huGo Bro

Electronic Commerce (EC)

Posted: November 21st 2012
Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. Definisi ini dapat dilihat dari sudut pandang komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, dan komunitas.
Konsep EC sendiri dibedakan menjadi 3:
  1. Tradisional commerce : semua dimensi terkait fisik, contohnya  brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada),  Old-economy organizations (corporations).  Bisnis dijalankan secara offline, produk dijual melalui physical agents.
  2. Pure EC: semua dimensi adalah digital, contohnya perusahaan online (virtual), New-economy organization. Barang dan jasa dijual secara On-line
  3. Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik.
E-business merupakan perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan.
Sejarah EC dimulai pada awal 1970  (jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas). Awalnya terbatas untuk perusaahan besar. Contoh produknya adalah Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI). Ruang lingkup EC saat ini antara lain : periklanan, perbankan, jual beli alat elektronik, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia, penyediaan layanan konsumen.
Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan area berikut.
•Orang
•Kebijakan Publik
•Technical standards and protocols
•Rekan Bisnis
•Penyedia layanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php