Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

COMPUTER HARDWARE

Posted: September 23rd 2012

Dewasa ini komputer bukan lah menjadi golongan “barang mewah” dalam aspek kehidupan manusia. Melainkan lebih tepatnya menjadi barang yang dimiliki oleh  banyak kalangan. Bahkan tak jarang  anak berumur di bawah 5 tahun sudah mengerti menggunakan komputer. Pembelajaran kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen utama perangkat keras dari sistem komputer, menjelaskan desain & fungsi CPU, mendiskusikan hubungan antara desain dari komponen mikroprosesor dengan performa, serta menjelaskan enterprise storage dan berbagai tipenya.

Komponen perangkat keras dari sistem informasi:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • Memory (Primary and secondary storage)
  • Input & Output devices

CPU menjalankan intruki yang memberitahunya bagaimana komputer bertindak. Ibarat jantung komputer. Berikut adalah komponen dari CPU:

  1. Processor
  2. Memory
  3. Ports
  4. Drive Bays
  5. Power Supply ( Daya komputer)
  6. Adapter Cards: sound card, modem card, video card, network card

Mother Board yakni papan sirkuit utama di dalam unit sistem, terdiri dari adapter card, processor chips, dan memory chips.

Microproccesor  adalah unit yang mengeksekusi intruksi untuk mrnjalankan tugas pengolahan. Komponennya yakni:

  • control unit : mengakses intruksi program, menafsirkan (decode) intruksi, mengontrol aliran data di sistem, jalur aliran data yang disebut buses.
  • Arithmetic-logic: melakukan proses komputasi/komurasi data
  • Registers: area penyimpanan berkecepatan tinggi yang menyimpan data selama sedang di encode dan menyimpan lokasi dimana intruksi dijemput

Main memory yakni komponen elektronik yang menyimpan intruksi, data, dan hasil. Setiap byte disimpan di lokasi yang unik yang disebut address.

Tipe-tipe Primary Storage adalag register, Random Access Memory (RAM), Cache Memory, dan Read-only Memory (ROM). Sedangkan magnetic & optical storage merupakan contoh dari secondary memory yang umumnya lebih murah tetapi lebih lamat daripada primary storage.

Informasi yang terdapat di RAM bisa dibaca dan ditulis processor. Semakin banyak RAM, respon komputer akan semakin cepat. Selain RAM, terdapat juga ROM yaitu unit yang menyimpan data/intruksi yang sifatnya permanen. Tipe dari ROM adalah Fimware, PROM, dan EEPROM.

Kinerja komputer diukur berdasarkan kinerja jumlah siklus machine insturction. Siklus Machine Instruction:

  1. Intruksi diambil dari primary storage oleh control unit (Fetch)
  2. Control Unit mendecode instruksi (decode)
  3. ALU menerima data dan intrukdi dan melakukan perhitungan dan perbandingan (Processor)
  4. Hasilnya disimpan primary storage (Store)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php