wayaneska

E-commerce

Posted: November 18th 2012

pada mulanya perdagangan secara elektronic sebenarnya sudah berlangsung sejak lama yaitu sejak tahun 1970-an, walaupun disini belum mengenal internet tetapi transaksi sudah bisa dilakukan, walaupun hanya terbatas pada bisnis-bisnis besar saja. pada masa itu transaksi ini dinamakan electronic fund transfer (EFT) dan elektronic data interchange (EDI).

dan sekarang e-commerce (perdaggangan elektonik) sudah mencakup hal yang lebih luas lagi misalnya : pelayanan, transaksi bank, berbelanja melalui toko elektronik, mencari pekerjaan, dan masih banayk lagi kegunaan dari perdagangan elektronik yang dimana akan memudahkan dalam bertransaksi tanpa harus bertemu langsung dengan lawan tranksaksi dan kita dapat menghemat lebih bnyak waktu dan tenaga.

cara atau konsep penggunaan EC adalah proses jual beli atau pertukaran barang/produk, pelayanan, dan pemberian informasi melalui komputer  yang memiliki jaringan terutamanya internet. disini EC terbagi tiga yaitu sbb:

  1. traditional commerce yaitu perdagangan masih dilakukan secara nyata dimana transaksi membutuhkan bentuk barag secara fisik baru bisa dilakukan pertukaran.
  2. pure EC yaitu transaksi dilakukan murni secra online dimana penjual atau pembeli hanya melakukan mengiklankan barang lalu kemudian pembeli memilih barang dan barang akan dikirim.
  3. partial EC yaitu pencampuran antara pure ec dan traditional diman transaksi dilakukan secara online juga secara nyata, biasanya pelaku transaksi ini sudah memiliki toko dan mengiklankan kembali barang2 tokonya secara online.

EC sebenarnya adalah bagian dari E-bisnis yang dimana e-bisnis tidak hanya melakukan transaksi jual beli barang serta pelayanan saja tetapi juga menggabungkan dengan partner-partner bisnis  dan juga melakukan transaksi bisnis dengan beberapa perusahan yang mencakup bisnis besar.

Jenis-jenis dari EC

  • business to business EC (B2)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

Elektronic Markelplaces

Adalah tempat atau pasar elektronik yang menyediakan fasilitas dalam transaksi diantranya yaitu transaksi informasi,barang,pelayanan, dan pembayaran.  Elektronic Markelplaces  juga mencakup pasar yang menciptakan nilai ekonomi bagi para pembeli, penjual, perantara pasar dan juga kelompok sosial yang lebih besar lagi.

 

 

Persyaratan Perdagangan Elektronic

Infrastruktur: hardware, software dan jaringan  dibutuhkan untuk melakukan transaksi dan komunikasi . selain hal tersebut ada beberapa lagi yang masih dibutuhkan yaitu:

  • Elektronic  Payment Mechanisme

-Elektronic Check : dimana pelanggan membuka akun melalui bank, mebuat email dengan tanda tangan digital yang akan digunakan dalam segala transaksi.

  • Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
    Elektronik Kartu kredit
    Terenkripsi pembayaran – penjual memberikan nomer rekening kepada pembeli melalui emil diinternet
    Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan
    Elektronik kas di PC
    Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
    pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak
    bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital
    uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
    Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual
    penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain
  • Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
    Kartu pembayaran Elektronik dengan e-cash
    Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik
    Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran
    smart card
    Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak
    sistem pembayaran Orang-keorang
    Transfer dana antar individu (PayPal)

Transfer Dana Elektronik (EFT)
transfer uang Elektronik ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm.

jaringan
Elektronik dompet
pembelian kartu

Keamanan
Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang
Single-kunci enkripsi
Publik / swasta kunci enkripsi
Kunci publik infrastruktur
Sertifikat Elektronik
Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

Bagaimana Raffles Hotel ini? Melakukan E-Commerce

Masalah
Kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya untuk memikat pelanggan untuk hotel dan fasilitas dan kemampuannya untuk mengendalikan biaya
Solusi
Business-to-consumer-mempertahankan portal publik (raffles.com) yang meliputi:
Informasi tentang hotel
sistem reservasi
Link ke sumber daya wisatawan ‘
Manajemen hubungan pelanggan (CRM) Program
Toko online untuk produk Raffles


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php