120707121

Perangkat Keras Komputer

Posted: September 22nd 2012

Kali ini dalam pertemuan ketiga di minggu ke empat, dalam mata kuliah PTI dibahas Perangkat Keras Komputer (computer hardware). Tujuan dalam pembelajaran ini ialah mengidentifikasi komponen utama perangkat keras dari computer, menjelaskan desain dan fungsi kerja cpu, dan menjelaskan enterprise storage. Adapun komponen perangkat tersebut ialah CPU, memory, input devices, dan output devices. Komponen-komponen tersebut akan saya jelaskan dengan singkat.

  1. CPU; Beberapa komponen CPU antaralain processor, memory, adapter cards (sound card, modem card, video card, dan network card), ports, drive bays, dan power supply. Ada juga yang disebut dengan motherboard yang merupakan papan sirkuit utama dalam unit system, terdiri dari adapter cards, processor chips, dan memori chips. Motherboard disebut juga system board.
  2. Memory; merupakan komponen elektronik yang menyimpan imstruksi, data, dan hasil. Memory terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard atau di sirkuit board lainnya. Memory terdiri dari primary dan secondary memory. Primary memory mempunyai tipe register, random acces memory (RAM), cache memory, dan read only memory (ROM). Sedangkan secondary memory tidak mempunyai tipe-tipe, namun secondary memory mempunyai kapasitas yang besar untuk menyimpan dan lebih murah dari primary memory.

Trend perangkat keras dapat dilihat dari mikroprosesor yang berkembang pesat karena miniaturisasi transistor, penurunan jaraj antara transistor pada chips, peningkatan konduktivitas dari listrik, dan peningkatan pemrograman instruksi ke chips.

Hirarki computer dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuan memprosesnya, antaralain supercomputers (sangat canggih, komputasi yang kompleks, simulasi yang besar, fastest CPUs, namun mahal), mainframes (data yang besar, komputasi yang kompleks, largest enterprise computer),  midrage, workstations, microcomputer, dan computing appliance.

  1. Input Devices; adalah data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam computer. Input device merupakan hardware yang digunakan untuk memasukkan instruksi atau data. Ada 2 tipe input yaitu: Data (text, angka, gambar, suara, dan video yang tidak diproses) dan instruksi (program, perintah, dan  user responses).
  2. Output Devices; adalah peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat digunakan untuk menyimpan data.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php