Felix Aris W

Data, Knowledge and Decision Support

Posted: December 10th 2012

img src : http://www.deque.com/

Proses dari analisa, pengaturan, manajemen, dan pendukung pengambilan keputusan merupakan salah satu hal yang dapat dibantu pengelohannnya dengan pemanfaatan dari IT. Berikut pemahamannya :

Kenapa manajer membutuhkan dukungan dari IT :

  • Jumlah informasi yg tersedia sangat banyak
  • Pengelolaan informasi secara manual semakin sulit
  • Komputerisasi membantu mengelola hal yg kompleks
    • Menguji berbagai alternatif dgn cepat
    • Memberikan analisa resiko yg sistematik

Jadi dengan IT sebuah pekerjaan seorang manajer dapat terbantu, cepat selesai serta merubah suatu hal kompleks menjadi hal yang sederhana.

Kualitas Data

Sebuah data tentu tidak bermakna apapun bila tidak ada sebuah kualitas dan kegunaannya.

Karakteristik high quality data: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.

Decision Support Systems

Sebuah informasi interaktif haruslah memiliki data yang terstruktur dan dapat membantu untuk pengambilan keputusan.

Keputusan terstruktur (structured decision),
Keputusan  semiterstruktur (semistructured decision)
Keputusan tak terstruktur (unstructured decision)
Enterprise Decision Support
Sebuah perusahaan besar memerlukan juga pemanfaatan IT untuk membantu pekerjaan. Dengan beberapa ciri :
  • Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif
    • Perlu untuk memonitor tren permasalahan
    • Membutuhkan informasi dari internal dan eksternal
  • Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives
  • User Interface yg mudah dipahami
  • Berbasis tampilan grafik
  • Sering terkoneksi dengan layanan informasi online
  • Terintegrasi dengan email

Implementing Knowledge Management

Implementasi sebuah pengetahuan baru dapat membuat sebuah perusahaan dapat mencapai sebuah goal yang tidak direncanakan dan dapat menambah kemajuan sebuah perusahaan.

 

  • Regorganisasi menjadi perusahaan berbasis pengetahuan
  • Membuat jabatan baru, chief knowledge officer (CKO)
    • Menciptakan infrastruktur dari knowledge management
    • Membangun  knowledge culture
    • Membuat sistem baru ini menjadi berguna/ making it pay off
  • Memfasilitasi  pembelajaran organizational
    • Belajar dari pengalaman sebelumnya untuk digunakan di masa depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php