CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

ELECTRONIC COMMERCE

Posted: October 31st 2012

Electronic Commerce, berasal dari dua kata, yaitu Electronic yang artinya Elektronik dan Commerce yang artinya transaksi. Jika diartikan dari kata-katanya, Electronic Commerce berarti transaksi yang berbasis elektronik atau dalam hal ini adalah transaksi yang dilakukan berbasis internet. Tetapi, definisi dari Electronic Commerce secara lengkap adalah proses membeli, menjual, atau saling menukar produk, layanan, dan informasi via internet atau computer network. Jika dilihat dari sejarahnya, Electronic Commerce lahir sekitar tahun 1970an dimana internet masih belum digunakan untuk kepentingan komersial, jadi proses transaksi yang dilakukan bisa dikatakan masih sangat terbatas. Namun di zaman sekarang dimana internet sudah dapat digunakan secara komersial, Electronic Commerce digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari untuk periklanan (Advertising), home banking, toko elektronik, mencari pekerjaan, sampai layanan pelanggan.

Perbedaan Electronic Commerce dengan Traditional Commerce adalah Tradional Commerce melakukan semua transaksinya secara offline dan ada keberadaan toko secara fisik, sedangkan Electronic Commerce melakukan semua transaksinya secara online dan tidak ada keberadaan toko secara fisik (contonya : Ebay, Amazon). Namun ada juga beberapa toko yang bisa dikatakan Partial Electronic Commerce seperti contohnya adalah toko Bhinneka, dimana toko tersebut melakukan transaksinya secara offline maupun online dan ada keberadaan tokonya secara fisik. Selain Electronic Commerce, ada juga E-Business, E-Business mirip dengan Electronic Commerce, namun lebih besar dimana E-Business tidak hanya melakukan proses jual dan beli barang atau layanan namun juga melakukan proses melayani pelanggan dan melakukan proses kolaborasi dengan patner bisnis.

Yang dibutuhkan untuk melakukan Electronic Commerce ada beberapa dan yang paling dasar adalah infrastruktur (yaitu Hardware, Software, dan Network untuk melakukan proses transaksi). Selanjutnya adalah proses pembayarannya (Electronic Payment Mechanisms) yang bisa dilakukan dengan Electronic Checks dimana pelanggan membuat akun bank dan transaksi dilakukan dengan mengirim e-mail ke penjual berisi cek elektronik yang dienkripsi secara elektronik dan ditandatangani secara digital, lalu dengan Credit Card yang dapat dilakukan dengan metode Unencrypted payments (pelanggan menge-mailkan nomor credit cardnya ke penjual) dan Encrypted payments (detil credit card dienkripsi demi keamanan), lalu dengan Electronic cash in PC dimana bank menyediakan Software transaksi ke pelanggan untuk proses transaksi dengan “uang elektronik”, selain itu masih ada dengan E-Cash dan Smart Cards, dan juga Person To Person Payment Systems (transaksi antar perorangan (contohnya lewat PayPal)), Electronic Funds Transfer (EFT), Electronic Wallets, dan Purchasing Cards. Terakhir adalah Keamanannya (Security) yang dapat dilakukan dengan proses enkripsi (Encryption) yaitu proses membuat suatu pesan tidak bisa dibaca oleh siapapun kecuali orang yang bersangkutan, lalu ada Electronic Certificates, Secure Socket Layer (SSL), dan Secure Electronic Transaction Protocol (SET).

Contoh pengguna Electronic Commerce ambil saja Air Asia, dimana kita bisa memesan tiket penerbangan secara online dengan harga murah untuk jadwal penerbangan yang masih lama. Sedangkan contoh pembayarannya, misal kita membeli secara online di www.kliknklik.com, di sana kita disediakan sebuah keranjang belanjaan virtual dimana saat kita memilih produk, kita bisa menaruh produk yang kita pilih dikeranjang belanjaan tersebut dengan mengeklik Add To Cart. Setelah selesai membeli, saatnya kita membayar dengan mengeklik Check Out. Disana kita ditawarkan untuk membuat akun di www.kliknklik.com, atau jika sudah punya akunnya bisa langsung Log In, atau juga bisa melakukan Instant Check Out (semacam mengisi formulir, jadi tidak perlu memiliki akun). Selanjutnya adalah memilih metode pengiriman dan lalu memilih metode pembayaran (dalam hal ini bisa via BCA, Mandiri, atau bayar ditoko langsung). Setelah itu (anggap metode pembayaran via BCA) konfirmasi ordernya dan download Fakturnya. Lalu anda harus mentransfer uangnya ke rekening tokonya, jika sudah, lakukan konfirmasi ke tokonya (dalam hal ini dengan live chat atau mengirim e-mail ke sales@kliknklik.com). Yang terakhir adalah toko akan mengecek konfirmasi anda dan bayaran anda sudah masuk atau belum, jika sudah barang yang anda pesan akan dikirim. Intinya Electronic Commerce membantu agar pelanggan lebih nyaman dan mudah dalam melakukan proses transaksi sehingga sebuah perusahaan dapat lebih optimal dalam menarik pelanggan. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 30 Oktober 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php