earliens

Mineral Pilihan Perak

Posted: February 27th 2019

Perak adalah logam transisi lunak berwarna putih, dan mengkilap. Perak dalam unsur kimia memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Perak berasal secara alami, dan dari biji-biji argentite (Ag2S) dan horn silver (AgCl).

Potensi dari perak adalah perak termasuk dalam logam mulia karena tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Logam mulia sangat sukar bereaksi dengan asam. Semua logam mulia merupakan anggota dari logam transisi.

Perak tersebar luas di alam, tetapi jumlah totalnya kecil, jika dibandingkan dengan logam lain. Jumlah perak 0,05 bagian per juta dari kerak bumi. Persebaran perak di Indonesia yaitu, Nusa Tenggara Barat, Papua, Tasikmalaya, Bengkulu, dan Riau.

Manfaat dari perak, yaitu:

  1. Perhiasan
  2. Investasi
  3. Ornament dan hiasan
  4. Penghantar listrik
  5. Mata busi
  6. Bahan baku pembuat medali
  7. Bahan baku pembuat koin
  8. Antimikroba
  9. Pecegah iritasi, dan infeksi
  10. Penangkal radikal bebas

Permasalahan pada pengelolaan perak adalah terjadinya cemaran lingkungan hasil dari penggunaan bahan kimia untuk pemisahan perak serta penetralan bahan kimia yang digunakan. Pada pemisahan perak dari batuan atau tanah sering kali digunakan bahan kimia dengan cara dilarutkan. Bahan kimia yang digunakan, seperti asam klorida, asam nitrat, natrium nitrat, dan sodium karbonat. Selain penggunaan bahan kimia pada pemisahan perak dengan batu, pasir, dan tanah, bahan kimia seperti mercury (Hg) digunakan untuk menetralkan bahan kimia yang sudah digunakan dalam pemisahan perak.



2 responses to “Mineral Pilihan Perak”

  1. Angela Mericy says:

    Bagus, memberi informasi yang cukup dan mudah diterima

  2. Ikha says:

    Bagus, menarik dan pemilihan kata yang baik sehingga mudah di pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php