huGo Bro

Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Posted: December 10th 2012
Data besumber dari internal, personal , eksternal. Data-data tersebut dapat dikumpulkan dengan berbagai teknik, yaitu secara manual, dengan sensor dan peralatan, scanning atau electronic transfer. Data yang diambil layaknya berkualitas. Alasannya, kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tersebut. Karakteristik data yang berkualitas tinggi, yaitu akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.
Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis.
*Semua data yg dibutuhkan untuk mengambil keputusan
*Data ditarik dari data warehouses atau data marts
*Menggunakan tools analisis data
*Penentuan pengambil keputusan diperkuat dengan fakta, analisa, dan prakiraan
Decision Support Systems merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat
Online Analytical Processing (OLAP) merupakan analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheet. Dalam proses ini dilakukan penganalisaan relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis yang melibatkan aggregated data (ringkasan dari berbagai kumpulan data). Data ditampilkan dari berbagai sudut pandang, melibatkan perhitungan kompleks antara elemen, dan mampu merespon permintaan user dengan cepat.
Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization
*Visual Interactive Modeling – berbasis grafik
*Visual Interactive Simulation – menggunakan simulasi/animasi
*Geographic Information Systems – menampilkan data mengunakan peta digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php