wayaneska

12 Data knowledge and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

pada topik ini embahsan pertama yaitu mengenai pekarerjaan dari menejer dimana menejer memiiki tugas untuk  Membuat keputusan dalam proses pencapaian tujuan, Interpersonal peran: tokoh, pemimpin, penghubung, informational peran: monitor, penyebar, juru bicara dan Putusan peran: pengusaha, handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator. kemudian menejer sangatlah kita perlukan hal ini dikarenakan olume informasi yang tersedia adalah mengejutkan, pengolahan informasi secara manual dengan cepat semakin sulit, Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas, meneliti berbagai alternatif sangat cepat dan memberikan analisis risiko sistematik.

Data, Informasi, dan Pengetahuan (Di mana kita mendapatkan data yang kita butuhkan?) : Sumber Data, Internal data, Data Pribadi, Eksternal data
Metode Pengumpulan Data : Manual, Dengan instrumen dan sensor, Scanning atau transfer elektronik
Apa yang ‘baik’ pada data?
a. Kualitas Data : kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data ini.karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten
Penyimpanan Data dan Manajemen
b. Penyimpanan Data (Database atau data mart dan data warehouse)
Manajemen Data kesulitan
– Data volume eksponensial meningkat dengan waktu
– Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
– Raw data yang tersimpan banyak tempat dan cara
– hanya bagian kecil dari data yang relevan untuk situasi tertentu
– Semakin banyak data eksternal
– Persyaratan hukum yang berbeda yang berkaitan dengan data yang
– Kesulitan memilih alat manajemen data
– Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting
Business Intelligence
Tujuan utama pengumpulan data adalah untuk memberikan landasan untuk intelijen bisnis. Semua data yang diperlukan untuk keputusan suara. Data diambil dari gudang data atau data mart. Alat analisa data yang diterapkan. Penilaian pengambil keputusan ‘ditambah dengan fakta, analisis, dan prakiraan
Pengambilan Keputusan Proses : Decision Support Systems menyediakan dukungan terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan. Akhir-pengguna aktif bekerja dengan data warehouse.Akhir-pengguna menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan
Apa yang kita maksud dengan ‘model’?
c. Model – representasi yang disederhanakan dari realitas Iconic (skala) model, fisik replika dari suatu sistem, Analog model, Berperilaku seperti sistem nyata, tidak terlihat seperti itu, Matematika (kuantitatif) model,model yang kompleks hubungan dan melakukan eksperimentasi dengan mereka.
d. Mental Model : bagaimana seseorang berpikir tentang situasi, Berpikir tentang keputusan , Sebuah Kerangka Pendukung Keputusan Komputerisasi
e. Struktur Masalah : proses pengambilan keputusan jatuh di sepanjang sebuah kontinum yang berkisar dari yang sangat terstruktur keputusan yang sangat terstruktur
f. Sifat Keputusan : perencanaan strategis – yang tujuan jangka panjang dan kebijakan untuk alokasi sumber daya. manajemen kontrol – akuisisi dan pemanfaatan sumber daya yang efisien dalam pencapaian tujuan organisasi. operasional kontrol – eksekusi efisien dan efektif tugas-tugas tertentu
Keputusan terstruktur telah lama didukung oleh komputer, Kelas keputusan terstruktur telah ditangani dengan model matematis Ilmu Manajemen.
Mendefinisikan masalah Klasifikasikan masalah ke dalam kategori standar.Buatlah sebuah model matematika standar, Temukan solusi potensial, Memilih dan merekomendasikan solusi yang spesifik, Sistem Pendukung Keputusan,Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur, Karakteristik dan Kemampuan, Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial, Mendukung keputusan saling tergantung dan / atau berurutan beberapa, Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan dan gaya, Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi, Mudah untuk membangun, Memanfaatkan model dan link ke data dan basis pengetahuan
DSS : Analisis Sensitivitas, studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model
Apa-bila Analisismemeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan
Goal-seeking Analisis, menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output
DSS : Komponen dan Struktur DSS
– Manajemen Data : Termasuk database (s) berisi data yang relevan untuk situasi keputusan
– User Interface : Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
Model Manajemen : Termasuk perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya
Manajemen Pengetahuan : Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu subsistem lain atau bertindak sebagai komponen independen
Perusahaan Pendukung Keputusan : Sistem Informasi Eksekutif, Memenuhi kebutuhan informasi eksekutif, Sangat terbatas waktu, Perlu untuk memantau dan mengidentifikasi tren bermasalah, Perlu eksternal maupun internal informasi, Akses yang cepat ke data yang diperlukan untuk eksekutif, Sangat mudah user interface, Sangat grafis, Sering berhubungan dengan layanan informasi online (misalnya, Dow Jones Berita Retrieval), Menggabungkan email, Perusahaan Pendukung Keputusan.
Eksekutif Sistem Informasi : Kemampuan EIS, Menelusuri, Faktor penentu keberhasilan dan indikator kinerja utama, Status akses, Trend analisis, Ad hoc analisis, Exception pelaporan, Cerdas EIS
Integrasi dengan DSS; aksesibilitas web, Perusahaan Pendukung Keputusan, Decision Support Systems Group (Memfasilitasi solusi keputusan semistructured dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan, Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negative, Mendukung proses kelompok dengan mendorong generasi ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk masalah)
Perusahaan Pendukung Keputusan : GDSS Implementasi, Face-to-face pertemuan – keputusan kamar ‘khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih, ‘Perang kamar’ Perusahaan – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan untuk semua untuk melihat, Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratif untuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender, polling, dll.
Apa yang bisa kita lakukan dengan data yang tersimpan?
– Analytical Processing – kegiatan analisis data akumulasi
– Pengolahan analisis online (OLAP)
– Suatu kegiatan pengguna akhir
– Libatkan set data yang besar dengan hubungan yang kompleks
– Gunakan Sistem Dukungan Keputusan model
Online Analytical Processing (OLAP) Analisis oleh pengguna akhir dari desktop mereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spreadsheet, Menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis, Libatkan data agregat, Bandingkan data agregat selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan)
Apa itu Manajemen Pengetahuan? : Konsep Kunci, Pengetahuan aset – pasar mengenai, produk, teknologi, dan organisasi yang memiliki bisnis atau perlu memiliki, Praktik terbaik – koleksi solusi yang paling sukses dan / atau studi kasus, Modal intelektual – koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun, Pengetahuan sistem – mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database, memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna, Kompetitif intelijen – pengumpulan informasi kompetitif
Mempromosikan Generasi Idea :Sumber utama pengetahuan adalah ide kreatif generasi oleh individu atau kelompok, Software alat (GDSS) dapat mempromosikan generasi ide produktif bagi kelompok, Perangkat lunak juga tersedia bagi individu untuk membantu merangsang produksi kreatif ide.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php