LODEINA

little action for the MOST BEAUTIFUL FLOWER

Posted: December 5th 2015

Tanaman (tumbuhan) langka di Indonesia yang terancam punah tidak kalah banyak dibanding hewan langka Indonesia. Bahkan spesies tanaman yang langka dan terancam punah di Indonesia jumlahnya jauh lebih banyak.

Anggrek merupakan tanaman hias berbunga yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik itu golongan bawah, menengah ataupun golongan atas. Indonesia merupakan negara yang tingkat keanekaragaman anggreknya terbesar kedua setelah Brazil lho. Dari 26.000 spesies anggrek yang ada di dunia, sekitar 5.000-6.000 jenis terdapat di Indonesia yang hidup di hutan yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke dimana keberadaan anggrek-anggrek tersebut masih alami atau perkembangbiakanya masih mengandalkan lingkungan di sekitarnya.

Dibandingkan dengan tumbuhan berbunga lainnya di Indonesia maka anggrek menerima ancaman kepunahan tertinggi sebanyak 203 jenis (39 %). Banyak spesies anggrek telah punah sebelum sempat dideskripsi dan didokumentasikan. Tingkat permintaan anggrek alam yang sangat tinggi sehingga banyak kolektor dan pebisnis tanaman hias melakukan eksploitasi anggrek alam langsung dari habitat aslinya secara besar-besaran tanpa memikirkan kelangsungan hidup pada habitat aslinya telah mempercepat kepunahan spesies anggrek alam.

Selain itu, kerusakan hutan di Indonesia yang sampai saat ini masih banyak terjadi, dapat mengancam kelestarian anggrek alam yang ada. Berikut adalah video yang menunjukkan kerusakan hutan yang terjadi di Kalimantan dan di Jambi.

Kondisi tersebut bila dibiarkan terus, maka tidak mustahil anggrek alam Indonesia lambat laun akan punah. Upaya konservasi anggrek perlu dilakukan agar keberadaannya di alam tetap terjaga. Berikut adalah upaya Pak Priyono dalam melestarikan anggrek alam di Sijunjung.

Berikut adalah rencana kecilku dalam melestarikan anggrek alam.
Untitled Infographic(1)

Semoga semakin banyak yang tertarik untuk ikut andil dalam upaya konservasi anggrek alam agar keindahan anggrek alam ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Are you ready?


15 responses to “little action for the MOST BEAUTIFUL FLOWER”

  1. Hallo Cindyyyyyyyyyy!
    Tulisanmu sungguh menarik 🙂
    Anggrek merupakan tanaman kesukaan Alm. nenekku dan beliau sangat hati-hati dalam merawat anggreknya, mungkin memang anggrek perlu perawatan yang hati-hati…
    Konservasi anggrek perlu digalakkan karena dewasa ini banyak sekali pihak yang tidak peduli akan keberadaan anggrek…
    Aku mendukungmu!
    Keep writing! Proficiat 🙂

  2. Orta Yudhistira says:

    Menarik sekali mengenai tanaman anggrek tersebut. salah satu aksi yang akan anda lakukan adalah “one seed every year” dimana kah anda dapat mendapatkan benih anggrek trsbut? terimakasih

  3. Angevia Merici says:

    Informasi dan tampilan yang menarik. semoga rencana mu utk melestarikan anggrek dapat terlaksana. apakah tidak ada keinginan untuk melestarikan anggrek melalui langkah biotek seperti kultur jaringan? terima kasih 🙂

  4. Cindy Natalia says:

    Terima kasih monica atas komentar, sharing, dan dukungannya. Semoga semakin banyak yang peduli akan keberadaan anggrek sepertimu.

    Terima kasih orta atas komentarnya. Saya sempat menemukan informasi bahwa di daerah merapi ada warga yang melakukan konservasi anggrek seperti ini dan juga menawarkan bibit anggrek apabila ingin benar-benar merawatnya.

    Terima kasih via atas komentar dan doanya. Saya sempat terpikirkan dan sangat tertarik untuk melakukan hal itu. Namun memang belum saya masukkan dalam bagian dari rencana saya karena belum adanya ketrampilan dalam melakukan hal tersebut. Semoga saya dapat melakukan hal itu. Mungkin kamu juga berminat?

  5. elvinadea says:

    Tulisan dan tampilan yang sangat menarik Cindy! Namun saya ingin bertanya tentang raise public awarness. Dengan cara apa kita mendapatkan keprihatinan masyarakat tersebut? Terimakasih 🙂

  6. Natalia Rizki Prabaningtyas says:

    nice cindy. tampilan yang menarik dr berbagai media 🙂 hal ini menunjukkan sesungguhnya sudah banyak masyarakat seharusnya tahu dan sadar bahwa anggrek merupakan tumbuhan yang perlu dikonservasi. semoga dengan tulisan ini banyak wawasan baru dan kesadaran baru. saya setuju !

  7. Krisna Dewantara says:

    Bunga anggrek banyak ditemui di pedagang bunga dan para pecinta bunga, tetapi banyak yang melupakan keberadaan di alam secara alami.
    Mungkin sebagai mahasiswa dan peneliti muda kita juga dapat melakukan aksi melalui penelitian-penelitian untuk strategi dan teknik konservasi anggrek ini

  8. Bernadus Andy says:

    informasi yang sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan. saya sangat mendukung aksi yang akan anda lakukan. harapan saya semakin banyak kalangan masyarakat yang peduli pada kelestarian anggrek ini. saya tunggu perkembangan aksi anda selanjutnya ya. semangat buat aksinya kawan. keindahan hati tercermin dari aksi kepedulian yang anda miliki

  9. destri says:

    Tulisan yang menarik Cindy, anggrek memang menjadi primadona masyarakat untuk dikoleksi karena kacantikan bunganya. Semoga aksi mu ini dapat berjalan sesuai rencana dan mungkin perbanyakan anggrek dapat dilakukan menggunakan bioteknologi sehingga dapat menghasilkan anggrek dengan kualitas yang baik.
    Semangat selalu Cindy!:)

  10. Cindy Natalia says:

    Terima kasih dea atas komentarnya. Menurut saya, salah satu caranya adalah pendekatan melalui publikasi terutama melalui sosial media karena saat ini sebagian besar orang justru lebih aktif di sosial media. Mungkin kamu juga ada saran?

    Terima kasih rizki atas komentar, doa dan dukungannya.

    Terima kasih krisna atas komentar dan sarannya. Saya juga berharap semakin banyak mahasiswa terutama yang tertarik melakukan penelitian untuk konservasi anggrek ini.

    Terima kasih andy atas komentar dan dukungannya. Saya juga berhadap semakin banyak kalangan masyarakat yang peduli pada kelestarian anggrek ini.

    Terima kasih destri atas komentar, dukungan dan doanya. Saya juga tertarik melakukan perbanyakan anggrek menggunakan bioteknologi. Semoga semakin banyak yang tertarik juga melalkukan perbanyakan anggrek menggunakan bioteknologi. Mungkin kamu berminat?

  11. Eunike Priscilla Tanio says:

    Anggrek memang bunga yang sangat indah di mata. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai tanaman penghias taman, sehingga anggrek seringkali dieksploitasi. Padahal, anggrek merupakan tanaman parasit yang lebih mudah tumbuh di daerah hutan. Kegiatan konservasi anggrek memang sangat dibutuhkan supaya kelestarian anggrek tetap terjaga. Informasi yang kamu berikan ini merupakan salah satu caranya. Terima kasih!

  12. lakshita says:

    masih dengan anggrek ya, Cindy? (:
    saya suka dengan ‘to-do-list’mu. benar-benar langkah-langkah konkret yang dapat kamu kerjakan untuk mencegah punahnya tanaman anggrek. semoga dengan semakin banyak ilmu yang kamu miliki, semakin banyak pula yang bisa kamu cantumkan dalam ‘to-do-list’mu. semoga semua niat dan usaha baikmu terwujud! (:

  13. ayusuraduhita says:

    Anggrek yang indah sungguh malang jika harus punah, aksi yang luar biasa! Semoga aksimu dapat menyelamatkan anggrek-anggrek agar tetap bermekaran dengan indah.. 1 KATA JIKA AKSIMU INGIN BERHASIL YAITU KOMITMEN… KOMITMEN UNTUK TETAP MELESTARIKAN ANGGREK!!! ANGGREK BUTUH ORANG SEPERTI ANDA … SELAMAT BERAKSI !!

  14. Cindy Natalia says:

    Terima kasih eunike, shita dan ayu atas komentar, doa dan dukungannya.

  15. valleryathalia says:

    permasalahan yang klasik ya, eksploitas berlebihan terhadap bunga ini selalu menjadi penyebab kepunahannya.

    semoga action plan kamu ini terealisasi dengan baik yaa, sehingga keanekaan bunga di Indonesia tetap terjaga, semangat! xoxo, A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php