huGo Bro

TEKNOLOGI INFORMASI DI ORGANISASI MODERN

Posted: September 22nd 2012
TEKNOLOGI INFORMASI DI ORGANISASI MODERN
 
  • Konsep utama dari Sistem informasi :
    1. Infrastruktur
      Fasilitas, layanan, dan pengelolaan yang mendukung  semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan. Komponen infrasturktur :

      • Perangkat keras komputer
      • Perangkat lunak
      • Fasilitas komunikasi dan jaringan
      • Basis data (database)
      • Information management personnel

      Sumber daya di atas diintegrasi, dioperasikan, didokumentasikan, dipeliharaan, dan dikelola dalam sebuah organisasi. Sumber daya komputasi yang lebih spesifik komputasi diatur/susun, dioperasikan dan dikelola.

    2. Arsitektur
      Menjelaskan konsep, pemetaan atau perencanaan besar terhadap kebutuhan informasi di sebuah organisasi dan cara memenuhinya.
      Patokan menyiapkan sebuah konsep arsitektur informasi:

      • Tujuan dan permasalahan sebuah organisasi, serta guna IT. Membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan
      • Informasi yang ada dan dirancang(infrastruktur) serta aplikasinya(perangkat lunak) dapat saling terpadu, bahkan dapat bertahan di masa depan.
  • Jenis-jenis Sistem Informasi
    1. Transaction Processing System (TPS)
      • Mengotomatisasi transaksi bisinis harian
      • Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi bisnis
      • Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya
      • Cukup kompleks , rumit
      • Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini
    2. Management Information System (MISs)
      • Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin
      • Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.
      • Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi
      • Menjawab permintaan dan perkiraan tren
    3. Support Systems
      • OAS (Office Automation System)
        semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi
      • DSS (Decision Suport System)
        Mendukung pengambil keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial

        • Executive Information Systems – Mendukung pekerjaan dari Higher-level managers
        • Group Support Systems –  Mendukung pekerjaan dari orang orang yang bekerja dalam kelompok
      • End User Computing
        Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh  pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya
    4. Intelligent Systems
      T
      ermasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu
    5. Others
      • Knowledge Management System
        Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan
      • Data Warehouse
        Data warehouse adalah basis data yang di rancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.
      • Mobile Computing
        Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless.

Bagaimana Sistem Informasi mendukung perusahaan?

  • Pertama, bagaimana organisasi di strukturkan:
    –        Berdasarkan fungsionalitas dari departemen
    –        Sering dalam bentuk hirarki
    –        Mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik
  • Dua klasifikasi Sistem Informasi yang paling umum:
    –        Classification by breath of support
    –        Classification by organizational level
  • Sistem Informasi di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan
  • Sistem Informasi terdiri berbagai macam aplikasi
    Sebuah aplikasi adalah sistem yang dikembangkan untuk tujuan yang spesifik
  • Aplikasi dan sistem bisa mendukung
    –        Individual/ tim
    –        Departemen
    –        Divisi/Unit
    –        Keseluruhan perusahaan/enterprise
  • Sistem informasi juga bisa bersifat inter-organizational
    –        Menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis
    –        Penting dalam menfasilitasi e-commerce
  • Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna di dalam perusahaan.
    –        Top manager membuat keputusan strategis
    –        Middle managers membuat keputusan taktis
    –        Line managers  membuat keputusan operasional
    –        Knowledge workers membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
    –        Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi
  • Information resources mencakup banyak hal di antaranya
    –        Hardware (computers, servers, other devices)
    –        Software (development tools, languages, applications)
    –        Databases
    –        Networks (local area, wide area, Internet, intranet)
    –        Procedures
    –        Physical buildings
  • Sumber daya (Resources) sangatlah mahal sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat.
  • Tanggung jawab terhadap sumber daya informasi di pegang bersama oleh Departement SI dan end users (pengguna akhir).
  • Perusahaan harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perancangan, pembelian, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya informasi (information resources).
  • Kerja sama sangat di butuhkan

 

Peran Departemen SI

  • Pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi manajerial
  • Meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis perusahaan
  • Karena SI di tantang untuk meningkatkan nilai strategis, maka manajemen dari SI menjadi lebih kompleks
  • Chief Information Officer (CIO) menjadi pimpinan dari departemen SI di banyak perusahaan

 

Summary

  • Information Architecture  : detil dari kebutuhan informasi dan bagaimana memenuhinya.
  • Information Infrastructure :  Terdiri dari semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendungkung semua computing resources.
  • Sistem Informasi diklasifikasikan berdasarkan tipenya (TPS, MIS, Support, Intelligent).
  • Sistem Informasi dirancang untuk mendukung struktur dari perusahaan /organization
  • Pengelolaan resources SI adalah tanggung jawab bersama antara departemen SI dan end users.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php