120707121

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 12th 2012


Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan IT di masyarakat, baik itu muda maupun tua sangat dibutuhkan. Terlepas dari hal tersebut, teknologi informasi  memiliki infrastruktur dan arsitektur yang berkaitan erat hubungannya dengan pemanfaatan teknologi. Konsep mendasar dari infrastrukturnya adalah network, data, database, software, dan hardware yang mendukung dalam pengolahan informasi.

Infrastruktur mendefinisikan bagaimana sumber daya komptasi diatur, dioperasi dan dikelola. Juga mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan dan pengelolaan dari sumber daya komputasi. Begitu juga dengan arsitektur high level plan yang menjabarkan kebutuhan informasi perusahaan dan bagaimana kebutuhan bisa dipenuhi (membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis strategi perusahaan dan memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak).

Gambaran umum dari sistem informasi dapat di lihat dari jenis-jenisnya yaitu transaction processing system (jenis ini termasuk jenis yang rumit karena bersifat harian), management information system (jenis ini mendukung keputusan yang akan diambil secara rutin), office automation system (jenis ini mendukung oekerja kantor/administrasi), decision support system (jenis ini tidak bersifat rutin), intelligent support system (jenis ini termasuk didalamnya system pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas), end user computing, knowledge management system, data warehousing, dan mobile computing.

System informasi ternyata mendukung perusahaan. Caranya bagaimana? Yang pertama ada klasifikasi SI yang paling umum (classification by breath of support dan classification by organizational level) dan  kedua SI di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan (berdasarkan fungsionalitas dari department, sering dalam bentuk hierarki, dan mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php