dimaspambudi

Between Us and “Chimp”

Posted: September 2nd 2015

Between Us and “Chimp”

Human - Chimp "How Close Are We?"

Human – Chimp “How Close Are We?”

“Simpanse merupakan kerabat terdekat manusia”

Begitulah pernyataan terkini terkait kekerabatan antara manusia, orang utan dan simpanse. John Grehan dari Buffalo Museum of Science di New York dan Jeffrey Schwartz dari Universitas Pittsburgh  mengatakan bahwa bukti molekuler DNA yang disebutkan oleh ilmuan selama ini sedang melihat pada prosentase kecil pada genom manusia dan simpanse.

Mengaitkan hubungan kekerabatan atau “kinship” antara manusia dengan primata lain termasuk monyet, gorilla, simpanse, orang utan dan kera merupakan subjek penelitian yang menarik banyak perhatian ilmuan. Bukan hanya kecerdesannya yang hampir mirip dengan manusia, namun juga bukti sejarah yang membuktikan bahwa setidaknya manusia dan jenis – jenis primata ini pernah berada pada percabangan pohon filogeni yang sama pada masa silam. Sejumlah ilmuan dan peneliti melakukan riset dan pengamatannya masing – masing, hasilnya pun tidak selalu sepaham dan menghasilkan perdebatan yang hangat. Dalam tulisan ini, akan diutarakan berbagai pendapat yang mendukung teori dan bukti bahwa manusia lebih berkerabat dengan simpanse.

Semenjak kemajuan teknologi di bidang molekuler, ilmuan dapat menggunakan bantuan rekayasa teknologi tersebut untuk membantu memecahkan misteri ini hingga skala mikro dan genetik. Alhasil, ilmuan pro-simpanse berdasarkan atas penelitiannya secara molekuler menyatakan bahwa manusia lebih berkerabat dengan simpanse. Manusia dan simpanse mempunyai prosentase kesamaan genome sekitar sebesar 96%. Pada kenyataannya, semua bentuk kehidupan di bumi berbagi kesamaan genome sebesar 50%.

 

Genetic Blueprints

Untuk memetakan genome simpanse, peneliti menggunakan DNA dari darah simpanse jantan (Pan troglodytes) bernama Clint, yang hidup di Yerkes National Primate Research Center di Atlanta. Perbandingan antara genetic Clint dengan manusia menunjukkan bahwa simpanse memiliki 96% kesamaan genome dengan manusia. Peneliti juga menemukan bahwa beberapa kelas gen secara tidak biasa berubah secara cepat baik pada manusia dan simpanse dibanding dengan mamalia lainnya. Kelas gen ini termasuk yang berkaitan dengan efek pendengaran, transmisi sinyal syaraf dan reproduksi sperma. Meskipun adanya persamaan genom yang besar ini, ilmuan masih menemkukan adanya 40 juta perbedaan pada 3 milyar molekul DNA atau nukleotida pada tiap genom.

Kebanyakan perbedaan genom tersebut secara biologis tidak signifikan, namun peneliti juga menemukan bahwa beberapa ribu perbedaan susunan gen berpotensi penting dalam proses penurunan keturunan dan evolusi. Dengan kata lain, dengan mengetahui sekuens genom simpanse dan manusia secara lengkap dapat menguak misteri kekerabatan antara manusia dengan jenis primate yang ada di bumi.

800px-Humanchimpchromosomes

Human and Chimps Chromosomes Comparison

 

Mutasi

Manusia dan simpanse berasal dari organisme nenek moyang yang sama dan mulai terpisah atau bercabang sekitar enam juta tahun yang lalu. Atas dasar ini, bahwa percabangan antara manusia dan simpanse dalam pohon filogeni tergolong pendek kemungkinan mutasi bertanggung jawab atas perbedaan antar dua spesies ini. Pernyataan ini dijelaskan oleh Hsiung Li, molekuler evolusionis dari Universitas Chicago.

Ada beberapa hipotesis yang membahas evolusi sifat dan karakteristik manusia. Li percaya bahwa beberapa karakteristik ini datang dari perubahan pada bagian genom yang meregulasi aktifitas gen tertentu. Para ilmuan percaya bahwa masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tetapi wawasan baru dari genom simpanse ini memberikan petunjuk penting untuk memahami apa sebenarnya yang membuat kita manusia “what makes us human”.


3 responses to “Between Us and “Chimp””

  1. Sebuah tulisan yang cukup informatif, penggunaan teknologi molekuler ini mengkonfirmasi kekerabatan manusia dengan simpanse, meskipun begitu masih terdapat pro kontra mengenai hal ini

  2. Ranti says:

    Sering saya dengar tentang kemiripan manusia dengan simpanse. Tapi untuk 50% kesamaan dgn semua bentuk kehidupan baru saya ketahui. setidaknya ada 50% genom manusia sama dengan seekor semut?

  3. clararequinta says:

    informasi yang sangat menarik sekali, dari informasi diatas sudah sangat jelas bila manusia dan simpanse memiliki kekerabatan yang dekat yairi 96% so.. sayangain dia, berarti menyangain diri kita sendiri dgn itu bisa ikut membantu melestarikannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php