120707121

Infrastruktur Teknologi Informasi : Perangkat Lunak Komputer (Software)

Posted: September 27th 2012

Pertemuan selanjutnya saat mata kuliah PTI, membahas perangkat lunak computer (software). Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk membedakan dua jenis utama perangkat lunak, menjelaskan fungsi umum system operasi, membedakan jenis dari system operasi dan penjelasannya, mengidentifikasi 3 metode pengembangan software aplikasi, mendeskripsikan jenis utama dari software aplikasi, perkembangan software dan trend ke depan, dan mendeskripsikan enterprise software. Adapun kelemahan dari perangkat lunak ialah tidak bisa dikembangkan dengan cepat untuk bersaing dengan lingkungan bisnis yang dinamik dan mengimbangi perkembangan pesat dari perangkat keras, ketertinggalan pengembangan software membatasi kemampuan dari system informasi, selain mengembangkan aplikasi baru software yang sudah ada juga harus dipelihara, peningkatan kompleksitas mengarah pada potensi meningkatkan bugs (kesalah program), testing dan debugging software sangat mahal dan menghabiskan waktu.

Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya. Ada beberapa istilah dasar yang digunakan dalam software yaitu computer programs, stored program concept, programming, dan programmers. Software dibagia atas dua, system software dan aplikasi software.  System software merupakan instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras, aplikasi software merupakan instruksi yang melakukan tugas spesifik dari pengguna.

Istilah permasalahan software ada 4, yaitu software licensing (copy right dan licanses), software upgrades, open system, dan open source software. Begitu juga dengan bahasa pemrograman yang mempunyai jenis-jenis sebagai berikut, bahasa mesin (native language dari computer dan bahasa satu-satunya yang dipahami computer), bahasa assembly(korespodensi satu-satu dan bahasa mesin), bahasa procedural (program mendeskripsikan proses dari computer langkah-perlangkah), bahasa nonprocedural (memungkinkan pengguna untuk menentukan prosedur yang diperlukan), dan natural language programs language (menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca mesin).

Terkadang ada permasalahan yang menjadi penghalang berkembangnya  software, seperti adanya tekanan kompetitif yang menyebabkan perluasan dalam prosedur organisasi dan berdasarkan jenis software dan hardware yang digunakan masyarakat, banyaknya kompleksitas yang menyebabkan perubahan jadi sulit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php