Bukan Ilmu Semata Wayang

Sayangilah Satwa Burung Indonesia

Posted: September 5th 2014

Casuarius casuarius atau biasa di kenal dengan burung kasuari adalah salah satu jenis satwa burung yang dapat dijumpai di kawasan hutan Papua. Burung jenis ini hidup di lantai hutan untuk mencari makan maupun beraktifitas lainnya. Keberadaan satwa ini selalu menjadi incaran para pemburu untuk diambil telur, daging maupun bulunya sebagai pelengkap aksesoris pakaian adat. Tidak semua suku yang ada di Papua memanfaatkan burung sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani maupun sebagai pelengkap aseksoris pakaian adat. Burung kasuari merupakan salah satu jenis burung yang rentan kepunahan karena selalu diburu untuk diambil bagian-bagian tubuhnya. Hal ini dipercepat lagi dengan rusaknya habitat alami, sebagai dampak dari pembalakan liar, kebakaran hutan, bencana alam dan konversi hutan menjadi areal untuk pemanfaatan lain seperti perkebunan, pertambangan, transmigrasi dan pemukiman penduduk. Dengan melihat kenyataan ini maka perlu dilakukan upaya-upaya konservasi bagi kehidupan satwa yang ada didalamnya. Bentuk kegiatan konservasi yang dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan penangkaran, yaitu … Read more


Makan ayam, prihatin pakan ayam

Posted: May 21st 2014

Debby Rakhmawati Jerry Julian Paays Pagi ayam goreng, siang ayam geprek sampai malam ayam bakar.. setiap hari tiga kali sehari ayam dan ayam.. tapi apa pernah perhatikan pakan ayam ?? Kadang kita hanya tahu makan tanpa tahu proses sampai makanan itu ada dihadapan kita contohnya saja ayam. Tapi tahukah kamuuuu para peternak ayam lokal kadang kesulitan dengan pakan untuk mengisi perut-perut ayamnya sendiriii ? Waahhh kita harus prihatin nih! Menurut Iwantoro (2013) kendala utama yang sering dihadapi peternak dalam meningkatkan efesiensi dan produktivitas usaha adala masalah ketersediaan bibit dan berfluktuasinya harga bahan pakan, disamping maslah penyakit unggas terutama Avian Influenza (AI) dan ND. Ketersediannya pakan balik secara kuantitas dan kualitas yang baik dan dengan harga yang murah akan sangat dominan dalam mendorong perkembangan usaha unggas lokal. Sementara ketersedian bibit unggas lokal yang berkualitas dengan jumlah yang cukup jaga merupakan kendala utama bagi pengambangan dan peningkatan efesiensi usaha. Dari pemaparan Iwantoro … Read more


Hati-hati makan ayam mutasi!

Posted: May 21st 2014

Debby Rakhmawati Jerry Julian Paays koookk kokk kookkk… dan suatu pagi mbeeee mbeeeee mbeee Itu sedikit contoh mutasi suara ayam… hahahhaa tapi bohoong. Oke, kali ini kembali membahas ayam, tau ayam kan ? jelas tau doong yaah. Ayam jadi salah satu primadona sumber protein disamping harganya relatif murah rasa dari daging ayam ini heemmm nyummmyy lazizzz jadi ga sedikit orang yang menjadikan ayam sebagai makanan sehari hari. Tapiii hati-hati dengan ayam, pasalnya jenis aves ini mudah bermutasi. Ko BISA?? BErdasarkan hasil riset yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, 21 April 2014 menerangkan bahwa ada beberapa karakter fisik ayam ternak modern yang tidak dimiliki nenek moyang. Misalnya kulit ayam ternak modern berwarna kekuningan baru muncul dan meluas dalam 500 tahun terakhir. Sedangkan menurut Greger Larson seorang peneliti dari Durham University, Inggris mengatakan “Dalam perspektif evolusi, waktu selama itu seperti kedipan mata saja,”. Bukan cuma itu fakta … Read more


AYO! Kalahkan Qatar dengan makan Ayam

Posted: May 21st 2014

Debby Rakhmawati Jerry Julian Paays Berbicara soal ayam pasti kalian semua uda ga asing dengan hewan satu ini, dari kecil sampai dewasa ayam ini selalu menghiasi kehidupan baik di rumah sampai di jalan-jalan. Yaa memang saat ini sudah banyak mulai dari rumah makan sampai warung kecil menyediakan kudapan berbahan dasar ayam, bahkan frenchise ayam krispy sudah semakin menjamur. Tapi tahuka kamu berjamurnya ayam-ayam di negeri ini ternyata masih jauh dari ambang konsumsi ayam yang diharapkan.. Loh ko bisaaa ??? Yuk kita simak beberapa data statistic konsumsi ayam di negeri ini. Berdasarkan tabe di atas memang konsumsi daging ayam dan telur ayam ras meningkat dari tahun ke tahun tapi ternyata konsumsi daging ayam di Inonesia masih terbilang rendah. Dilansir dari livestocreview saat ini konsumsi daging ayam di Indonesi masih 7kg/kapita per tahun padahal seharusnya konsumsi daging ayam di Inonesia sudah mencapai 15kg/kapita per tahun. Wah wahh masih harus digandakan nih konsumsi … Read more


Warung buah lokal sudah GO Internasional

Posted: May 20th 2014

Persembahan Carolina Yulent Carlen – Debby Rakhmawati – Vincent Dean haloooww masih dengan tema buah-buahan nih, kalo sebelumnya kita uda bahas buah lokal Indonesia kali ini juga bakal dibahas tentang buah lokal! hahaha jangan bosen ulasan kali ini bakal bikin kalian ternganga-nganga :O sebenernya apa sih maksud buah lokal itu ?? singkatnya buah lokal adalah buah asli dari suatu daerah, bukan buah yang di”introduce” ke daerah tersebut intinya buah indigenous lah. Nah coba sebutin buah lokal Yogyakarta, ada yang tau ?? “ah gampang aja yah tinggal observasi ke pedagang buah sekitar jogja” lets goooooo… oke, kali ini saya, alen dan dean iseng iseng nih (bukan iseng sih ini tugas hihihi) kita observasi pedagang buah di jogja kebetulan dapet daerah yang deket-deket aja sekitar selokan mataram, pasti pada tau deh toko buahnya.. dari hasil observasi berikut ini buah “lokal” yang kita temuin… dari foto dia atas ada yang tau buah apa … Read more


“Tarap” Sedap yang lain lewat

Posted: May 20th 2014

Debby Rakhmawati Jerry Julian Paays Pernah dengar buah buah TARAP ? kalo belum yuk simak ulasan berikut ini, dijamin buat kalian penggila durian, cempedak, nangka pokonya yang termasuk famili Moraceae bakal terngiler ngilerrr dengan buah satu ini!! Menurut informasi dari Wikipedia buah ini kurang menyebar luas dan lebih dikenal di FIliphina bahkan di negara ini sudah ada budidayanya loh seperti di Mindoro, Mindanao, Basilan dan Sulu. Etzzz tapiii ternyata buah ini juga cukup di kenal di daerah Borneo bagian utara seperti Brunei, Sabah, Serawak, Thailand daaaan eng ing eeeng KALIMANTAN TIMUR!!! yuppp usut punya usut buah tarap diperkiarakan berasal dari utara Borneo karena di daerah tersebut ditemukan jenis liarnya. Buah tarap sendiri memiliki habitat daerah dekat pantai hingga ketinggian sekitar 1000 m dpl, pohon ini menyenangi tanah liat berpasir dan wilayah yang punya curah hujan cukup tinggi serta merata. Panen tarap sendiri didapati awal musim hujan anatara Agustus sampai Januari … Read more


Pedofilia

Posted: May 12th 2014

Apa yang kita tahu tentang molekuler? kajian molekuler yang berkembang mulai dari replikasi DNA, perbanyakan DNA sampai analisi penemuan penyakit. nah di jaman yang makin canggih ini teknologi molekuler juga makin berkembang dan penerapannya sudah makin luas mulai dari penyakit, deteksi foreksi di rumah sakit dan banyak sekali kelainan yang terdapat dalam makhluk hidup. dan saya mendapat informasi kelainan penyakit yaitu Pedofilia. BELUM reda kekagetan masyarakat dengan kejahatan pedofilia di Jakarta International School (JIS), masyarakat kini dikejutkan lagi dengan kejahatan sama yang terjadi di Sukabumi yang dilakukan oleh Emon. Korban Emon mencapai 110 orang dan kemungkinan besar masih bisa bertambah. Di tengah berita itu, Kompas (06/05/2014) melaporkan, seorang pedagang asongan buku dan poster, Sw (40) ditangkap warga di Terminal Bus Pariwisata Sunan Bonang Tuban Jatim pada Ahad (04/05/2014) terkait kasus kekerasan seksual pada sembilan anak. Perilaku homoseksual itu menjadi ancaman bagi negeri ini. Ia menyebar bak wabah penyakit. Menurut dr. … Read more


Uniknya Molekuler : Spesies Baru Kucing Liar

Posted: May 12th 2014

sudah kenalan dengan molekuler ? ato baru denger molekuler saat baca artikel ini aduuhhhh…. oke sini saya perkenlakan dengan molekuler. Menurut Yekti (2012) biologi molekuler merupakan ilmu yang mempelajari sistem hayati pada aras molekul termasuk di dalamanya interaksi dalam sel, DNA, RNA sampai sintesis protein. Sederhananya kajian molekuler ini mempelajari interaksi sampai fungsi yang mengatur makhluk hidup melalui molekul. Saat ini tentunya sudah banyak kajian mengenai molekuler yang berkembang mulai dari replikasi DNA, perbanyakan DNA sampai analisi penemuan penyakit. nah di jaman yang makin canggih ini teknologi molekuler juga makin berkembenga dan penerapannya sudah makin luas mulai dari forensik mayat, forensik pangan, upaya konservasi sampai penemuan spesies baru, untuk penemuan spesies bakal dibahas lebih lengkap nih, simak yah (: TARAAAAA!! selamat dunia hewan kalian punya teman baru.. perkenlakan namanya “kucing liar sspesies baru” maklum saja karena baru jadi belum ada namanya… Penemuan diawali oleh sebuah tim peneliti yang dipimpin Eduardo … Read more


Menjelajah molekuler…

Posted: September 18th 2013

Mari kita menjelajah dunia “kecil”…molekuler Molekuler dapat dikatakan sebagai bagian kecil penyusun makkhluk hidup, namun memiliki peran yang besar. Dewasa ini kajian tentang molekuler semakin berkembang. Salah satu lembaga yang menyajikan informasi mengenai database molekuler adalah NCBI, melalui NCBI ini kita dapat menjelajah lebih jauh mengenai database molekuler. NCBI National Center for Biotechnology Information NCBI adalah suatu organisasi yang dipegang oleh seorang ahli biologis bernama David Lipman, MD sebagai direktur. Organisasi ini membantu dalam memahami mekanisme molekuler yang mempengaruhi kesehatan manusia dan penyakit dengan tujuan : 1. Memelihara dan mengembangkan koordinat akses ke berbagai database dan perangkat lunak oleh komunitas medis dan ilmiah. 2. Untuk mengembangkan database, deposisi dan pertukaran data, dan tata nama biologi. 3. Mengembangkan perangkat lunak untuk menganalisis data genom, 4. Untuk melakukan penelitian pada masalah biomedis yang mendasar pada tingkat molekul dengan metode matematika dan biologi komputasi. David Lipman National Center for Biotechnology Information (NCBI) memiliki … Read more


Hello world!

Posted: September 12th 2013

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php