CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

COMPUTER SOFTWARE

Posted: September 19th 2012

Computer System terdiri dari dua bagian, yaitu Hardware dan Software, jika Hardware sudah saya bahas diposting sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang Computer Software. Computer Software adalah perangkat lunak yang terdapat pada komputer. Software sendiri atau biasa kita sebut Computer Programs adalah kumpulan instruksi dimana Software/ Computer Programs sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu Systems Software (kumpulan instruksi yang mengelola Hardware Resources) dan Application Software (kumpulan instruksi yang memiliki tujuan tertentu). Ada juga beberapa istilah lain yang berhubungan dengan Software seperti Programming (proses membuat program) dan Programmers (orang yang melakukan Programming).

Pada umumnya, Software dari masa ke masa selalu berkembang, hal itu dikarenakan olah tuntutan seperti misalnya Hardware yang bertambah canggih sehingga dibutuhkan Software yang canggih pula untuk agar dapat menggunakan Hardware tersebut. Perkembangan Software pada umumnya bertambah bagus karena tujuan dari dikembangkannya Software agar pemakai (User) dapat memakai Computer System menjadi lebih optimal. Semakin bergembangnya Software tersebut tentunya membuat Software tersebut menjadi lebih kompleks, akibatnya akan timbul banyak “Bug”, maka, dengan berkembangnya suatu Software, tidak hanya untuk menambah fitur Software tersebut, namun juga untuk membehai “Bug” pada Software tersebut dengan “Debugging”.

Sekarang saya akan menjelaskan tentang Systems Software. Systems Software adalah Software yang mengontrol dan memberikan layanan aktivitas komputer. Dalam hal ini layanan yang dimaksud adalah berkomunikasi dengan Application Software untuk melakukan fungsi tertentu. Seperti misalnya suatu Application Software ingin melakukan proses print, Application Software tersebut akan meminta ijin Systems Software, selanjutnya Systems Software akan menghubungi Printer untuk mengecek kesiapan Printer. Lalu, setelah Printer siap, Application Software akan memberi ijin Application Software untuk melakukan print, dan terakhir Application Software akan mengirim file yang ingin diprint ke Systems Software yang selanjutnya file tersebut dikirim oleh Systems Software ke Printer untuk diprint. Systems Software memiliki sifat independent, yaitu Systems Software bekerja tidak memperdulikan Application Software, namun memfokuskan pada mengelola Hardware Recources.

Systems Software dibagi menjadi dua bagian, yaitu System Control Programs dan System Support Programs. System Control Programs umunya kita kenal dengan Operating System (OS) dimana OS adalah Systems Software yang mengelola semua operasi di komputer sepeti mengalokasikan CPU time dan Main Memory pada program yang sedang dijalankan dan memberi interface antara pemakai (User) dan Harware. OS juga bisa melakukan task lain walaupun disaat itu sedang ada error, namun error tersebut tetap akan dikerjakan terlebih dahulu oleh OS (seperti misalnya memberi peringatan). Sedangkan System Support Programs adalah Systems Software yang memiliki fungsi tertentu, contohnya adalah System Utilities. Namun, yang membedakan System Support Programs dan Application Software adalah System Support Programs bersifat independent.

Application Software adalah Software yang melakukan proses dengan tujuan tertentu. Berbeda dengan Systems Software, Application Software bersifat non independent. Application Software dibagi menjadi dua bagian, yaitu Proprietary Application Software (Application Software yang ditujukan untuk bisnis tertentu) dan Off-the-shelf Application Software (Application Software yang dikembangkan oleh developer dan dijual ke berbagai perusahaan/ organisasi)

Untuk melakukan proses Programming, pasti menggunakan bahasa komputer, maksudnya adalah menggunakan bahasa yang dapat dikenali oleh komputer, dari generasi ke generasi bahasa pemprograman menjadi semakin mudah karena menggukanan bahasa-bahasa manusia, bukan lagi bahasa komputer (biner). Prises komputer untuk mengetahui/memahami program adalah program ditulis, lalu program ditranslasikan, selanjutnya program ditulis ke bahasa komputer dan akhirnya diproses di CPU. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 18 September 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php