Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: November 4th 2012

Pada dasarnya komputer komunikasi dapat kita defenisikan sebagai proses dimana dua atau lebih komputer ataupun devices seperti laptop, tablet, smartphone dan lain-lain yang saling mentransfer data, instruksi, dan informasi. Adapun hardware dan software yang kita gunakan untuk mentrasfer/mengirim informasi dari satu lokasi ke tempat lain kita sebut sebagai defenisi dari sistem telekomunikasi. Komponennya adalah hardware media, networks, software, data communication providers, protocols, dan application.

Berbeda dengan sistem telekomunikasi, sistem komunikasi adalah beberapa hardware yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Beberapa contoh hardware yang kerap kali kita gunakan pada kehidupan sehari-hari adalah modem, multiples, front-end-processor, dll. Modem adalah perangkat yg mengkonversi sinyal analog yang berupa gelombang kontinu ke sinyal digital yang umumnya bersifat diskrit dan mudah dipahami oleh komputer. Multiples adalah perangkat yang mengkonversi multisignal menjadi single signal. Sedangkan front-end-processor adalah komputer khusus yang mengelola tugas managing komunikasi.

Beberapa contoh layanan telekomunikasi dari provider adalah switched lines, dedicated lines, wide area telecomm service (WATS), integrad service digital network (ISDN), digital subsriber lines (DSL), dan timnet-streamix. Kita juga mengenal LAN (local area network) dan WAN (wide area network) dalam kehidupan kita sehari-hari. LAN dan WAN adalah jaringan yang merupakan hasil kolaborasi devices, media, dan software yang memudahkan kita untuk mengerjakan banyak hal. Itu lah sebabnya mengapa kita sebagai anak IT harus lebih mendalami bidang kita khususnya di dalam bab jaringan dan komunikasi yang tentunya sangat menguntungkan kita sebagai mahasiswa/i.

 

Terimakasih 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php