f x kurniawan

PTI MINGGU 10 (Perdagangan Elektronik)

Posted: November 7th 2012

Perdagangan Elektronik

 
A. E-Commerce (EC) Sejarah dan Ruang Lingkup
# Sejarah :
a. Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
b. Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
c. Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

# Lingkup Hari Termasuk
a. pengiklanan
b. rumah perbankan
c. berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
d. membeli saham
e. mencari pekerjaan
f. melakukan lelang
g. berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
h. menyediakan layanan pelanggan

B. EC Definisi & Konsep
# Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

# EC didefinisikan dari perspektif ini
a. komunikasi
b. proses bisnis
c. layanan
d. online
e. kolaborasi
f. masyarakat

# Tradisional commerce (semua dimensi yang fisik)
=> Brick-dan-mortir organisasi
a. Lama-ekonomi organisasi (perusahaan)
b. Lakukan semua bisnis off-line
c. Menjual produk fisik dengan cara agen fisik

# Pure EC: semua dimensi adalah digital
=> Murni online (maya) organisasi
=> Baru-ekonomi organisasi
=> Jual produk atau jasa hanya online

# Partial EC: campuran dimensi digital dan fisik
=> Klik-dan-mortir organisasi
=> Melakukan kegiatan EC
=> Apakah bisnis utama mereka di dunia fisik

 

C. EC vs E-bisnis
# E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga
=> Pelayanan pelanggan
=> Berkolaborasi dengan mitra bisnis
=> Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi
=> Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

D. Jenis-jenis E-Commerce
# Business-to-business EC (B2B)
# Collaborative commerce (c-commerce)
# Business-to-consumer EC (B2C)
# Konsumen-ke-bisnis (C2B)
# Konsumen-to-consumer (C2C)
# Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
# Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
# Mobile commerce (m-commerce)

 

E. Electronic Marketplaces
# Pasar memfasilitasi pertukaran
a. informasi
b. barang
c. layanan
d. pembayaran
# Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi
a. pembeli
b. penjual
c. pasar perantara
d. Masyarakat pada umumnya

Pasar Elektronik vs Inter-organisasi Sistem?
# E-pasar
=> Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar
a. barang
b. layanan
c. uang
d. informasi
# Sistem Informasi Inter-organisasi (IOS)
=> Antara dua atau lebih organisasi
a. Rutin pemrosesan transaksi
b. arus informasi

F. EC Kerangka
# EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan
=> Orang
=> Public kebijakan
=> Teknis standar dan protokol
=> Bisnis mitra
=> Dukungan layanan

 

G. Perdagangan Elektronik Persyaratan
# Infrastruktur – hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi

# Pembayaran Elektronik Mekanisme
=> Elektronik pemeriksaan
a. Nasabah membuka rekening dengan bank
b. pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital
c. pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual

# Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
=> Electronic credit cards” (Kartu kredit Elektronik)
a. Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet
b. Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan
=> Electronic cash in PC” (Elektronik tunai di PC)
a. Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
b. pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak
c. bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital
d. uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
e. Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual
f. penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain

# Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
=> Electronic payment cards with e-cash” (Kartu pembayaran elektronik dengan e-cash)
a. Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik
b. Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran
=> Smart cards” (Kartu cerdas)
* Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak
Person-to-person payment systems”>=> Orang-ke-orang sistem pembayaran
* Transfer dana antara individu (PayPal)
=> Electronic Funds Transfer (EFT)” (Transfer Dana Elektronik (EFT))
* Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm. jaringan
=> Electronic wallets” (Elektronik dompet)
=> Purchasing cards” (Pembelian kartu)

# Keamanan
=> Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang
a. Single-kunci enkripsi
b. Publik / swasta kunci enkripsi
c. Kunci publik infrastruktur
=> Elektronik Sertifikat
=> Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
=> Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php