DEWI KARMILA

Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Posted: December 12th 2012

Tugas manager adalah Membuat keputusan untuk mencapai tujuan, manager sangat membutuhkan dukungan dari TI karena, jumlah informasi yang tersedia sangat banyak, pengelolaan informasi secara manual sangatlah sulit, dan komputerisasi membantu mengelola hal yang kompleks.

  1. Manajemen dan penyimpanan data

Data disimpan pada basis data, data warehouse, data mart . permasalan yang sering ada dalam manajemen data adalah : Volume data terus meningkat, banyak metode dan alat mengumpulkan data, data mentah terletak di banyak tempat, hanya sebagian data yg dibutuhkan, lebih banyak data eksternal, requirements yg berbeda beda terkait data, Kesulitan memilih data management tools, Keamanan, kualitas, dan integritas data. Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis. DSS adalah Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat

2. Enterprise Decision Support

Executive information systems yaitu untuk memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif, akses data yang cepat dibutuhkan oleh executive, user interfase yang mudah dipahami, berbasis tampilan grafik. Kemampuan dari EIS yaitu drill down, analisa stren, analisa ad hoc, dll. Group Dicision support system, yaitu Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan.

3. Stored data

Analytical Processing – kegiatan menganalisa data yg sudah terakumulasi.

4. Online analytical processing (OLAP)

Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets

5. Visualisasi data

 

Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php