welcome to my blog

PTI 10

Posted: November 27th 2012

TEKNOLOGI WIRELESS Teknologi wireless adalah teknologi tanpa kabel yang saling terhubung di internet. Perangkat keras ini sangat kecil sehingga mudah dibawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif. Contoh – contoh teknologi adalah sebagai berikut : 1. PDA ( celluler Phones 2. wAP ( wireless Aplication Protocol ) sebuah standar yang mengijinkan perangkat wireless dengan layar kecil, koneksi rendah, dan bandwith rendah. Dalam teknologi wireless terdapat istila-istila yaitu sebagai berikut : Pager adalah wireless messaging system satu arah, mengingatkan kita pada pesan. Dalam dunia teknologi kita pasti sudah mendengar tentang GPS. GPS adalah sistem wireleess yang menggunakan satelit yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui dimana posisi mereka berada, yang didukung oleh 24 satelit diseluruh dunia. Untuk mengatasi wireless kita tetap aman, kita harus mempunyai wireless securty sebagai solusi terkait ancanam dari pihak manapun. Sebagai contoh mendeteksi access point tidak sah melalui perangkat NetStumbler.


PTI 9

Posted: November 21st 2012

E-COMMERCE              Dalam era yang disebut ” Information Age ” media elektronik menjadi salah satu media untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E-commerce masih sangat belum dimengerti oleh sebagian masyarakat terutama para pebisnis namun desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Awal penggunaan E-C pada tahun 1970 itu pun hanya digunakan pada perusahaan besar. Ruang lingkup E-C seperti iklan, perbankan, jual beli saham, pencari pekarjaan dan lain sebagainya.             Dahulu E-C hanya digunakan secara ofline artinya para penjual barang hanya menjualnya secara fisik, namun di erah moderen ini siapa pun bisa menjual barang dagangannya secara online artinya tidak secara fisik. Seperti iklan, ditampilkan secara elektronik. Contoh lain juga blog-blog yang ada di internet yang menjual barang – barang untuk di jual seperti kaskus. Pembayaran pun dilakukan secara online.


PTI 8

Posted: November 14th 2012

SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL             Dalam pembahasan tentang sistem informasi fungsional, kita akan mempelajari tentang peran dan fungsi dari informasi manajemen dan bagamana proses transaksi dilakukan. Dalam sistem informasi fungsional terdapat sebuah menajemen informasi sistem yang bertugas untuk menyediakan informasi rutin kepada menajer pada area fungsional. Dalam memberikan informasi pasti ada transaksi pertukaran informasi. Secara detail apa itu transaksi? Transaksi yang terjadi disini adalah transaksi bisnis. Lalu transaksi bisni itu seperti apa? Yaitu proses transaksi yang dirancang untuk mencatat dan menyimpan data yang menjabarka setiap bisnis baik itu penjualan maupun pembelian.  


PTI 7

Posted: November 7th 2012

INTERNET, INTRRANET, DAN EXTRANET  Dalam pembahasan ini kita akan mempelajari tentang layanan internet dan aplikasi pendukung untuk memperlancar kita berinternet. Kita pasti sudah mendengar tentang internet. Internet merupakan sebuah jaringan terbesar didunia dan pertukaran informasi yang sangat cepat maka para pengguna lebih cepat mendapatkan informasi. Di internet terdapat berbagai layanan internet antara lain sebagai berikut : 1. E-mail                                              4. Chat 2. WEB                                                  5. Message Board 3. File Transfer                                 6. Instant Messaging Kita tahu bahwa penggunaan internet sangat luas sampai pada antar benua, namun biaya yang digunakan untuk mengakses internet belum merata di masing-masing tempat. Namun pengguna internet makin melonjak sehingga kapasitas  bandwith di suatu wilayah mulai berkurang. Kita bisa lihat layan-layanan internet seperti email. Email adalah surat elektronik yang sangant canggih yang memudahkan pengiriman data lebih cepat. Ada pula layanan chating, yaitu sebuah media percakapan secara interaktif. Ada pula layanan World Wide Web dalam internet seperti browers, search engines dan … Read more


PTI 6

Posted: October 24th 2012

JARINGAN TELEKOMUNIKASI             Setiap manusia secara tidak sengaja sudah melakukan komunikasi. Komunikasi  yang efektif adalah terdapat hubungan timbal-balik antar individu. Begitu pula dengan jaringan komunikasi yaitu komunikasi antar komputer satu dengan yang lain. Lalu, definisi dari komunikasi adalah proses yang melibatkan dua atau lebih komputer yang saling mengirimkan data, perintah dan informasi. Dalam jaringan telekomunikasi terdapat komponen yang dibutuhkan, supaya proses interaksi antar komputer bisa berjalan dengan baik. Komponen itu adalah sebagai berikut : 1. Hardware                                                    4. Data Communication Providers 2. Media                                                          5. Application 3. Jaringan                                                       6. Protocol Dalam jaringan telekomunkasi, kita pasti terhubung dengan jaringan internet. Dalam melakukan komunikasi di internet, ada media yang menyediakan jasa layanan komunikasi. Jasa layanan ini juga terhubung dengan sebuah jaringan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.


PTI 5

Posted: October 6th 2012

MENGELOLAH DATA DAN INFORMASI ORGANISASI           Rangkuman  dari pembahasan mengenai mengelolah data dan informasi adalah bagaimana struktur data yang digunakan adalah struktur data tradisional yang banyak menimbulkan  berbagai permasalahan data manajemen, nah oleh karena itu dibangunlah suatu sistem menajemen data yang disebut DBMS( Data Base Management System ). DBMS adalah software programs yang menyediakan akses ke data base dan data tersebut simpan di suatu tempat yang bisa di akses dan update oleh para pengguna. Fungsi   secara umum dari DBMS  adalah memelihara integritas dari informasi yang disimpan. Dalam penggunaan DBMS pengguna lebih diarahakan pada logical view dari data. Oleh karena itu dalam sebuah perusaahan sangat dibutuhkan DBMS untuk mengelolah data.


PTI 4

Posted: September 28th 2012

KOMPUTER SOFTWARE             Komputer software merupakan perangkat lunak yang terdapat pada sebuah komputer. Didalam sebuah komputer terdapat sistem software. Sistem software adalah perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer dan memfasilitasi pengembangan program, pengujian dan kesalahan dalam membuat program. Didalam sistem software itu sendiri terdapat 2 bagian yang mendukung sistem software yaitu sistem kontrol program dan sistem pendukung software. Kalau sisitem kotrol program berfungsi untuk mengontrol semua pengguna sumber daya sistem yang menyangkut hadware, software, dan Sistem Operasinya sedangkan Sistem pendukung software berfungsi untuk mendukung secara khusus kemampuan program. Jadi, dalam pembelajaran software komputer secara umum kita mempelajari aplikasi-aplikasi software yang digunakan sesuai kebutuhan pengguna dan mencari solusi dari permasalahan yang dialami oleh pengguna.


PTI 3

Posted: September 28th 2012

HADWARE KOMPUTER             Komputer Hadware adalah sebuah perangkat keras yang dapt dilihat secara fisik, bisa dilihat, disentuh. Dalam sebuah perangkat keras komputer terdapat tiga komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Ketiga komponen itu ialah CPU(central Processing Unit), Memory, Input Device, output. Ketiga komponen ini saling berhubungan, jika ketiga komponen ini tidak saling membutuhkan maka, tidak disebut sebuah komputer. Jika hanya CPUnya saja yang digunakan, maka  bukan disebut  sebuah komputer, begitu pula sebaliknya. CPU merupakan otak dari sebuah komputer. CPUlah yang mengatur jalannya proses aktifitas komputer, dibantu dengan alat input dan output. Alat input merupakan alat untuk memasukan data ke komputer, misalnya mouse, keyboard dll. Kalau alat output kebalikan dari input, kalau input alat untuk menghasilkan data yang suda kita masukan lewat alat input, jadi data yang kita masukan itu diproses di CPU, setelah diproses, akan dihasilkan di alat input. Contoh alat input seperti printer, ploter dll. Jadi, inti … Read more


PTI 2

Posted: September 21st 2012

RINGKASAN PTI 2 TEKNOLOGI INFORMASI DI PERUSAHAAN MODERN                 Berbicara tentang teknologi di suatu perusahaan tidak terlepas dari infrastruktur dan informasi. Kata infrastruktur berarti fasilitas, layanan, dan pengelolahan dan pada akhirnya memberikan sebuah informasi. Konsep Mendasar INFORMASI INFRASTRUKTUR Mendefinisikan, integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan dan pengelolahan How Information System Support Organizations? v  Memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur, yang tersedia yang disediakan serta aplikasi yang dibutuhkan v  Memastikan bahwa Teknologi Informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan Transaction Information System v  Mendukung secara rutin pada suatu bisnis v  Mengumpul, memproses dan menyebarkan transaksi data System Information Menagement v  Mendukung pengambilan keputisan secara rutin v  Menjawab pertanyaan dan memperkirakan masa kini Office Automation System Semacam sistem pengolah kata untuk mendukung pekerjaan kantor Decision Support Systems Sistem pendukung pengambilan keputusan yang bersifat kompleks v  Executive Information System®Higher Level Maneagers v  Group Support System®mendukung pekerjaan orang yang bekerja dalam kelompok Inteligent Support System Sistem pakar yang menyediakan … Read more


PTI 1

Posted: September 10th 2012

RANGKUMAN MATAKULIAH PENGANTAR SISTEM INFORMASI Pengertian Teknologi Informasi Teknologi Informasi adalah sebuah proses yang mengumpulkan, memproses, menyimpan,  menganalisa dan menyampaikan informasi. Mengapa kita perlu belajar TI (Teknlogi informsi) Ada beberapa alasan mengapa TI itu diperlukan: Penggunanya sangatlah menarik ( E-Business, Mobile Banking ) Pelung kerja dan karieryang melimpah pada area IT DLL. Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Cara kerja komputer  secara umum bisa digambarkan sebagai berikut: Siklus pengelolahan data secara detail sebagai berikut: Orgination – Input – Proses – Output – Distribution – Storage Penjelasan : Orgination   : Proses pengumpulan data kedalam komputer lewat alat input Input             : Proses memasukan data kedalam komputer. Proses           … Read more



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php