DEWI KARMILA

INTERNET, INTRANET, DAN EKSTRANET

Posted: November 12th 2012

A. Internet

adalah jaringan terbesar didunia, yaitu pertukaran informasi yang menggunakan standar dan protokol yang saling terhubung dengan jaringan. dengan adanya internet dalam sebuah forum yang demokratif makan ada dukungan untuk saling berbagi informasi. misalnya saja penelitian dosen/mahasiswa bisa saling diakses. layanan pada internet diantaranya : email, web, file transfer, chat, message board dan game online. sejarah internet tumbuh mulai tahun 1969 sampai saat ini. penggunaan internet sendiri pada saat ini sudah mencapi seluruh benua, baik dalam usaha, organisasi, lembaga pemerintah, dan sekolah-sekolah diseluruh dunia. sebagian besar situs diinternet menggunakan bahasa inggris hal ini disebabkan kebanyakan konten-konten di internet dihasilka oleh Amerika Serikat.

fiture internet, yaitu :

1. internet2, yaitu  kolaborasi antara lebih dari 180 universitas AS untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi canggih untuk proses pembelajaran dan penelitian

2. NGI, yaitu memajukan teknologi internet dan aplikasi

cara kerja internet, yaitu suatu informasi dalam bentuk paket data dikirim melalui protokol. yakni IP dan TCP

cara kerja internet, yaitu suatu informasi dalam bentuk paket data dikirim melalui protokol. yakni IP dan TCP. Internet adalah suatu paket-switching  jaringan. Saat packet data dikirim, peket tersebut pecah-pecah  dan dkumpulkan kembali setelah berada didalam pesan mesin penerima. Masing- masing komputer yang terhubung dengan internet memiliki suatu alamat IP. Akses internet itu hubungan antara via LAN server, via garis serial internet protokol/poin protokol (SLIP/PPP).

Internet servis-komunikasi itu ada : email, usernet, chatting, ftp, gophers, veronica, archie, telnet,dll. Tantangan dari internet adalah tekhnologi baru, internet peraturan, perluasan internet.

B. intranet

Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu sistem organisasi. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet. selain itu Intranet juga dapat di artikan sebagai Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

c. extranet

merupakan Penerapan teknologi internet dalam ruang lingkup beberapa perusahaan yang merupakan mitra satu sama lain, dengan kata lain Menghubungkan ke perusahaan partner dan supplier membutuhkan biaya yang tinggi dan tingkat kesulitan yang tinggi pula. Selain itu, dibutuhkan sering terjadi masalah dengan kompatibilitas device yang digunakan tiap perusahaan. Extranet VPN menghubungkan pelanggan, supplier dan partner melalui jaringan telekomunikasi publik dengan menggunakan saluran khusus. Pelayanan yang disediakan sama dengan pelayanan jika menggunakan jaringan pribadi, sehingga pengguna seperti menggunakan intranet dari perusahaan tersebut. Extranet menggunakan arsitektur dan protokol yang sama dengan yang digunakan pada Access VPN dan Intranet VPN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php