wayaneska

Teknik Imformatika Dalam Lingkungan Bisnis

Posted: September 10th 2012
  • lingkungan bisnis hari ini

ditandai dengan adanya beberapa hal sebagai berikut:

  1. cepatberubah, yaitu bisnis akan selalu berkembang dengan cepat tanpa menungu adanya perintah karena roda bisnis akan selalu berputar semakin cepat seiring dengan perubahan jaman yang semakin maju.
  2. ekonomi global, yaitu bisnis akan selalu mengikuti perkembangan ekonomi yang sangat cepat pada masa ini.
  3. kompetisi yang cepat dan sangat keras
  4. kompleksitas, yaitu kerumitan atau keruwetan dalam persaingan bisnis yang dapat menyebabkan pembisnis yang tidak kuat akan langsung gagal dalam bisnisnya
  5. fokus pelanggan, yaitu setiap pembisnis lebih memfokuskan dalam memuaskan pelanggan agar bisnisnya dapat maju dalamwaktu yang cepat. biasanya berupa menurunkan harga atau tarif suatu barang atau jasa agar pelanggan mudah dalam mendapatkan barang atau jasa tersebut.
  • tekanan bisnis dan respon organisasi (peminat/masyarakat)
  1. Tekanan memprovokasi respon organisasi proaktif dan reaktif.
  2. Bisnis tanggapan terhadap tekanan mungkin melibatkan penggunaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi.
  3. Dalam beberapa kasus, TI adalah satu-satunya solusi terhadap tekanan bisnis.
  4. Pengetahuan tentang kemampuan IT sangat penting untuk pengusaha saat ini.
  • kenapa anda membutuhkan pengetahuan tentang TI didalam dunia bisnis?

yang pertama, Apa yang bisa dilakukan dengan IT dan konsekuensi penggunaan TI sangat menarik, misalnya seperti E-Business, Mobile Banking E-Ticketing, GPRS, Simulation. itu semua dilakukan kabanyakan oleh orang-orang TI.

untuk yang kedua Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah dengan IT, misalnya seperti penyingkatan waktu kerja terutama dibidang perbankkan yang sangat dimudahkan dengan hadirnya TI.

yang ketiga yaitu Peluang karir yang melimpah di IT dan juga  TI mempengaruhi setiap area bisnis fungsional, misalnya seperti sales Department, Departemen Keuangan, Departemen Pemasaran pabrik Pengolahan makanan. semuanya membutuhkan kemampuan TI dalam bidang kerja tersebut.

  • kesimpulan

dengan adanya paparan diatas dapat kita simpulkan bahwa TI sangatlah dibutuhkan dibidang kerja saat ini khususnya dibidang bisnis. dan juga bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan, disinilah TI menyediakan provider/alat dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut. pengetahuan mengenai IT dan aplikasinya membantu para pembisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif dengan menggunakan IT.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php