Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

TEKNOLOGI INFORMASI DI LINGKUNGAN BISNIS

Posted: September 14th 2012

Dibukanya program studi teknologi informasi di beberapa kampus di Yogyakarta beberapa tahun silam menjadi bukti awal bahwa teknologi informasi semakin ditingkatkan untuk masa depan. Perkembangan teknologi informasi diperkuat juga dengan dimasukkannya mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komputer) di kurikulum terpadu di sekolah.
Dalam beberapa kasus, IT adalah satu-satunya solusi untuk tekanan bisnis. Beberapa contoh tekanan tersebut adalah perubahan cara kerja yaitu dipermudah dengan menggunakan aplikasi mobile, adanya informasi yang berlebihan, kebijaksanaan dan keputusan pemerintah, kewajiban sosial dan masih banyak lagi. Dalam menyikapi berbagai tekanan tersebut lah kemampuan akan IT menjadi hal yang sangat perlu bagi banyak kalangan, terkhusus para pembisnis di dunia.
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai IT:
1. Apa yang dapat kita lakukan dengan menggunakan IT dan konsekuensi dari penggunaan nya sangat lah menarik.
2. Struktur organisasi, menejemen, dan bisnis sering sekali mengalami perubahan akibat IT.
3. Kesempatan berkarir dalam dunia IT sangat berlimpah-limpah.
4. IT mempengaruhi setiap bisnis fungsional.
Dalam dunia IT kita mengenal beberapa istilah yang sangat sering digunakan. Beberapa di antara nya adalah data, informasi, pengetahuan, kemampuan komputer, sistem, bahkan pengertian dari informasi teknologi itu sendiri.
• Data adalah kumpulan beberapa fakta yang tidak terorganisasi
• Informasi adalah gabungan dari banyak data yang terorganisasi dan mempunyai kesatuan arti.
• Pengetahuan adalah kumpulan informasi yang terorganisasi untuk menyampaikan pengertian, pengalaman, kemampuan akumulasi, atau keahlian.
• Sistem adalah kesatuan dari komponen-komponen yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan
• Sistem informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisa data serta menyampaikan informasi dengan tujuan yang spesifik.
• Informasi teknologi adalah sebuah komponen tertentu di sebuah komputer berbasis sistem informasi (Turban & Rainer, 2003) atau dapat juga di defenisikan secara luas yaitu kumpulan dari keseluruhan sistem di sebuah organisasi.

Tidak heran apabila sekarang ini kita dapat menemukan komputer dalam hampir setiap rumah di dunia. Menurut saya, komputer merupakan wadah untuk menggali kemampuan IT dan IS. Untuk itu kita harus mengetahui apa-apa saja yang menjadi dasar komponen sebuah komputer.
1. Input: hardware yang digunakan oleh pengguna untuk memasukkan intruksi, misalnya keyboard dan mouse komputer.
2. Process/system unit: boks seperti tempat penyimpanan yang mengandung komponen elektronik dan digunakan untuk memproses data.
3. Output: perangkat keras yang menyampaikan informasi pada pengguna. Contohnya adalah monitor, speaker, printer, dll.
4. Storage: menyimpan data, intruksi, dan informasi untuk pengguna di masa mendatang. Terbagi menjadi dua kategori, yakni: Storage Media (material fisik tempat dimana data, intruksi, dan informasi disimpan) dan Storage Device (mencatat dan mengambil items ke dan dari media penyimpanan).
5. Komunikasi/Jaringan Network: kumpulan dari beberapa komputer dan perlengkapan komunikasi yang saling terhubung.

Selain mengetahui mengenai hardware dari suatu komputer, kita juga perlu mengetahui mengenai software dari suatu komputer. Software komputer adalah program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya. Misalnya, operating system (OS) yang merupakan kumpulan program yang mengkoordinasi semua aktivitas dari perangkat keras komputer dan mengijinkan pengguna menjalankan perangkat lunak aplikasi.
Kesimpulan:

  •   Bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan
  •   Teknologi Informasi menyediakan provides ‘alat’ dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut
  •   Knowledge mengenai IT dan aplikasinya membantu para pebisnis dalam mengembangkan strategi bisnis

Sekian dan terima kasih 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php