EkaCepot_

Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce_

Posted: November 23rd 2012

Pengantar Teknologi Informasi_

Pertemuan Minggu ke-11_

Pada pembahasan kali ini, ane hanya akan menjelaskan secara singkat tentang Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce. Ya sudah, langsung saja kalo begitu gan_

Wireless adalah suatu teknologi yang dapat melakukan komunikasi nirkabel dengan perangkat internet lainnya. Contoh hardware yang menggunakan teknologi ini adalah Smartphone, tentu saja smartphone ini harus memiliki sebuah MicroBrowser yang bisa meminimalis ukuran data atau mengkompresnya contohnya seperti Operamini. Ada juga istilah tentang WAP yang dapat mengatur piranti sebuah mobile. WAP ( Wireless Aplication Protocol ) ini juga di katakan sebagai protokol yang membuat komunikasi menjadi lancar , adalah suatu protokol yang di gunakan untuk mengatur komunikasi mobile dengan nirkabel.

Wireless Transmission Media ini adalah sebuah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi. Contoh medianya adalah:

Microwave Transmission System, sistem ini memanfaatkan sebuah satelit komunikasi yang ke tiga satelit ini memiliki orbit yang berbeda-beda. Ketiga satelit itu adalah Geostationary (Geo) “dengan orbitan 22.300, bisa dikatankan satelit ini paling tinggi posisinya di dunia”, Medium-earth-orbit (MEO) “dengan orbitan 6000, satelit ini berada dibawah Geo”, dan yang terakhir adalah Low-earth-orbit (LEO) “dengan orbitan 400-700, satelit ini berada dibawah dari Geo dan Meo”.

Footprint, area dari system ini mencangkup transmisi Satelit-satelit.

Boardcast transmission, sistem ini berfungsi untuk menyebarkan informasi kesebuah perangkat.

Propagation delay, sistem ini memiliki rentan waktu muncul akibat transmisi yang dilakukan satelit atau bisa disebut memiliki jeda waktu.

Global Positioning System (GPS) adalah sebuah sistem wireless yang digunakan untuk mengetahui dimana posisi Bumi yang menggunakan 24 satelit yang ada.

Internet Over Satellite (IOS) adalah akses yang melalui Internet yang mengguanakan satelit GEO dan memiliki transfer data yang cukup besar atau halus.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elktromagnetik.

Wireless Komputer dan Internet Akses, IEEE adalah standar untuk wireles komputer yang diantaranya seperti :

Bluetooth yang menggunakan gelombang radio, dapat mengirim hingga 1Mbps dan dapat menghubungkan 8 perangkat dalam area atau dengan jarak 10 meter. Bluetooth menggunakan jumlah PANs yang kecil, PANs  ini adalah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat komputer.

Wi-Fi, beberapa masalah atau problem yang terjadi pada Wi-Fi seperti Roaming (Tidak bisa berpindah dari hostpot lain ke lainnya harus membuthkan login kembali), Cost (Layanan yang memiliki biaya sendri), Security (Layanan yang memiliki sistem keamanan). Wireless Local Area Networks (WLANs) adalah akses nirkabel yang menghubungkan ke LAN kabel atau satelit yang menyediakan koneksi internet. WLANs memiliki bagian seperti Network Internet Card dan Hotspot.

Wi-Max (WMANs), memiliki area yang cukup besar, biasanya diperkotaan dengan data transfer data 75 Mbps.

Mobile computing adalah suatu perangkat yang bisa atau dapat melakukan sebuah komputing dengan cara bergerak. Mobile ini juga bisa atau memiliki kemampuan koneksi dengan Wi-fi.

Mobile Commerce adalah transaksi yang dilkukan dalam nirkabel terutama melalui internet. Pengembangan commerce ini karena meluasnya ketersediaan, tidak perlu untuk PC, budaya phone, penurunan harga, dan penigkatan bandwidth.

Sekian dulu penjelasan singkat dari ane tentang materi Sistem Telekomunikasi dan Jaringan. Semoga bermanfaat gan \m/_


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php