wayaneska

Telekomunikasi Dan Jaringan

Posted: October 27th 2012

TELEKOMUNIKASI

Sistem Telekomunikasi adalah Perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Komponen dari Sistem Komunikasi meliputi : hardware, software, Media, Network, Data Communication Providers, Protocols, dan Applications.

terdapat 2 jenis sinyal telekomunikasi:

  • Sinyal Analog, yaitu sinyal yang berbentuk seperti gelombang yang berkelanjutan. Informasi disampaikan oleh karakteristik perubahan gelombang (amplitude dan frekuensi). Contohnya adalah gelombang suara dan gelombang pada radio.
  • Sinyal Digital, yaitu sinyal yang tidak kontinu dan berbentuk diskret. Sinyal ini mudah dipahami computer karena berbentuk bilangan biner.

hardware yg digunakan dalam mentransmisikan gelombang-gelombang antara lain:

* Modem, yaitu perangkat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan adanya transmisi sinyal melalui sistem telepon.

* Multiplex, yaitu perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal.

*Front-end Processor, yaitu komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi.

media penyalur komunikasi tanpa kabel:

  • Microwave : Kapasitas tinggi , murah, banyak dipasang dipegunungan seribu, harus bebas dari halangan ,menyebar satu arah
  •   Satelit Kapasitas tinggi(sangat tinggi)Mahal
  •   Radio Jarak dekat,murah,interferensi tidak aman
  •   Inframerah contohnya remot TV

media penyalur komunikasi dengan kabel:

  • Twisted pair wire murah, bersifat elektromagnetik, bisa ditekuk(tidak mudah patah)
  • Coaxial cable Sudah jarang dipake, ada dikabel TV, mahal, bersifat elektromagnetik
  • Fiber optic cable  Keuntungan:  Yang dipakai sekarang, lebih handal, jangkauannya jauh tidak gampang mengalami interferensi, cahaya aman, kapasitas gede. Kerugian: Mahal,tidak semua orang bisa, tidak bisa ditekuk karena mudah patah.

Media – media ini dapat diukur melalui transmisi kecepatannya yaitu bandwidth (jangkauan frekuensi yang tersedia dalam saluran). Semakin banyak bandwidth, semakin besar kapasitas jalur nya. Tipe transmisi dibedakan menjadi 2 yaitu karakter demi karakter (asinkron) dan aliran karakter (sinkron).

Jasa dan Operator Telekomunikasi
Operator Telekomunikasi dapat menyediakan teknologi Telekomunikasi dan layanan untuk komunikasi data.
Contoh Jasa layanan Telekomunikasi :
Switched lines
Dedicated lines
Wide-area Telecomm Service (WATS)
Integrated Services Digital Network (ISDN)
Digital Subscriber Lines (DSL)
Tmnet-Streamix

JARINGAN

merupakan alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Macam dari network :

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Berbagai topologi dapat digunakan dalam LAN, antara lain topologi star network, ring network, bus network, hierarchical network, dan hybrid network. LAN dapat dihubungkan ke jaringan eksternal melalui gateway. Beberapa LAN dapat dihubungkan melalui bridge. Router digunakan untuk memberikan jalur pada beberapa WAN/LAN.

WAN (Wide Area Network) digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. Internet adalah WAN terbesar di dunia. Layanan WAN biasanya disediakan oleh operator umum. Jenis WAN :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php