DEWI KARMILA

INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Posted: October 30th 2012

Computer communication adalah proses dua komputer yang saling mentransfer data, memberi intruksi dan informasi. system telekomunikasi adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang saling mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. komponenya meliputi : perangkat keras, media, jaringan, perangkat lunak, data komunikasi provaider, protocol dan aplikasi.

telekomunikasi signal, dibagi atas :

1. signal analog, yaitu gelombang kontinyu dmana suatu informasi disampaikan oleperubahan gelombang (amplitudo dan frekuensi)

2. signal digital, yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk binarry  dan mudah dpahami oleh komputer

Komponen komunikasi dalam jaringan :

1. Perangkat keras komputer, yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan adalah :

a. modem, yaitu perangkat yang mengubah signal analog ke digital atau sebaliknya kemungkinan transmisi signal melalui sistem telepon.

b. multipex, yaitu perangkat yang mentransmisikan beberapa signal melalui media tunggal

c. front-end processor, yaitu komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi

Kabel/kawat yan berbasis saluran komunikasi, diantaranya :

a. Kabel coaxcial, kelebihannya membawa data lebih bnyak dan terlindung dari gangguan. sedangkan kekurangannya, lebih mahal, pekerjaannya lebih sulit dan rumit, keamananya rendah

b. Kabel fiber optik, mengirimkan  informasi sebagai gelombang cahaya sehingga lebih cepat, kapasitas tinggi, aman dan tidak terganggu namun dalam mengerjakan/pemasangan sulit,

c. Microwave, kapasitas tinggi, membutuhkan garis menara transmisi pandangan dan terganggu dengan lingkungan atu tidak boleh ada penghalang.

d. Satellite, kapasitasnya tinggi, jangkauan areanya lebih luas namun sangat mahal dan memerlukan enkripsi untuk keamanan.

e. Radio, cocok untuk komunikasi jarak pendek , murah, mudah untuk menginstal, kecepatan tinggi namun tidak aman sering terjadi gangguan.

 jaringan adalah alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. jaringan yang ada disekitar kita itu adalah :

a. Lan (local area network), yaitu sebuah jaringan yang mencakup jarak  geografis yang relatif kecil. misalnya dirumah ataupun dperkantoran. biasanya menggunakan topologi star, bus, hirarki, ring, dan hibrid. menggunakan kartu jaringan dan kebel untuk menghubungkan. selain itu juga diperlukan geteway, yaitu prosesor komunikasi yang menghubungkan jarinagn yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain. selain itu bridge yaitu menghubungkan dua jenis jaringan yang sama. router yaitu penghubung antara suatu jaringan.

b. Wan (wide area network), yaitu jaringn yang mencakup jarak geografis yang luas, data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php