EkaCepot_

computer hardware

Posted: September 21st 2012

Pengenalan Teknologi Informasi
Pertemuan Minggu ke-4
Pada pembahasan kali ini, ane hanya akan menjelaskan secara singkat tentang Computer Hardware (perangkat keras komputer). Ya sudah, langsung saja kalo begitu gan.
Komponen perangkat keras komputer yang berperan dalam menghasilkan sebuah informasi adalah :
1.    CPU (Central Processing Unit)
Dalam CPU terdapat beberapa komponen, yaitu : processor, memory, adapter cards (sound card, modem card, video card, network card), ports, drive bays, dan power supply. Processor, memory, dan adapter cards terdapat pada sebuah system board yang disebut motherboard. Sebuah microprocessor yang terdapat dalam motherboard berfungsi sebagai pengeksekusi instruksi dan melakukan tugas processing/memproses instruksi. Dalam CPU ini, komponen-komponen tersebut akan melakukan tugasnya masing-masing untuk menghasilkan sebuah informasi dari data yang diterima, yaitu control unit, arithmetic-logic unit (ALU), registers,dan  primary storage.

2.    Memory
Memori pada komputer terbagi menjadi 2, yaitu primary storage dan secondary storage.
–    Primary storage juga disebut memori utama merupakan komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil. Terdiri atas satu atau lebih memory chip pada motherboard. Setiap byte disimpan dalam lokasi unik yang disebut address. Primary storage adalah area penyimpanan sementara yang mempertahankan 3 hal : informasi yang sedang dikerjakan, software aplikasi yang digunakan, sistem operasi yang digunakan. Dengan meningkatkan kapasitas memori  akan meningkatkan performa dari sistem tersebut. Terdiri atas : Register, Random Access Memory (RAM), Cache Memory, Read-Only Memory (ROM).
–    Secondary storage adalah memori yang tidak mudah berubah yang dapat dihapus secara elektronik dan diprogram ulang. Kapasitas penyimpanan yang besar, lebih murah dan lebih lambat daripada primary storage, serta berbentuk penyimpanan dengan media magnetik dan optikal (USB flash drive, CD/DVD drive, floppy disk drive, hard disk).
3.    Input Device
Input adalah memasukkan data atau  instruksi ke dalam memori komputer. Data dalam hal ini adalah teks yang belum diproses, angka, gambar, suara, dan video. Sedangkan instruksi adalah program, perintah, dan respon dari pengguna komputer. Input device merupakan semua perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi. Beberapa perangkat input adalah keyboard, mouse, touch screen, stylus, joystick, microphone, scanner, sensor, webcam, dll.
4.    Output Device
Output adalah keluaran, dalam hal ini adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang berguna, yaitu informasi. Output device adalah semua  perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan/memperlihatkan informasi pada penggunanya. Beberapa perangkat output adalah monitor, speaker, printer, dll.

Dari keempat bagian tersebut, kita akan menemukan sebuah istilah, yaitu “machine cycle”. Machine cycle adalah perputaran/siklus dari empat operasi yang terjadi dalam CPU, yaitu :
1.    Fetch : memperoleh/menggunakan program instruksi atau data dari memori (Input Devices dan Memory).
2.    Decode : menerjemahkan instruksi menjadi perintah (Control Unit).
3.    Execute : melaksanakan perintah (Processor).
4.    Store : menulis hasil dan menyimpannya pada memori (Memory), kemudian ditampilkan (Output Device).

Komputer juga pada umumnya dapat diklasifikasikan dari kemampuannya dalam processing/memproses, yaitu :
–    Supercomputers
–    Mainframe computers
–    Midrange computers
–    Workstation computers
–    Microcomputers
–    Computing appliances

Sekian dulu beberapa penjelasan singkat dari ane mengenai Computer Hardware, semoga informasinya bermanfaat ye \m/_


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php