elisabeth toby

komodo (Varanus komodoensis),

Posted: September 15th 2015

Komodo di pulau Flores

Komodo (Varanus komodoensis), juga disebut Ora ( disebut oleh penduduk asli pulau komodo), atau kerap disebut Biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Indonesia tengah.

Komodo pertama kali didokumentasikan oleh orang Eropa pada tahun 1910. Nama buruk meluas setelah tahun 1912, ketika Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor, mempublikasikan tentang topic komodo setelah menerima foto dan kulit komodo. Setelah kembali dengan 12 spesimen dan 2 komodo hidup ekspedisi ini memberikan inspirasi untuk membuat film.

komodo adalah anggota familibiawak Varanidae, danklad Toxicofera.Komodoadalah spesies kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3meter.Panjangnya yang besar ini berhubungan dengangigantisme pulaukarena tidakterdapat mamalia karnivora di pulau tempat hidup Komodo, dan besar metabolismeKomodo yang kecil. Sebagai akibat dari besar mereka, kadal tersebut adalahpredator yang mendominasi ekosistem tempat mereka hidup.

Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Besar bereka yang besardan reputasi mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Di alam bebashabitat mereka digunakan oleh aktivitas manusia danIUCNmemasukan komodosebagai spesiesrentan.Mereka dilindungi dibawah peraturan pemerintah Indonesiadan sebuahtaman nasional, yaituTaman Nasional Komodoyang didirikan untukmelindungi mereka.

Di alam bebas, komodo dewasa biasanya memiliki massa sekitar 70kilogram.Spesimen penangkaran memiliki massa yang lebih besar. Spesimen liarterbesar yang pernah ada memiliki panjang sebesar 3.13 meter dan memiliki massa166 kilogram, termasuk makanan yang belum dicerna. Komodo memiliki ekor yangsepanjang tubuhnya, dan juga sekitar 60 gigi bergerigi tajam yang memiliki panjang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php