120707121

Wireless dan Mobile

Posted: November 30th 2012

WIRELESS, artinya tanpa kabel, jadi teknologi wireless merupakan sebuah teknologi yang tidak menggunakan kabel atau biasa disebut nirkabel. Sebagai contoh pada saat mengganti channel tv menggunakan remote control, bukankah alat ini tidak menggunakan kabel yang dihubungkan secara langsung ke pesawat televisi, tetapi tetap bisa menganti-ganti stasiun televisi hanya dengan menekan nomor pada remote control tersebut. Teknologi wireless menggunakan udara sebagai media transmisi atau perantara untuk melakukan pertukaran data. Meskipun demikian tetap ada batasan jarak tertentu seberapa jauh peralatan yang menggunakan teknologi wireless dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Infra red atau IrDa (Infra Red Data Access) dan bluetooth yang biasanya dijadikan sebagai feature pada perangkat ponsel adalah teknologi wireless dengan jangkauan jarak tidak terlalu jauh. Karena mampu menggantikan keberadaaan kabel, teknologi wireless juga dapat diterapkan pada sebuah jaringan komputer konvensional yang biasanya menggunakan kabel UTP. Dalam hal ini kita mengenal Wireless Local Area Network (WLAN). Penggunaan teknologi wireless tidak hanya diterapkan pada dunia komputer, tetapi pada bidang-bidang lain juga seperti bidang telekomunikasi.

Istilah pada wireless :

1. WAP (Wireless Application Protocol); protokol yang mengatur agar display yang kecil dapat menampilkan display yang sama seperti display di desktop, terdiri dari banyak spesifikasi, dimana bit akan ditransfer dan seberapa besar bit ditransfer. Bertujuan untuk mengatur komunikasi wireless mobile.

2. Microbrowser; khusus digunakan oleh piranti mobile yang memiliki keterbatasa akses web. Contohnya : Opera Mini

3. Pager; dimana seseorang dapat mengirim pesan ke seseorang, namun hanya 1 jalan tidak bisa bolak-balik berbentuk text.

GPS (Global Positioning System), cara kerjanya yaitu menggunakan satelit untuk bia menentukan posisinya, minimal 3 satelit. di seluruh dunia ada 24 satelit yang dapat digunakan untuk menentukan posisi. digunakan minimal 3 satelit supaya posisinya lebih fix atau tepat, analoginya seperti sumbu x, y, dan z karena bumi 3 dimensi.

AGPS (Assted Global Positioning System), cara kerjanya menggunkan provider selular untuk bisa menentukan posisinya(radius hanya 3 km). akurasinya rendah bahkan bisa tidak akurat sama sekali.

IOS (Internet Over Satelite), cara kerjanya tidak terhubung ke selular tetapi ke satelite untuk terhubung untuk transfer data.

RADIO, transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.

BLUETOOTH, digunakan untuk membuat PANS kecil, dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter, menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis, dapat mengirimkan hingga 1 Mbps. Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

WIMAX, mempunyai cakupan area lebih luas daripada wifi (+/- 31 mil). 75 Mbps. cakupanya bisa kota.

MOBILE

 1. Mobile Computingmemiliki kemampuan wireless connection. mengacu untuk mobile computing.

2. Mobile Commerce, umumnya untuk transaksi tapi tidak hanya jual beli. vooting juga bisa digunakan untuk perangkat selular.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php