CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

IMPLEMENTING IT: ETHICS, IMPACTS, AND SECURITY

Posted: November 8th 2012

Didalam melakukan sesuatu, pasti ada aturannya, atau dapat kita katakan dalam melakukan sesuatu pasti ada etikanya. Nah lalu apa itu etika ? Etika adalah kumpulan filosofi atau pengetahuan tentang mana yang dianggap benar dan mana yang dianggap salah. Jika dalam prakteknya, sebuah organisasi atau kelompok pasti memiliki prinsip tentang mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, dan hal itu disebut Kode Etik. Lalu, apa saja masalah yang berhubungan dengan etika ? Yang pertama adalah Privacy, yaitu mengenai bolehkan informasti tersebut kita simpan dan kita bagikan. Yang kedua adalah Accuracy, yaitu mengenai apakah sumber informasi yang kita dapat terpercaya atau tidak. Yang ketiga adalah Property, yaitu mengenai hak cipta atau paten suatu informasi. Dan yang keempat adalah Accessibility, yaitu mengenai siapa saja yang berhak untuk mengakses informasi tersebut.

Dari situ, agar terhindar dari masalah yang berhubungan dengan privasi, sebuah organisasi harus melakukan beberapa hal seperti, hanya mengkoleksi data secara legal dan adil, yakin akan keakuratan, kelengkapan, dan up to date dari data tersebut, alasan yang jelas akan mengkoleksi data tersebut, memberi sistem keamanan pada datanya, dan dapat memverifikasi keakuratan datanya. Sedangkan agar dapat terhindar dari masalah yang berhubungan dengan properti, sebuah organisasi dapat memperhatikan beberapa hal seperti Patent (Hak eksklusif pada penemu suatu penemuan selama 20 tahun), Copyright (Hak cipta pada penemu akan karya yang dibuatnya/ditemukannya), Trade Secret (Karya Intelektual, sifatnya tertutup), dampak negatif dari membajak Software, dan cara tiap negara memproteksi properti intelektual. Lalu dampak IT pada organisasi adalah penghilangan beberapa divisi atau struktur rganisasi karena dapat digantikan oleh IT. Jika pada pekerjaan, IT akan mengganti beberapa pekerjaan yang dapa sebagian besar digantikan oleh IT sendiri dan IT juga nantinya akan membantu dalam penganbilan suatu keputusan. Dampaknya pada tiap individual manusia adalah kebutuhan akan individu yang memiliki talenta dibidang IT akan meningkat. Sedangkan pada aspek sosial tentunya IT membantu dalam berkomunikasi agar lebih mudah dan optimal.

Sekarang beralih ke masalah keamanan dari suatu informasi, masalah tersebut dapat kita bagi menjadi Unintentional threats (tidak disengaja, contohnya Human Error, Computer Failure, Bencana Alam) dan Intentional threats (disengaja, contohnya tindak kriminal (seperti lewat virus)). Untuk itu, suatu organisasi harus memproteksi data yang mereka punya seperti membuat backup datanya agar dapat merecovery jika ada yang hilang, memassang sistem keamanan seperti antivirus dan firewall, serta memverifikasi penggunaan datanya serta memproteksi datanya dari akses-akses yang tidak memiliki hak untuk mengakses data tersebut. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 6 November 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php