Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

SOFTWARE COMPUTER

Posted: September 30th 2012

Dewasa ini, terjadinya Software Crisis disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah adanya persaingan dengan lingkungan bisnis yang dinamik, mengimbangi perkembangan pesat perangkat keras, peningkatan kompleksitas yang mengarah pada “bugs” serta tesnya yang menghabiskan waktu dan biaya yang sangat mahal. Selain mengembangkan aplikasi baru, software yang sudah ada juga harus dipelihara. Software itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni Sistem Software dan Aplikasi Software.
Sistem Software adalah intruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras (hardware). Sistem software adalah perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung aktivitasi dari sistem komputer, mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian, debugging, serta independen dari semua jenis aplikasi. Sistem software terbagi pula menjadi dua bagian, yang pertama adalah sistem control programs yaitu mengontrol semua sumber daya sistem, baik itu hardware, software, maupun data. Contohnya adalah sistem operasi “Enterprise OS” yang mendukung ribuan concurrentusers. Sedangkan yang kedua adalah sistem support programs yang mendukung operasi, manajemen, dan pengguna dari sistem komputer. Contohnya adalah sistem utilities, memonitor performa, memonitor keamanan, dll.
Aplikasi software adalah intruksi yang menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Tipe dari software aplikasi adalah proprietory application software yang mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik dan off-the-shelf- application software yang merupakan vendor mengembangkan program untuk dijual kebanyak perusahaan. Adanya bahasa pemograman menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan intruksi pada komputer. Bahasa-bahasa pemograman tersebut sangatlah banyak. Misalnya bahasa mesin, bahasa assembly, bahasa procedural, bahasa nonprocedural, dan bahasa natural programming. Enterprise Software adalah permasalahan yang dihadapi oleh banyak organisasi. Untuk itu, perusahaan mencari solusi perangkat lunak enterprise yang luas untuk menyediakan sistem organisasi yang terintergrasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php