huGo Bro

INTERNET, INTRANET dan EXTRANET

Posted: November 8th 2012
  1. Internet
    Internet, yang merupakan jaringan komputer terbesar dan terluas di dunia, tepatnya adalah jaringan dari seluruh jaringan yang ada. Sebuah koleksi lebih dari 200,000 jaringan komputer individu yang dimiliki oleh pemerintah, universitas, kelompok non-profit, dan perusahaan. Jaringan yang saling terhubung ini, membuat pertukaran informasi menjadi sangat mudah dengan menggunakan standard protokol yang terbuka dan tidak eksklusif. Internet membentuk jaringan komunikasi  di antara bisnis, konsumen, lembaga pemerintahan, sekolah, dan organisasi lain di seluruh dunia. Di saat yang sama, internet mengangkat isu-isu yang berhubungan dengan hukum dan budaya. Internet juga menawarkan forum komunikasi demokrasi yang nyata, dan sudah menghasilkan demokratisasi informasi. Pada banyak kasus pengguna bebas untuk berpendapat di internet. Internet adalah suatu lingkungan yang terbuka dan menjadi tempat saling berbagi yang bebas dari sensor, sebuah penghargaan dalam masyarakat akademik dan penelitian. Semangat berbagi dan akses terbuka untuk informasi adalah landasann dari Internet.
  2. Evolusi InternetMesikipun Internet dimulai sebagai proyek pemerintah, sebenarnya pemerintah Amerika hanya membayar dengan persentase kecil untuk biaya internet. Perusahaan komunikasi komersil sekarang, besar-besaran menyediakan jaringan fisik backbone dari internet. Pemerintah AS  terus berkontribusi memberikan sejumlah dana untuk proses administrasi yang penting, seperti pengembangan standar, dan Domain Name System(DNS), kontrak dengan organisasi private yang melakukan fungsi ini. National Science Foundation (NSF) juga membayar untuk bagian tertentu dari jaringan backbone.Infrastruktur internet di dukung oleh penyedia layanan jaringan., seperti UUNET, MCI WorldCom company, GTE Internetworking, Sprint, dan lainnya. Bisnis dan pelanggan individu terhubung ke internet melalui penyedia layanan ini dan lainnya, ISP(Internet Service Provider) yang kecil. Dalam beberapa kasus, penyedia layanan mungkin sebuah penyedia Backbone yang besar, atau juga mungkin perusahaan yang kecil terhubung ke penyedia layanan yang besar. Kedua backbone dan penyedia akses disebut sebagai ISP–> Internet Service Provider.Penyedia bacbone harus terkoneksi ke yang lain dan ke penyedia akses, dan hal ini dilakukan melalui jaringan backbone.INTERNET 2Komunitas riset akademik,  menemukan bahwa internet yang awalnya ditujukan untuk melayani sangat lambat untuk  data-intensif aplikasi seperti transmisi data model superkomputer atau telemedicine. Sekarang, Internet2 mencakup lebih dari 180 universitas yang bekerja dalam kemitraan dengan industri dan pemerintah untuk mengembangkan dan menyebarkan kemajuan teknologi dan aplikasi-aplikasi jaringan. Internet2 bukanlah jaringan fisik terpisah dari internet, tetapi hanyalah sebuah group jaringan dengan bandwidth yang sangat besar di Internet. Tujuan utama Internet2 adalah untuk menciptakan jaringan dengan kemampuan terdepan untuk komunitas riset nasional, memungkinkan revolusi aplikasi internet, dan memastikan transfer yang cepat dari penyedia jaringan baru dan aplikasi-aplikasi ke komunitas internet yang lebih luas.

    NGI-Next Generation Internet

    NGI bertujuan untuk menciptakan sebuah Internet yang cepat, selalu hidup, di mana-mana, alami, cerdas, mudah, dan terpercaya.

  3. Pengoperasian Internet
    Seperangkat aturan yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima paket dari satu mesin ke mesin yang lain melalui internet dikenal sebagai Internet Protokol (IP), yang beroperasi pada lapisan jaringan dengan tujuh lapisan ISO-OSI model.
    Protokol lainnya digunakan dalam koneksi dengan IP, yang terbaik dikenal adalah Transmission Control, yang beroperasi pada lapisan transportasi dari model ISO-OSI. IP dan TCP protokol biasanya digunakan secara bersama-sama. Keduanya disebut sebagai TCP/IP protokol, digunakan oleh kebanyakan aplikasi-aplikasi Internet.
    Internet, sebuah jaringan paket-switching, memecah tiap pesan ke dalam paket-paket. Tiap paket mengandung alamat mesin pengirim dan tujuan, serta informasi mengenai urutan lokasi paket terhadap paket-paket yang lainnya dalam suatu pesan. Karena itu, paket-paket mungkin menggunakan jalur yang berbeda dalam pengiriman, dan tiba pada tujuan dalam bentuk paket-paket juga yang belum terurut.  Ketika semua paket tiba pada komputer tujuan/penerima, paket-paket tersebut disusun kembali ke dalam pesan yang lengkap.Alamat (Address) pada InternetTiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat (address), yang disebut IP (Internet Protocol) Address, dengan identitas yang unik dan berbeda dari seluruh komputer lainnya. Angka dalam IP Address memiliki empat bagian, dipisahkan dengan titik. Contohnya, IP address dari satu komputer mungkin 135.62.128.91. Kebanyakan komputer juga memiliki nama, yang mudah bagi orang untuk mengingatnya ketimbang IP Address.
  4. Service Provided
    COMMUNICATION SERVICE
    * e-mail (Electronic mail)
    * USENET newsgroups (forums)
    * LISTSERV
    * Chatting
    * Instant messaging
    * Telnet
    * Internet telephony
    * Internet Fax
    * Streaming audio and video
    * Real-time audio and video

    INFORMATION RETRIEVAL SERVICE
    * File Transfer Protocol (FTP)
    * Archie
    * Gophers
    * Veronica
    * Wide area information servers (WAIS)

    WEB SERVICE
    * Microsoft’s .NET

  5. World Wide Web
    Banyak orang berpikir bahwa www (world wide web) sama dengan internet, namun kenyataannya tidak.  Internet berfungsi sebagai mekanisme transportasi, sedangkan World Wide Web adalah aplikasi yang menggunakan internet.

    Browsers – aplikasi yg mengijinkan WWW untuk meminta dan melihat web documents
    Offline Browsers – software yang mengambil halaman dari situs web secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan
    Search Engines – program yg mengembalikan daftar dari Web sites atau halaman yg sesuai dengan kriteria pencarian user
    Metasearch Engines – secara otomatis memasukkan pencarian mesin pencarian lainnya dan mengembalikan hasilnya
    Istilah-istilah mengenai World Wide Web:

    Information Filters – metode otomatis untuk mensortir konten dari WWW
    Clipping Services – Pengambilan secara otomais artikel atau berita yang dipublikasikan
    Personalized Web Services – kemampuan untuk men-generate  konten web pribadi
    Web Authoring (for page and site design)
  6. Intranets
    Intranet merupakan jaringan internal yg menggunakan teknologi internet, dengan standard TCP/IP protokol.

    Jaringan private yg menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP
    -Menyediakan akses yg mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan
    -Digunakan untuk men-deploy aplikasi perusahaan
    •Contoh – policies and procedures manuals; human resource forms; product catalogs
    -Keamanan menjadi perhatian utama
    •Security measures include – public key security, encryption, digital certificates, firewalls
  7. Extranets
    Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers
    -Memberikan akses mudah pada  informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis
    Security
    -Penting untuk mencegah unwanted entry ke sistem internal
    -Virtual private networks (VPNs) sering digunakan untuk menambahkan keamanan dari komunikasi internet
  8. Enterprise Informastion Protals
  9. Mobile Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php