120707121

Managing Data dan Information

Posted: October 5th 2012

Pada pertemuan ke enam membahas  tentang managing data dan information. Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk terminology dasar dari manajemen data, menyimpan data dalam file tradisional dan permasalahan pada pendekatan tersebut, pendekatan basis data untuk menyimpan file, bagaimana data di organisasikan untuk membuat sebuah database, komponen dari DBMS, dan bagaimana perusahaan memanfaatkan stored data.

Dasar dari penyusunan dan akses data terdiri dari file yang mengandung records, records mengandung field, dan field mengandung characters. Ada unit terkecil dari data yang di akses pengguna berupa field size, field name, dan data type. Selain itu, ada juga terminology dari manajemen data yaitu entity, attribute, primary key, dan secondary key. Untuk menyimpan dan mengakses recods dapat menggunakan media sekuensial yaitu menyimpan records berdasarkan key values dan dapat juga menggunakan direct media, menggunakan direct media menggunakan ISAM dan Direct File Acces Method. Penempatan data pada database ada dua pilihan, yaitu centralized (file berada pada satu lokasi yang sama) dan distributed (salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data, berada pada lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna).

DBMS fungsinya untuk melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical lokasi dari data di organisasikan secara logika. Komponen DBMS antara lain data model, DDL, DML, dan data dictionary. Keuntungan DBMS meningkatkan strategi pengguna data perusahaan, data integrity, keamanan data, fleksibility dari IS, akses data serta mengurangi kompleksitas dari IS environment, redundan, dan inkonsitensi data, serta biaya pengembangan dan pemeliharaan. Logical Data Model yaitu kemampuan manager menggunakan basis data, tergantung bagaimana distrukkan baik secara logika maupun fisik.

Emerging dan specialized data models berupa multidimensional, object-oriented data model, hypermedia, geographic information system database, knowledge database, multimedia database, dan small-footprint database. Penggunaan Stored Data menjadikan akses informasi akurat dan tepat waktu sangat penting pada lingkungan bisnis saat ini. Stored data memiliki tiga tipe yaitu data warehouse, data mart, dan data mining.

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php