Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

Elektronik Commerce

Posted: November 25th 2012

Elektronik Commerce atau biasa disingkat EC merupakan proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melali jaringan komputer, terutama internet. Defenisi dari EC tersebut diambil dari beberapa sudut pandang, yakni: komunikasi, proses bisnis, layanan, kolaborasi, online, dan komunitas. Pada umumnya, Elektronik Commerce terbagi menjadi 3 konsep bagian. Yang pertama adalah Traditional Commerce yakni semua dimensi terkait fisik, adapun bisnisnya dijalankan secara offline, sedangkan yang kedua adalah Pure EC yang semua dimensinya digital, barang dan jasa terjadi dalam dunia online saja. Yang terakhir adalah Partial EC yang merupakan perpaduan dimensi digital dan fisik, artinya secara fisik bisnis ini memiliki toko sendiri namun bisnis ini juga mengembangkan sayapnya ke dunia maya.

Dewasa ini kita juga mengenal istilah E-Business yang definisinya adalah perluasan dari definisi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa saja, melainkan juga meliputi layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan. Tipe dari EC sangatlah banyak, meliputi: Bussiness to Business (B2B) yang dilakukan tidak harus sesama penjual, Collaborative Commerce (C-Commerce), Business to Consumer EC (B2C), Consumer to Consumer (C2C), Intrabusinees Commerce, Goverment to Citizen and others, Mobile Commerce (m-commerce).

Aplikasi dari EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas: people, public policy, technica standart and protocol, business partners, dan yang terakhir adalah support service. Salah satu contohnya adalah Raffles Hotel di Singapura yang memiliki permasalahan berikut: kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan untuk menarik konsumen dan kemampuannya untuk mengendalikan pengeluaran. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, solusi yang digunakan oleh pihak Raffles Hotel adalah Business to Consumer dan mengelola public portal (raffles.com). Solusi tersebut meliputi informasi mengenai hotel, sistem reservasi, link ke travel resources, toko online untuk produk raffles, dan program Costumer Relationship Management (CRM).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php