chriis

E-COMMERCE

Posted: November 25th 2012

Elelectronic Commerce (E-commerce) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. E-Commerce sudah dianggap hal yang penting dalam bidang bisnis untuk melakukan suatu transaksi. Ini merupakan salah satu persaingan di dalam dunia bisnis. Siapa yang dapat memaksimalkan teknologi maka bisnisnya dapat lebih maju ya salah satunya dengan E-commerce.

Zaman dahulu orang masih menggunakan TRADISIONAL COMMERCE yaitu transaksi yang dilakukan  dengan hal fisik. Kelemahanya adalah membutuhkan waktu yang lama, semua transaksi dilakukan dengan offline, dan memerlukan agen-agen atau pegawai untuk melakukan suatu transaksi.

Kemudian zaman beralih ke dunia PURE EC yaitu dimana semua dimensi merupakan digital. Memanfaatkan dunia maya (online)

Selanjutnya memasuki dunia PARTIAL EC yaitu perpaduan antara dimensi digital dan fisik. EC sendiri dimulai pada awal tahun 1970 dan terbatas untuk perusaahan besar (internet masih terbatas pada saat itu). Pada saat itu, EC baru berupa Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI), sedangkan sekarang EC sudah melingkupi bagian iklan, perbankan, jual beli alat elektronik, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang, kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia, serta menyediakan layanan konsumen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php