wayaneska

software

Posted: September 30th 2012

pengen lebih jelas tentang software wajib baca nih……. wajib

SOFTWARE

Apa itu software? Software adalah program dan data pada komputer, yang memberikan informasi kepada komputer, untuk mengerjakan suatu perintah. Secara garis besar, software dapat dibedakan menjadi 2 kerangka besar, yaitu :

System Software

  • System Software adalah instruks yang mengelola sumber daya perangkat keras/hardware. System Software juga dapat dibedakan lagi menjadi 2, yaitu :
  1. System Control Programs : mengontrol penggunaan resources
  2. System Support Programs : mendukung operasi management dan pengguna dari sistem komputer

Application Software

  • Application Software adalah instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna. Application Software juga dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Proprietary Application Software : mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik. Seperti memberikan solusi / pemecahan masalah yang dialami pebisnis-pebisnis masa kini, yang mana mereka saling bersaing, dimana suatu perusahaan akan bisa mengguli perusahaan lain, jika sumber daya yang mereka miliki, lebih canggih dari perusahaan lain.
  2. Off-the-Shelf Application Software : adalah program aplikasi asli/original, yang tidak mengalami pembajakan, dan biasanya tidak didesain spesifik dengan kebutuhan customer.

Dalam pengembangannya pun, software bukanlah sesuatu yang mudah untuk dikembangkan. Contoh masalah dari pengembangan software:

  • Perkembangan software tidak bisa mengikuti cepatnya perkembangan lingkungan bisnis yang dinamik, dan perkembangan dari hardware yang sekarang ini, setiap bulan akan muncul hardware dengan spesifikasi yang lebih maju.
  • Selain mengembangkan aplikasi baru, software yang sudah ada juga harus dijaga.
  • peningkatan kompleksitas, mengarah pada potensi meningkatnya “bugs”
  • sedangkan testing dan “debugging” software memakan biaya yang sangat mahal, dan sangat menghabiskan waktu.

Dan sekarang, setelah sejak tadi kita ujug-ujug membahas tentang software pasti akan muncul pertanya’an,”Bagaimana cara membuat software?”. Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman, yang mana computer,hanya memahami dan mengerti bahasa tersebut. Berdasarkan masanya, bahasa pemrograman dapat kita bedakan menjadi 5, yaitu :

Machine Language

ini adalah bahasa asli yang dipahami oleh komputer, dimana Machine Language adalah bahasa pemrograman yang terdiri dari bilangan biner (0 dan 1), untuk memberikan perintah.

Assembly Language

dirasa terlalu sulit, dan merepotkan, generasi kedua bahasa pemrograman diciptakan, dimana bahasa ini yang memperantarai bahasa dari programmer untuk diterjemahkan ke dalamMachine Language.

Procedural Languages

ini adalah bahasa lanjutan, yang lebih mempermudah programmer untuk berkomunikasi dengan komputer, yang mana bahasa ini sudah mulai menggunakan suatu ungkapan umum, yang mudah dimengerti manusia, baru kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.

Nonprocedural Language

bahasa ini lebih mempermudah programmer untuk memspesifikasikan apa yang di’inginkan tanpa harus membuat prosedur spesifik untuk mengarsipkan hasilnya.

Natural Language Programming Languages

bahasa ini adalah bahasa paling mutakhir sekarang ini, dimana bahasa ini sudah mampu menerjemahkan bahasa kita, kedalam bahasa komputer

Sekarang ini sudah cukup banyak bahasa pemrograman, dari yang diciptakan untuk pengguna awam, maupun pengguna ahli, seperti contohnya C++, Pascal, dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah programmer, dalam membuat software.

sekaran udah agak dongkan tentang sofware coment dong biar tulisan gue ada artinya hehe


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php