpan tiga hal:
    • Informasi yang sedang di kerjakan.
    • Aplikasi software yang di gunakan.
    • Pengoperasian sistem software.
    • Meningkatkan kapasitas memory (Meningkatkan peforma sistem)
    • High-capacity storage.
    • Tipe dari Primary storage:
      • Register (Bagian dari CPU): Sangat cepat dan kapasitasnya terbatas.
      • Random Accsess Memory (RAM):Memory chips yang dapat dibaca dan ditulis oleh processor, Memory chips pada motherboard, general storage dari instruksi program dan data (volatile)
      • Cache Memory: Lebih cepat dari RAM, digunakan untuk menyediakan intermediate storage antara secondary storage dan RAM.
      • Read Only Memory (ROM): Memory Chips untuk menyimpan instruksi permanen yang dibutuhkan komputer (non volatile)
      • Secondary memory:
        • Non volatile memory yang bisa di hapus secara elektronik dan dapat di program ulang.
        • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar
        • Lebih murah dari Primary Storage.
        • Lebih lambat dari Primary storage.
        • Magnetic dan optical storage media.
        • Komputer adalah digital dan data direpresentasikan dalam pola bit.
        • Bit adalah kependekan dari Binary digIT. Sistem biner terdiri dari dua nilai yaitu 0 dan 1 sedangkan 8 bits = byte.
        • Bytes adalah ukuran dasar dari penyimpanan di komputer.
        • ASCII Code memberikan karakter unik untuk setiap pola dari 0s & 1s dalam byte.
        • Kilobytes, Megabytes, Gigabytes dan Terabytes.
        • Siklus Machine Instruction:
          • Instruksi di ambil dari primary storage oleh control unit.
          • The control unit mendecode instruksi.
          • ALU menerima data dan instruksi untuk melakukan perhitungan atau perbandingan.
          • Hasilnya di simpan di primary storage
          • Kinerja komputer di ukur berdasarkan kinerja jumlah siklus Machine Instructure/detik.
          • Faktor yang mempengaruhi peforma antara lain:

–          Clock Speed

–          Word Length

–          Bus Width

–          Line Width

  • Empat operasi CPU terdiri dari siklus machine:
    • Fetch/Ambil: Memperoleh instruksi program atau item datadari memory.
    • Decode: Menerjemahkan instruksi menjadi perintah.
    • Control Unit.
    • Execute: Menjalankan perintah.
    • ALU.
    • Store: Tulis Hasil ke memory.
    • Memory.

Hirarki Komputer:
Komputer umumnya di klaifikasikan berdasarkan kemampuan memprosesnya:

  • Supercomputers:
    • Sangat canggih.
    • Komputasi yang kompleks.
    • Fastest yang kompleks.
    • Simulasi yang besar.
    • State of the art componens.
    • Mahal.
    • Mainframes:
      • Largest enterprice computer.
      • Commercial, scientific, military applications.
      • Data yang besar.
      • Komputasi yang kompleks.
      • Minicomputer:
        • Midle-range.
        • Universities, Factories, Labs.
        • Digunakan sebagai front end processor untuk mainframe.
        • Microcomputers:
          • Desktop atau portable.
          • Personal atau business computers.
          • Terjangkau.
          • Komponennya banyak tersedia.
          • Can be networked.

Input Devices

  • Input Devices:
    • Data atau instruksi yang dimasukkan ke memory komputer.
    • Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi.
    • Dua tipe dari input:
      • Data: Unprocessed text, numbers, images, audio and video.
      • Instructions: Programs, commands, user responses.
      • Stylus:
        • Seperti pena ballpoint, menggunakan ballpoint, menggunakan tekanan untuk menulis text atau menggambar garis.
        • Digunakan dengan graphics tablets, flat electronic boards.

Output Devices

  • Output Devices:
    • Data yang telah di proses kedalam bentuk yang bisa digunakan (Informasi).
    • Setiap komponen yang bisa menyampaikan informasi ke user.

     

 BAB IVPerangkat Lunak Komputer

The software crisis

  • Aplikasi perangkat lunak yang bisa dikembangkandengan cepat untuk:
    • Bersaing dengan lingkungan bisnis yang dinamik.
    • Mengimbangi perkembangan pesat dari perangkat keras.
    • Ketertinggalan pengembangan software membatasi kemampuan dari SI.

Dasar dari Software

  • Computer Programs adalah urutan instruksi untuk komputer.
  • Stored program concept adalah instruksi yang di tulis pada program yangdi simpan da di eksekusi oleh CPU saat dibutuhkan.
  • Programming adalah proses menulis (coding) program.
  • Programmers adalah individu yang melakukan pemograman.
  • Systems software adalah sistem yang mengelola sumber daya perangkat keras/hardware.
  • Application software adalah instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna.

System software

  • System software adalaah perangkat lunak yang:
    • Mengontrol yang mendukung aktivasi dari sistem komputer.
    • Mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer.
    • Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging.
    • Independen dari semua jenis aplikasi.
    • System control programs: Mengontrol penggunaan sumber daya sistem (hardware, software, data) dan sistem operasi.
    • System Support Programs: Mendukung secara khusus kemampuan program.

System control program

  • Operating system-main system control program:
    • Mengawasi keseluruhan operasi pada komputer.
    • Mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjalan di komputer.
    • Menyediakan antarmuka antara pengguna dengan hardware.

Operating System services:

  • Virtual memory: Mensimulasikan memoty utama lebih besar dari yang seharusnya pada sistem komputer.
  • File management and security: Mengelola pengorganisasian dan akses ke file yang terdapat di secondary storage.
  • Fault tolenrance: Sistem dapat terus beroperasi meskipun terdapat kegagalan atau error.
  • User interface: Mengijinkan pengguna memiliki kontrol langsung terhadap objek atau tindakan yang terlihat dan menggantikan sintak perintah yang kompleks.

Application Software

  • Application software: Program yang menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna.
  • Tipe dari software aplikasi:
    • Proprietary software: Mengarah pada kebutuhan yang spesifik atau unik dari perusahaan.
    • Off-the-shelf application software:

–          Vendor mengembangkan program yang dijual kebanyakan perusahaan.

–          Bisa dalam paket yang standar atau customizable.

Bahasa pemograman

  • Bahasa Mesin (generasi pertama dari bahasa pemograman)
    • Native language dari komputer.
    • Terdiri dari bilangan biner.
    • Bahasa satu-satunya yang dipahami komputer.
    • Bahasa Assembly (generasi kedua dari programming languanges)
      • Korespodensi satu-satunya dengan bahasa mesin.
      • Lebih user-friendly dari pada bahasa mesin.
      • Assembler-program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin.
      • Bahasa prosedural (generasi ketiga dari bahasa pemograman)
        • Satu instruksi diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin
        • Program mendeskripsikan proses dari komputer langkah per langkah
        • Mendekati natural language; menggunakan kata yang umum
        • Contoh: Cobol,  C, Fortran, QuickBasic
        • Compilerr – menterjemahkan keseluruhan progra sekaligus
        • Interpreter – menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu
        • Bahasa nonprosedural (genersi keempat bahasa pemograman)
          • Memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanapa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil
          • Contoh – data base query language – SQL
          • Bisa digunakan untuk non technical users
          • Natural language programming language (generasi  kelima (intelligent) bahasa pemograman)
            • Menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin

Bahasa pemograman yang dipakai sekarang

  • Bahasa pemgraman visual
    • Menggunakan graphical environment
    • Contoh : Visual Basic dan Visual C++
    • Populer untutk non technical users
    • Hypertext  Markup Language
      • Tandar bahasa yang digukan di World Wide Web
      • Mengandung teks, gambar, dan berbagai  jenis infiormasi seperti file data, audio, video, dan executable computer programs

BAB VMengelola  data dan informasi organisasi

Dasar dari penyusunan dan akses data

  • Hirarki data
    • Basiis data mengandung file, file mengandung records, record mengandung fields, field mengandung karakter
    • Recall …8 bits => 1 byte => 1 character
    • Field                      : Pengelompokan logi dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka.
    • Record                  : Pengelompokan logis dari field yang terkait.
    • File                         : Pengelompokan logis dari records yang terkait.
    • Database             : Pengelompokan logis dari files yang terkait.

Field adalah:

–          Kombinasi dari satu atau lebih karakter.

–          Unit terkecil dari data yang di akses pengguna

Jenis Field:

–          Field size: Jumlah maksimal karakter yang bisaa ditampung sebuah field.

–          Field name: Unik, sebagai identifikasi dari sebuah field.

–          Data type: Jenis spesifik dari data yang ditampung.

Menyimpan dan mengakses records:

–          Media sekuensial (tape) menyimpan records secara sekuensial berdasarkan key values.

–          Direct (random) media (disks) menggunakan teknik lain.

Databases Management System (DBMS)

  • Software program yang menyediakan akses ke database.
  • Data di simpan padaa satu lokasi, dapat di ambil atau di update.
  • Application programs yang diberikan akses pada data yang disimpan dengan berbagai mekanisme:

–          Memelihara integritas dari informasi yang disimpan.

–          Mengelola security dan user access.

–          Recovering informasi saat system fails.

–          Mengakses berbagai fungsi dari dasar data dari dalam aplikasi.

DBMS Components

Data Manipulation Language (DML):

  • Digunakan untuk mendapatkaan isi dari database, menyimpan atau meng-update informasi pada database, dan mengembangkan aplikasi database.
  • Struktured query language (SQL)

Data Dictionary

  • Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik.

Keuntungan DBMS:

–          Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan.

–          Mengurangi kompleksitas dari IS environment.

–          Mengurangi redundan dan inkosistensi data.

–          Meningkatkan data integrity

–          Application/data independence.

–          Meningkatkan keamanan data.

–          Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan.

–          Meningkatkan fleksibility dari IS.

–          Meningkatkan akses data.

Menggunakan Stored Data:

  • Data warehouse:

–          Sistem basis data yang dirancang untukmendukung pengambilan keputusan.

–          Penekanan pada pengorganisasian data yang baik, dalam cara yang dipahami sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan.

–          Data yang disimpan adalah data saat ini, masa lalu, detil dan rangkuman data.

–          Terdapaat Metadata (data tentang data) untuk membantu melacak isi dari data warehouse.

  • Data mart.

 

Jaringan dan Telekomunikasi

Komunikasi adalah proses yang melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis yang saling mengirimkan data, perintah, dan informasi.

Sistem Telekomunikasi:

–          Hardware dan software yang mentrasmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

–          Komponen:

  • Hardware
  • Media
  • Jaringan
  • Software
  • Data communicaation providers.
  • Protocols.
  • Applications.

Sinyal Telekomunikasi

–          Sinyal Analog:

  • Gelombang bersifat continues.
  • Informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang.

–          Sinyal Digital:

  • Descrete pulses/denyut.
  • Informasi di sampaikan dalam bentuk biner.
  • Mudah dipahamioleh komputer.

HardwareDevices digunakan dalam transmisi dan penerimaan data,seperti:

–          Modem: Perangkat yang mengubah sinyal analog ke digital.

–          Multipex: Peralatan yang mentransmisikan bebrapa sinyal melalui media tunggal.

–          Front-end Processor: Komputer khusus yang ditujukan untuk mengelola tugas komunikasi.

Wire-based Communication Channels:

Twisted-pair wire (telephone wire):

  • Murah dan mudah dipergunakan.
  • Lambat, mudah terkena ganguan, keamanan rendah.

Fiber-optic cable:

  • Mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber.
  • Cepat, kapasitas besar, aman.

Coaxial cable;

  • Membawa lebi banyak data, terlindung dari gangguan.
  • Lebih mahal, keamanan rendah.

Microwave:

  • Kapsitas besar, relatif murah dari pada wire.
  • Membutuhkan line of sight transmisson towers, sering terganggu lingkungan sekitar.

Satelite:

  • Kapasitas sangat besar, jangkauan area luas.
  • Mahal, membutuhkan enkripsi untuk keamanan data.

Radio:

  • Sesuai dengan short distance communication, murah , easy to install, high speed.
  • Interference problems, kurang aman.

Operator dan jasa telekomunikasi

Operator telekonunikasi: Menyediakan teknologi komunikasi dan layanan komunikasi data.

Layanan telekomunikasi:

–          Swiched lines: Transmisi di arahkan sepanjang jalur ke tujuan.

–          Dedicated lines: Continous connection is established.

–          Wide area telecomm service (WATS): Layanan telpon jarak jauh yang terjangkau biayanya.

–          Integrated services digital network (ISDN): Transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telpon.

–          Digital subscriber lines (DSL): Transmisi digital berkecepatan tinggi melalui saluran telpon yang tersedia.

–          Tmnet-Streamix.

Dasar jaringan (network)

Network: Peralatan, media, dan perangkat lunak komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.

Network environment:

–          Local Area Network (LAN):

Jaringan yang jarak cakupan geografisnya relatif kecil.

Contoh: Rumah, Sekolah atau Kantor.

–          Gateway: Communication processor yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menterjemahkan protokol dari satu protokol ke prorokol lainnya.

–          Bridge: Menghubungkan dua jaringan bertipe sama.

–          Router: Merutekan pesan melalui beberapa LAN atau WAN yang terhubung.

–          Wide Area Network (WAN):

Jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas.

Contoh: Internet.

–          Value-added networks (VAN): Private, data-only networks, dikelolaboleh pihak ketiga diakses melalui berlanggan.

–          Virtual private network (VPN): Secure gateway antara corporate systems dan internet

Network Communication Software

Diperlukan untuk menyediakan beberapa fungsi jaringan:

–          Memeriksa kesalahan.

–          Format messages.

–          Mengelola communication logs.

–          Memastikan keamanan dan privasi data.

–          Menyediakan message translation.

Komponen:

–          Network Operating System: Memungkinkan semua perangkat pada jaringan berkomunikasi.

–          Network Management Software: Mempermudah tugas user dalam memanajemen jaringan.

–          Protocols: Menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat pada jaringan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php