DEWI KARMILA

MENGELOLA DATA DAN INFORMASI ORGANISASI

Posted: October 30th 2012

Pada minggu keenem ini pak sigit menjelaskan tentang mengelola data dan informasi organisasi.1

1. Dasar dari penyusunan dan akses data

Terdiri dari hirarki data dimana hirarki data adalah basis data yang mengandung file, file mengandung records, record mengandung fields, field mengandung caracter. Field adalah kombinasi dari satu atau lebih karakter.

2. Terminologi dari manajemen data

Entitiy, yaitu orang tempat, benda, atau kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola. Atribute, yaitu karakteristik atau kualitas yang mendeskripsikan entititas tertentu.

3. Menempatkan data pada database

Dalam penempatan data pada database ada dua pilihan, yakni contralized dan distributed. Pilihan akan barpengaruh pada user accessbility, query response time, data entry, scurity, dan biaya. Pengembangan database : pertama : Kembangkan Conceptual design – model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis. Kedua : organisasikan dengan Entity-Relationship (ER) modeling, yaitu proses prencanaan desain basis data. Ketiga : analisa struktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi.

Database management system yaitu, software program yang menyediakan akses ke database, dimana data disimpan pada suatu lokasi, dapat di ambil atau diupdate

4. DBMS : Logical vs Physical view

Logical view menampilkan data dengan format yang dipahami user, sedangkan physical view berkaitan dengan physical arrangement dan lokasi pada data. Sedangkan DBMSs melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical location dari data; user hanya cukup mengetahui bagaimana data diorganisasikan secara logika.

5.Logical data models

Relational model umum pada lingkungan PC karna mudah dipelajari, menyediakan high flexibility dan kemudahan untuk digunakan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php