120707121

Teknologi Informasi pada Lingkungan Bisnis

Posted: September 12th 2012

Bisnis dan Teknologi Informasi

Sebelum membahas hubungan IT dengan bisnis, ada baiknya saya menjelaskan singkat tentang IT sehingga nantinya kita dapat mengetahui hubungannya dengan dunia perbisnisan. Nah,  IT mempunyai arti sebuah komponen tertentu dari sebuah computer berbasis system informasi. Namun dalam arti sempit IT merupakan komponen teknologi dari SI. Trus, ada muncul SI, itu artinya apa? Kalau belum tahu, information system atau disebut juga SI adalah sebuah system yang mengumpulkan, memproses, dan menyimpan serta menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik.  Data dapat di input kemudian processing, outputs, control, dan di manage manusia yang menggunakannya. Computer mempunyai beberapa komponen seperti input device (perangkat keras yang di gunakan untuk memasukkan data dan instruksi), output device(perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna), system unit (boks seperti tempat menyimpan yang mengandung komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data), motherboard (komponen utamanya terbagi dua yaitu central processing unit dan memory), storage (storage media dan storage device), dan network (jaringan).

Setelah penjabaran di atas dapat kita ketahui hubungan IT dengan bisnis. Dalam dunia perbisnisan, teknologi sangat mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan. Pada dunia perbisnisan, teknologi sangat membantu dalam mendiskusikan bisnis, memahami perbedaan antara data, informasi pengetahuan, dan menjelaskan karakter dari data yang kualitasnya tinggi, serta menyebutkan dan menjelaskan computer di system computer. Respon dari perusahaan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi menyebabkan perusahaan lebih praktif dan reaktif sehingga kemampuan akan teknologi menjadi hal yang penting bagi pebisnis.Beberapa perusahaan mungkin mempertanyakan mengapa IT perlu di pahami? Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah karena apa yang dilakukan melalui teknologi dan konsekuensinya sangat menarik, struktur organisasi, dan proses bisnis sering berubah seiring dengan perkembangan IT, peluang kerja dan karier yang berlimpah pada are IT, dan IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis. Namun, manfaat penggunaam IT tidak hanya dalam perbisnisan, ada juga manfaatnya dalam pendidikan, financial, pemerintahan, kesehatan, publisher, travel, dan industry.

Suatu perusahaan yang mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap SI akan memperoleh keuntungan untuk kemajuan bisnisnya. Keuntungan yang diperolah yaitu cepat, pengolahan yang akurat dari transaksi bisnis dan penyimpanan, pencarian, analisa, dan data sharing untuk meningkatkan komunikasi, mengurangi overload, menjangkau batas-batas organisasi, mendukung da meningkatkan pengambilan keputusan, dan kemampuan yang unik menyediakan keunggulan kompetitif. Dalam hal ini, dapat disimpulkan hubungan bisnis dengan IT sangatlah erat, karena knowledge mengenai IT dapat membantu pebisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Untuk kita generasi muda yang ingin menjadi pebisnis unggul, harus mengetahui dan peka terhadap perkembangan IT. Sekian dan terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php