48Fam ~ Dharmanto

Pertemuan 13 PTI : Ethics, Impact and Security

Posted: December 8th 2012

langsung aja gan IT Ethical Issues Etika : : kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan yang tidak Code Etik– prinsip yg menuntun anggota dari organisasi Tipe Etika Privasi –  apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain Accuracy – Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data Property – Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya Accessibility – siapa yg bisa mengakses informasi Privacy Issues Privasi informasi – hak untuk menentukan apakah informasi pribadi bisa dibagikan ke orang lain Electronic surveillance – Penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah Penyimpanan informasi pribadi di db: Apa yg disimpan?  Bagaimana memastikan keakurasiannya?  Siapa yg akan memperoleh informasi tersebut?  Bagaimana informasi tsb akan digunakan? Banyak organisasi membuat dan menerapkan kebijakan terkait privasi Secara umum, perusahaan seharusnya :• Hanya mengumpulkan data yg diperoleh secara legal •Memastikan data akurat,lengkap dan tepat … Read more


Pertemuan 12 PTI : Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

Malam semua >< ntah napa ane klo ngeblog sukanya malam2 >< mungkin karna hawanya dingin *padahal panas dan gerah* dan inspirasi masuk terus hahahahay…. >< pada malam ini ane akan bahas materi pertemuan ke-12 tentang  “Data, Pengetahuan, dan Sistem Pendukung Keputusan” langsung di cek aja kalo gitu gan/sis… >< Pertama-tama Apa yang dilakukan oleh MANAGER?? Manajer ya ngelakuin apa yang dia suka *Peace* >< Manajer ===> Mengambil sebuah keputusan Peran Interpersonal: tokoh, pemimpin, penghubung Peran Informational: pengawas(mengawasi), penyebar, juru bicara Peran Putusan: pengusaha, me-handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator ———- >< ———- Mengapa Manajer Perlu Dukungan IT ??? Volume informasi yang tersedia/diterima sangat banyak Pengolahan informasi secara Manual dengan cepat semakin sulit dilakukan Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas meneliti berbagai alternatif sangat cepat memberikan analisis risiko secara sistematik Di mana kita mendapatkan data yang kita butuhkan??   Data Sources Internal Data Personal Data External Data Data Collection Methods Manually By instruments and sensors Scanning or electronic … Read more


Pertemuan 11 PTI : Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 23rd 2012

Malam semua……Hujan-hujan gini enaknya tidur ngeblog  ditemani segelas kopi panas >< pada kali ini ane akan bahas materi pertemuan ke-11, tentang Wireless… selamat membaca ^^ Itsumo Kansha Wireless Technologies Sebuah perangkat nirkabel berukuran kecil yang portabel dan mampu melakukan tugas-tugas produktif dan dapat terhubung ke internet dan perangkat lain secara nirkabel Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.  Microbrowsers Internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel. Pager   Sebuah perangkat pesan nirkabel satu arah dan hanya dapat berkirim/menerima pesan saja. Wireless Transmission Media Microwave transmission systems banyak digunakan untuk data bervolume tinggi, komunikasi jarak jauh, komunikasi point-to-point. Point-to-point memiliki 2 karakteristik: Pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain.(berada dalam 1 garis pandang) *masalahnya bumi kita bundar, jadi tidak … Read more


Pertemuan 10 PTI : Electronic Commerce

Posted: November 19th 2012

selamat malam semua >< pada kesempatan kali ini ane akan bahas materi pertemuan ke-10 tentang E-Commerce langsung disimak saja gan >< E-Commerce (EC) History and Scope sejarahnya dari tahun 1970-an dan hanya terbatas pada perusahaan-perusahaan besar pada saat itu, tapi semua berubah ketika negara api menyerang kini semua yg berubungan dengan jual-beli(transaksi) dapat dilakukan secara online. sampai hari ini ruang lingkup E-Commercemeliputi : pengiklanan rumah perbankan berbelanja di toko-toko elektronik dan mall membeli saham mencari pekerjaan melakukan lelang berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia menyediakan layanan untuk pelanggan EC Definitions & Concepts Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet EC didefinisikan secara perspektif : Communications Business process Service Online Collaborations Community Tradisional commerce: semua dimensi yang berhubungan dengan transaksi berupa fisik Brick-and-mortar organizations Old-economy organizations (perusahaan) Melakukan semua bisnis secara off-line Menjual produk fisik dengan cara agen … Read more


Pertemuan 9 PTI : Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Posted: November 11th 2012

Barusan pulang dari LDPKM langsung nge-Blog >< ternyata ldpkm itu menyenangkan wkwkwkwkwkwkw tapi ngantuk banget langsung aja deh kalo gitu ……. pada pertemuan ke-9 kemarin ane dapat materi  Functional, Enterprise, & Interorganizational Systems…. berikut materi yang diberikan…  Douzo !! Functional Information Systems Karakteristik: Terdiri dari beberapa sistem informasi kecil yang difokuskan pada kegiatan-kegiatan tertentu Spesifikasi IS : independen, atau terintegrasi untuk membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren juga, dapat diintegrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yang luas (lintas departemen) Saling berinteraksi satu sama lain untuk membentuk sistem informasi organisasi yang luas Berinteraksi dengan lingkungan Manajemen Sistem InformasiMenyediakan informasi rutin kepada para manajer di bidang fungsional Enterprise Transaction Processing Systems TRANSACTION wa nani?? Setiap kegiatan bisnis yang terjadi selama operasi bisnis kegiatan berbisnis (transaksi) dapat memicu yerjadinya kegiatan bisnis lainnya Setiap kegiatan (transaksi) dapat dijelaskan oleh sejumlah item data Transaction Processing Systems (TPS) yang dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap … Read more


Pertemuan 8 PTI : INTERNET, INTRANETS AND EXTRANETS

Posted: November 3rd 2012

Malam Semuanya >_< kali ini ane mau bahas materi PTI pertemuan ke-8 *sesuai judulnya* hahaha ^^ INTERNET !! siapa yang belum pernah pegang internet ?? pastinya sudah donk *kalo bisa buka blog ane ini, sudah pasti kenal internet* haha >< langsung saja ke materinya …. Douzo !!  INTERNET Internet adalah jaringan terbesar yang ada didunia ini Pertukaran informasi dengan menggunakan non-proprietary standards dan protocol dalam jaringan interkoneksi Semangat berbagi berbagai informasi antara satu dengan yang lainnya Layanan yang kita dapat dari Internet : E-mail Web File Transfer Chat Message Board Instant Messaging Bagaimana internet tumbuh? Hari ini Lebih dari 150 juta host nodes Tahun 1.984 Lebih dari 1.000 host nodes Tahun 1.969 Empat host nodes Internet saat ini Internet digunakan oleh semua orang disemua benua Jaringan besar yang menghubungkan organisasi, lembaga pemerintah, bisnis diseluruh dunia dengan cepat dan murah Sebagian besar situs dalam bahasa Inggris Sebagian besar konten yang dihasilkan di Amerika Serikat Infrastruktur Internet Perusahaan … Read more


Pertemuan 7 PTI : Telecommunications and Networks

Posted: October 28th 2012

Yey UTS dah selesai *kanpai~!!* ♪♪Gomenne SAMAA ~~♫♩♪♬♫ sekarang ane akan bahas materi pada pertemuan ke-7 kemaren…. douzo~ ~~ ^_^ What are computer communications??? Proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat mentransfer data, instruksi, dan informasi. Telecommunications System  Perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain Komponen meliputi: Hardware Media Networks Software Data communication providers Protocols Applications Telecommunication Signals 1. Analog Signals Gelombang yang Kontinu, Informasi yang disampaikan dengan mengubah karakteristik gelombang (amplitudo dan frekuensi) 2. Digital Signals Gelombang yang tidak kontinu dan berbentuk diskret. berbentuk bilangan biner, Sehingga mudah dipahami computer Hardware: Communication Processors 1. Modem Perangkat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan adanya transmisi sinyal melalui sistem telepon 2. Multiplex Perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal 3. Front-end Processor komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi Wire-based Communication Channels ◊  Twisted-pair wire (kabel telepon) lebih murah dan mudah … Read more


Pertemuan 6 PTI : Managing Data and Information

Posted: October 5th 2012

Ih waw, besok senin dah mulai UTS   (><)a Semoga materi yang bakal ane sampein ini bermanfaat dan bisa jadi bekal besok ^^ #Ganbatte!! Pertama-tama ane mulai dari  Hirarki Data Basis data mengandung file, file mengandung  records, record mengandung fields, field mengandung characters. Jadi Character merupakan partikel terkecil dari sebuah data. ^^ Field dibentuk dari kumpulan beberapa karakter yang membentuk suatu kata atau nomor. Field size : jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuah field Field name : sifatnya unik, sebagai identifikasi dari setiap field Data type : jenis spesifik dari data yg ditampung  Record merupakan grup logis kumpulan dari beberapa field yang sama. File merupakan grup logis kumpulan dari beberapa record yang sama. Database merupakan grup logis kumpulan beberapa file yang sama. Terminologi dari manajemen data Entity orang, tempat, benda, atau kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola. Records menjabarkan entity. Attribute Karakteristik atau kualitas yang mendiskripsikan entitas tertentu. Fields menjelaskan attributes. … Read more


Pertemuan 5 PTI : Software

Posted: September 28th 2012

yoossshhhaaa ikuzo !!   nah, apa itu Software ?? Software  adalah kumpulan instruksi  yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi kepada hardware, mengatur fungsi hardware, dan menjalankan sistem.  Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi  komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Software akan selalu berkembang terus menerus, perkembangan software terpengaruh oleh perkembangan hardware dan kebutuhan lingkungan bisnis. Misalnya “Game” dulu game sangat sederhana, setelah hardware semakin canggih, game sekarang menjadi sangat detail dan sangat kompleks. Didalam software yang paling penting untuk diperhatikan adalah dalam segi perawatannya (maintenance), karena sifat software yang rapuh dengan berbagai maslah “bugs” atau error. Beberapa istilah dasar : Debugging :: untuk memeriksa/mencari kesalahan (error), melakukan debugging sangat mahal dan membuang waktu. :membosankan:  System Software :: sebuah intruksi yang menghendel resources hardware. Application Software :: intruksi untuk memilih tujuan tertentu. Computer programs :: urutan instruksi untuk komputer. Stored program concept :: instruksi … Read more


Pertemuan 4 PTI : Computer Hardware

Posted: September 23rd 2012

Genki desuka?, kali ini saya akan bahas materi yang saya dapatkan di minggu ke-4 PTI…… bisa dibilang materi ala kadarnya, cz ane duduk dibelakang (gg kliatan + kurang jelas) :peace Computer Hardware atau Perangkat Keras Komputer adalah bagian/ tubuh dari sebuah komputer yang nyata, dapat dipegang, dilihat, diraba tapi tidak diterawang. >< Hardware mempunyai beberapa komponen utama, yaitu : CPU (Central Processing Unit) / Sistem Unit Memory (primary and secondary storage) Input Device Output Device. Dua komponen utama pada Motherboard Central Processing Unit (CPU) Disebut juga prosesor Melaksanakan instruksi dari user tentang apa yang harus dilakukan komputer. Memory menjadi tempat sementara untuk data dan intruksi Komponen dari Central Processing Unit (CPU) Processor Memory Adapter cards Sound card Modem card Video card Network card Ports Drive bays Power supply What is the motherboard? Adalah sebuah Papan Sirkuit utama pada sistem unit. Berisi kartu adapter, chip prosesor, dan chip memori Juga disebut board sistem Sebuah … Read more



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php