huGo Bro

Teknologi Informasi di Lingkungan Bisnis

Posted: September 16th 2012

Kini, dunia telah memasuki era baru yang semakin maju, di mana  perkembangan peradaban dunia didukung dengan kemajuan  teknologi di bidang informatika. Fenomena tersebut ditunjukkan melalui berbagai aplikasi teknologi informasi mencakup hampir di segala bidang kehidupan umat manusia. Mulai dari bidang ilmu fisika, kimia, matematika, biologi, berbagai bidang teknik & industri,  bahkan kehidupan sosial,  misalnya organisasi & pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Semua membutuhkan infrastruktur teknologi informatika, untuk melakukan perhitungan komputasi serta pengambilan keputusan yang cepat guna membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik.

Sudah menjadi fakta pula bahwa kehidupan organisasi dalam lingkup bisnis, sangat membutuhkan TI (Teknologi Informasi).  Mengingat semakin eratnya persaingan pasar, maka dibutuhkan langkah cerdas untuk mampu mempertahankan serta mengembangkan eksistensi suatu perusahaan. Meski TI merupakan disiplin ilmu yang tergolong masih baru dibanding ilmu-ilmu lainnya, namun perkembangan bidang ini tergolong cukup pesat. Oleh karena itu, dituntut pula pembaharuan baik dari segi infrastruktur maupun pembelajaran teknik tersebut, sehingga setiap aspek yang mengandalkan teknologi informatika, mampu bertahan dan menjadi lebih unggul.

Lingkungan bisnis saat ini ditandai dengan:
– Perubahan yang begitu cepat
– Kompleksitas
– Ekonomi Global
– Hiper- Kompetisi
– Fokus Pelanggan

Kehidupan bisnis berada di bawah tekanan bagaimana suatu perusahaan mampu memproduksi lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit . Hal tersebut memungkinkan munculnya berbagai reaksi dari suatu organisasi yang bersifat proaktif  ataupun reaktif. Di sinilah respon bisnis untuk melibatkan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Dalam berberapa kasus TI menjadi satu-satunya solusi untuk menghadapi tekanan tersebut. Untuk itulah, pengetahuan tentang kemampuan TI sangat penting untuk pengusaha saat ini.

Dapat dikatakan bahwa TI sangat bermanfaat untuk kepentingan bisnis. Hal itu juga yang membuat struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis terus diperbaharui seiring dengan perkembangan TI. Besar kemungkinan peluang karir yang melimpah  TI, karena TI mempengaruhi setiap area bisnis fungsional. Beberapa kelebihan TI di lingkungan bisnis:
– Mempersingkat proses kerja
– Berorientasi pada pelanggan
– Penyimpanan informasi yang lebih baik
– Aplikasi nyata: E-Business Banking, Mobile, E-Ticketing, GPRS, Simulasi

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php